Cara Mengatasi Tombol Back Tidak Berfungsi Pada Ponsel Android

Posted by

Solusi Tombol Back Tidak Berfungsi Di Android - Pada umumnya saat ini ponsel Android sudah memakai sistem layar sentuh walaupun masih ada juga yang belum full touchscreen mungkin untuk menyesuaikan pengguna yang belum terbiasa menggunakan layar sentuh. Akan tetapi hampir seluruh ponsel Android yang baru diluncurkan saat ini sudah dalam keadaan full touchscreen.

Cara Mengatasi Tombol Back Tidak Berfungsi Pada Ponsel Android

Dalam penggunaan ponsel tombol Back/Kembali merupakan salah satu tombol yang sering kita tekan, karena jika kita sedang membuka aplikasi,galery,musik,video maka anda akan membutuhkan tombol back untuk kembali ke menu utama. Lalu bagaimana jika ada masalah tombol back android tidak berfungsi? Tentu sangat merepotkan bahkan bisa membuat jengkel karena salah satu tombol penting itu Rusak. Solusi cepatnya membawa ke tukang service tetapi tentunya akan membutuhkan Biaya.

Sebenarnya ada beberapa sebab yang mengakibatkan hal itu bisa terjadi, seperti terlalu menekan tombolnya, kotor, atau jika tombolnya sudah touchscreen anda terlalu gegabah saat penggunaan seperti tangan dalam keadaaan kotor,basah,licin, dan lainnya yang dapat mempengaruhi sensitifitas. Sebagai saran pergunakan anti gores pada ponsel anda. Tetapi tenang saja kali ini admin KabarAndroid akan memberikan solusi tombol back android tidak berfungsi/error.

Tutorial Mengatasi Tombol Back/Kembali Tidak Berfungsi Pada Android
  • Penyebab dan Cara Mengatasinya Secara Manual
  1. Jika penyebabnya awalnya tombol back tidak berfungsi adalah karena sesudah ganti ROM atau Kernel, solusinya coba ganti ROM atau Kernel yang lebih cocok atau yang support terhadap ponsel anda.
  2. Lakukan kalibrasi secara berkala terkadang bisa menyembuhkan penyakit tombol back tidak berfungsi pad Android. Caranya: Pengaturan -> Tampilan -> Kalibrasi Horizontal, letak permukaan datar dan sentuh tombol kalibrasi
  3. Jika penyebabkan karena menekan terlalu keras. Solusinya: bersihkan tombol back menggunakan tisu kering lalu basahkan dengan minyak kayu putih untuk membersihkannya.
  4. Secara tiba-tiba tidak berfungsi. Solusinya: bersihkan tombol-tombolnya secara halus menggunakan kain katun kering. Karena bisa saja penyebabkan debu.
  5. Akibat terbentuk benda keras atau terjatuh. Solusinya: bawa ke service center ponsel Anda karena jika memang kasusnya seperti ini bisa saja penyebab tombol back tidak berfungsi karena terjadi kerusakan pada hardware.
  • Menggunakan Bantuan Aplikasi
Sudah ROOT:
  1. Download aplikasi Button Sovior | DISINI
  2. Install aplikasinya lalu buka
  3. Maka akan keluar tombol-tombol softkey
    Cara Mengatasi Tombol Back Tidak Berfungsi Pada Ponsel Android
  4. Silahkan anda atur sendiri sedemikian rupa
Belum ROOT:
  1. Download aplikasi Go Launcher Ex | DISINI
  2. Install lalu buka aplikasinya
  3. Buat fitur Soft Key pada Android anda melalui aplikasi Go Launcher Ex ini
  4. Selesai
Cara-cara diatas sudah dibuktikan oleh sebagian oleh termasuk saya sendiri dan masihnya pun Work 100%. Jika anda memiliki pertanyaan silahkan bertanya pada kolom komentar yang telah disediakan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.


Blog, Updated at: 3:25:00 PM

Recent Articles

    Follow by Email