Penyebab dan Cara Mengatasi Smartphone Penuh Noise

Posted by

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Android Penuh Noise - Bagi anda yang belum tahu Noise adalah sekumpulan bintik-bintik halus pada hasil gambar yang anda foto sehingga mempengaruhi kualitas foto. Tentu sangat menjengkelkan ketika kita sedang asyik berfoto ria tetapi ketika melihat hasilnya terdapat noise-noise yang sangat mengganggu. Apa penyebab munculnya noise pada foto?

Penyebab dan Cara Mengatasi Smartphone Penuh Noise

Banyak penyebab kamera penuh dengan noise salah satunya karena kurang pencahayaan disekitar object foto anda selain itu kualitas lensa yang masih rendah. Namun yang menjadi masalah pertama adalah kurangnya cahaya. Solusinya pertamanya tentunya melakukan pengaturan ISO, namun tidak semua ponsel Android memiliki pengaturan ISO. Jika ponsel anda tidak ada pengaturan ISO langsung saja menuju step by step.

Bagi kamera yang telah memiliki pengaturan ISO atau ISO otomatis dimana kamera bisa menafsirkan sendiri cahaya yang masuk ke lensa sehingga kemungkinan noise tidak terjadi. Namun masalah tidak semua smartphone telah memasang fitur ISO pada kameranya kalaupun ada ternyata masih terjadi noise juga.

Nah pada kesempatan kali ini kami sedikit bisa memberikan Tips Mengatasi Kamera Smartphone  Android Penuh Noise walau pencahayaan kurang.

  • Mencari tempat terang atau gunakan flash

Mengatasi Kamera Smartphone Penuh Noise yang pertama adalah anda tinggal mencari tempat yang lebih terang. Jika memang kalian memotret objek dan objek tersebut bisa dipindahkan ketempat lain yang lebih terang tentu hasilnya akan lebih bagus dan noise pun biasanya tidak akan muncul lagi. Namun jika memang objek tidak bisa dipindahkan coba manfaatkan fungsi flash yang bisa memberikan cahaya tambahan. Hanya saja, ada muncul permasalahan baru dimana  jika kalian memotret orang biasanya pada bagian mata akan terlihat merah selain itu menggunakan flash dianggap sebagian orang kurang original dan justru hasil foto jadi silau karena cahaya flash yang putih sekali.

  • Gunakan aplikasi

Jika kamera kalian masih menangkap hasil pemotretan penuh noise walau sudah mencoba cara diatas kemungkinan ada permasalahan pada kamera yang mungkin kurang memiliki kualitas bagus. Saran kami coba biarkan hasilnya tetap ada noise namun kalian bisa mengedit kembali foto tersebut dengan aplikasi atau software di pc yang berfungsi untuk menghilangkan noise atau setidaknya mengurangi noise pada foto.

  • Jangan gunakan Zoom

Mengatasi Kamera Smartphone Penuh Noise selanjutnya adalah jangan gunakan zoom saat memotret. Memang zoom berfungsi untuk mendekatkan objek tanpa orang tersebut berjalan mendekati objek. Intinya walaupun smartphone kamu memiliki kamera yang bagus tetapi jika kalian gunakan zoom maka hasilnya juga kurang bagus. Jangan pernah berpikir mengambil atau memotret objek ditempat redup bisa di siasati dengan melakukan zoom karena dengan mengezoom justru noise jadi tambah banyak dan lebih besar.

  • Filter Noise

Mengatasi Kamera Smartphone Penuh Noise yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur filter noise pada smartphone. Memang tidak semuanya smartphone kameranya ada filter noise. Nah jika kamera kalian sudah ada filter noise tidak salahnya kalian coba gunakan filter tersebut, walaupun beberapa kejadian menyebutkan bahwa hasilnya juga tetap tidak memuaskan karena masih ada noise yang muncul tetapi cara ini setidaknya mampu mengurangi noise tersebut agar noise tidak terlihat begitu jelas.

  • Sensor dan Piksel besar

 Jika pencahayaan pada objek sudah bagus, lalu anda juga tidak mengezoom namun hasilnya masih ada noise tentu kalian memang harus memiliki kamera smartphone yang mempunyai sensor dan piksel besar. Walaupun ini bukan tips secara langsung Mengatasi Kamera Smartphone Penuh Noise karena justru kalian harus mengganti smartphone dengan kamera berkualitas baik, namun inilah solusi tepat jika kalian memang hobi memotret dengan smartphone. Intinya sensor dan piksel yang besar biasanya mampu mengumpulkan banyak cahaya meski pencahayaan disekitar objek kurang. Oleh karena itulah smartphone yang memiliki kamera dengan piksel tinggi akan menghasilkan foto yang lebih berkualitas hanya saja harganya juga lebih mahal ya sob.


Blog, Updated at: 1:03:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email