Cara Membuat Smartphone Android Support USB OTG

Posted by

Cara Agar Smartphone Android Anda Support OTG - Selamat siang para pengguna Android, seperti yang kita ketahui bahwa kini sudah banyak smartphone yang mendukung fitur USB OTG (On The Go). Fitur ini memungkinkan ponsel anda membaca dan mengopeasikan data langsung dari Flashdisk menggunkan kabel USB. Tetapi bagaimana jika Android yang sedang anda gunakan tidak Support OTG? Nah disini Kabar Android akan memberikan Tutorial yang harus dilakukan Agar Android Anda Support OTG khusus Root.

Cara Membuat Smartphone Android Support USB OTG

Cara Menjadikan Android Support / mendukung OTG Itu Mudah dan tentunya syarat wajib Android harus sudah dalam kondisi root. Ada beberapa cara supaya Android dapat membaca isi flashdisk yang ditancapkan melalui kabel Otg, diantaranya yaitu:
  1. Dengan mengganti stock rom ke custom rom yang support usb otg (rooted only).
  2. Memakai aplikasi pendukung, tetapi akan berjalan jika Kernel android mendukung (rooted only).
  3. Menggunakan kabel Otg yang bercabang dua, dengan menjamper ke charger/power bank agar terkoneksi, cara ini sedikit ribet (tanpa root juga bisa). 
Sedangkan cara yang akan Saya share disini menggunakan aplikasi pendukung, namun ada sedikit tips yang harus diperhatikan. Meskipun kernel bawaan dari stock rom tidak mendukung tetapi sudah berhasil terkoneksi di Samsung galaxy S3 mini milik Saya.
  • Pertama Install aplikasi USB OTG Helper di Android, bisa Anda cari di google playstore secara gratis atau langsung kesini.
  • Kemudian pasangkan kabel Usb Otg yang sudah tersambung ke flashdisk kemudian buka Root explorer. Cari file yang bernama usbid_init.sh lokasinya di root/system/bin/disini.
  • Klik file usbid_init.sh tersebut kemudian pilih "Execute". Nanti muncul notifikasi Usb Otg Helper, klik OK dan akan dibawa masuk ke aplikasinya. Pilih "Mount" untuk memulai koneksi dan "Unmount" untuk memutuskan.
Cara Membuat Smartphone Android Support USB OTG

Cara Membuat Smartphone Android Support USB OTG
  • Setelah Anda pilih "Mount" bisa terlihat pada status bar muncul icon aplikasi tersebut. Disini Android sudah tersambung dengan flasdisk. Silahkan buka file manager dan akan terdapat folder baru bernama "UsbOtgDrives", yang merupakan tempat semua file dari flasdisk yang tersambung.
Perhatian: Setelah selesai menggunakan Usb Otg, smartphone tidak bisa di charge. Solusinya yaitu dengan reboot/restart akan kembali normal.
Dengan cara diatas kini Android anda sudah support OTG. Namun, saya tidak dapat menjamin cara tersebut berjalan lancar di semua perangkat Android. Karena saya hanya mencoba di Android yang saya gunakan. Tetapi saya yakin semua Hp android berhasil menggunakan cara ini. Semoga dengan adanya Cara Agar Android Anda Support OTG Dengan Mudah dapat bermanfaat dan membantu anda. Terima kasih atas kunjungannya.


Blog, Updated at: 3:35:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email