Solusi Mengatasi Ponsel Android Terendam Air Agar Tidak Rusak

Posted by

Langkah-Langkah Dini Mengatasi HP Terendam Air Terbaru 2016 - HP merupakan sebuah alat elektronik yang sengat sensitif terhadap air, walaupun saat ini banyak ponsel khususunya Android yang sudah anti air, namun bagaimana jika kasus ini menimpa ponsel anda yang masih belum tahan air? Pastinya sangat merugikan bukan? Maka dari itu semoga tips mengatasi hp terkena air ini dapat membantu yang sedang membutuhkan.

 Solusi Dini Hp Terendam Air Terbaru 2016

Langkah awal pastinya tentu JANGAN PANIK! Karena kepanikan hanya akan membuat situasi semakin kacau, cobalah tetap tenang dan segera keluarkan hp tersebut dari dalam air. Segera keringkan atau mengelap bagian yang terkena air lalu mengelap dengan kain yang dapat menyerap air. Itu hanya langkah dini agar dapat masuk kebagian inti dibawah ini.

Langkah Mengatasi Handphone yang Terkena/Terendam Air

  • Matikan Perangkat

Jika handphone sobat terkena air dan masih dalam keadaan menyala, sebelum ke tindakan lanjutan hendaknya matikan perangkat handphone tersebut agar tidak terjadi Hubungan pendek arus atau korsleting sehingga dapat menyelamatkan handphone dari mati total.

  • Lepaskan Baterai, Kartu SIM dan Kartu Memori

Selanjutnya Lepaskan baterai, kartu SIM dan kartu memori. Hal ini perlu dilakukan karena efeknya hampir sama dengan poin nomor 1 yaitu agar tidak terjadi hubungan pendek pada baterai. Serta untuk menyelamatkan agar kartu SIM dan Kartu Memori tidak rusak

  • Keringkan dengan Menggunakan Bahan yang Dapat Menyerap Air

Keringkan Handphone dengan menggunakan bahan yang dapat menyerap air seperti kain, kapuk/kapas, kanebo, dll. Sehingga dapat mengeluarkan dan menghambat air sehingga tidak dapat menyebar ke perangkat bagian lain.

  • Keringkan di Bawah Sinar Lampu

Setelah Mengeringkan perangkat menggunakan bahan penyerap air, selanjutnya adalah dengan mengeringkan handphone dibawah sinar lampu selama 1 hari agar sisa air yang tidak diserap oleh bahan tadi bisa mengering sendiri oleh sinar lampu.

  • Taruh Perangkat ke Dalam Tumpukan Beras

Jika merasa bahwa handphone tersebut sudah terbebas dari air, alangkah baiknya langkah terakhir yaitu dengan menaruh perangkat handphone tersebut ke dalam tumpukan beras. Karena beras mengandung zat yang mampu menyerap air dengan mudah walaupun tidak maksimal.

  • Nyalakan Perangkat

Kalau semua langkah diatas sudah dilakukan, maka sobat coba untuk mengaktifkan kembali perangkat tersebut untuk memastikan cara diatas bekerja dengan baik.

Semoga cara-cara diatas dapat mengatasi agar ponsel anda dapat hidup dan tidak mati total. Intinya semua itu ada usahanya terlebih dahulu, maka jika memang sudah terpaksa mati total mungkin ada beberapa komponen yang langsung rusak. Maka solusi terakhir bawa ke service center brand ponsel anda tersebut.


Blog, Updated at: 1:30:00 PM

Recent Articles

    Follow by Email