Solusi Mengatasi Android Tidak Ada Suara

Posted by

8 Cara Mudah Mengatasi Ponsel Android Tidak Ada Suara - Permaslahan yang umum dan banyak dialami kebanyakan ponsel Android mulai dari yang Murah sampai yang Mahal semua sama saja, banyak pengguna yang mengeluhkan hilangnya suara pada ponsel Android. Hal tersebut bisa diakibatkan oleh banyak sebab, bisa karena speaker yang rusak, salah dalam proses upgrade, karena install aplikasi suara, jatuh atau terbentur dan masih banyak lainnya. Maka dari itu KabarAndroid akan mengulasnya untuk anda semua yang mengalami masalah ini.

 Solusi Mengatasi Android Tidak Ada Suara

Tentu hal tersebut sangat menjengkelkan karena kita tidak bisa mendengar ketika ada panggilan masuk atau sulit untuk mendengarkan lagu. Ingin rasanya membuang saja ponsel Android tersebut, tetapi tahan dulu karena semua masalah pasti ada solusinya.
Baca Juga: Solusi Tidak Bisa Memutar Musik MP3 Di Android

Tutorial Mengatasi Ponsel Android Tidak Ada Suara:

  • Pastikan volume suara pada pengaturan penuh. Tekan tombol volume up dan volume down. Setelah itu masuk ke Setting » Sound. Atur suara sesuai pengaturan fitur dari Android OS yang terpasang. Setiap Android OS dan produk Android entah itu dari Samsung, Lenovo, LG, Xiaomi, Nexus, Sony, Nokia, Cross, Advan dan yang lainnya memiliki fitur dan pengaturan yang berbeda untuk mengatur nada ringtone dan suara.
  • Matikan lalu reboot. Sebelum melakukan tindakan lain, lakukan langkah ini. Cabut SIM card, memori eksternal Micro SD dan baterai. Biarkan selama beberapa detik agar motherboard tidak menerima energi dari baterai. Setelah itu pasangkan kembali dan hidupkkan.
  • Jika tidak ada suara dari speaker atau pada saat mengaktifkan fitur loudspeaker, coba pasangkan dengan headphones. Dan jika memang ternyata suara masih ada dan bisa terdengar, kita berkesimpulan bahwa error atau kerusakan ada pada speaker.
  • Jika anda baru saja menghubungkan musik dari Smartphone Android ke speaker bluetooth dan tiba-tiba setelah tidak dihubungkan suara di Smatphone itu sendiri menjadi tidak ada. Cara untuk mengatasi hal ini, disable dan jangan aktifkan fitur OK Google.
  • Jika Android tidak ada suara setelah di root atau setelah di upgrade. Dipastikan stock ROM yang tidak cocok dengan hardware. Lakukan unroot dan downgrade kembali.
  • Lakukan factory reset. Fungsi dari factory reset salah satunya adalah untuk memperbaiki system yang memang telah terjadi kerusakan. Sebelumnya saya sudah membuat tutorial cara factory reset tanpa menghapus akun google. Anda bisa mengikuti cara tersebut.
  • Bersihkan cache menggunakan clean master atau lakukan wipe pada cache partisi dengan cara masuk ke recovery mode. Hati-hati, data dan file pribadi anda bisa terhapus terhapus. Lakukan back up terlebih dahulu.
  • Cara terakhir adalah membawanya ke toko dan perbaikan resmi dari merk dan produk Tablet maupun Smartphone Android itu sendiri.
Diharapkan dengan cara mengatasi suara/speaker android tidak ada suara diatas dapat mengatasi masalah yang sedang anda alami, jika ada pertanyaan atau yang anda bingungkan bisa bertanya pada kolom komentar yang telah disediakan. Terima Kasih dan Salam Kabar Android.


Blog, Updated at: 3:49:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email