Tutorial Cara Mengembalikan Obrolan Terhapus Di Aplikasi Whatsapp

Posted by

Cara Mengembalikkan Obrolan Terhapus Di Whatsapp - Whatsapp adalah salah satu aplikasi messenger yang populer saat ini, banyak pengguna yang lebih merasa nyaman chatting di whatsapp (WA) dibanding melalui media sosial lainnya seperti BBM, Line, Beetalk, dan lain sebagainya. Banyak alasannya seperti lebih ringan, kirim-kirim file gambar langsung dalam bentuk HD dan tentunya lebih cepat proses pengiriman file.

Tutorial Cara Mengembalikan Obrolan Terhapus Di Aplikasi Whatsapp

Apa anda pernah mengalami tidak sengaja menghapus isi chatting dengan seseorang yang menurut anda penting? Jika iya tentu sangat disesalkan karena anda tidak dapat melihat kembali isi chatting tersebut, lalu pasti akan muncul pertanyaan apakah pesan/obrolan wa bisa dikembalikan? Tentu saja bisa dengan sedikit pengetahuan dan membaca referensi contohnya seperti saat ini anda masuk di blog KabarAndroid.com.

Di aplikasi whatsapp sendiri sebenarnya telah menyimpan segala aktifitas obrolan anda sekitar 8 hari sebelumnya. maksudnya, whatsapp akan secara otomatis, tanpa campur tangan penggunanya tetap akan melakukan backup data obrolan di folder khusus yang bernama database. Di folder tersebut whatsapp menyimpan semua obrolan anda secara terus menerus dalam jangka waktu tertentu. 

Perlu diketahui, Obrolan yang bisa dikembalikan adalah obrolan selama 8 hari terakhir. Setelah tenggat waktu tersebut maka file yang lama akan tertimpa dengan file obrolan yang terbaru. Intinya, bila anda telah menghapus isi obrolan dalam jangka waktu tersebut, misalnya 10 hari sebelumnya, maka anda tidak akan bisa mengembalikan atau restore isi obrolan.

Cara Kembalikan Pesan/Obrolan Terhapus Di Whatsapp Android:


  • Buka aplikasi file eksplorer atau aplikasi pembuka berkas di ponsel anda
  • Temukan folder atau tempat instalasi whatsapp, pilih folder whatsapp dan masuk ke dalamnya.
    Tutorial Cara Mengembalikan Obrolan Terhapus Di Aplikasi Whatsapp
  • Anda akan menemukan folder Database, buka dan anda akan menemukan beberapa file dengan format seperti 'msgstore-tahun-bulan-tanggal.db.crypt10' atau format yang serupa dengannya, karena setiap instalasi di smartphone pengguna akan lain satu dengan lainnya.
  • Silahkan ingat-ingat hari dan tanggal anda terakhir kali menghapus chattingan atau isi obrolan. Bila sudah ingat maka tugas anda adalah mencatat atau mengingat format penulisan yang ada pada file paling atas sendiri seperti contoh diatas 'msgstore.db.cript10'.
    Tutorial Cara Mengembalikan Obrolan Terhapus Di Aplikasi Whatsapp
  • Hapus file paling atas, kemudian pada file yang anda yakin berisi obrolan sebelumnya silahkan ganti namanya dengan yang sama persis seperti file yang tadi terhapus, ingat, formatnya harus sama seperti file yang anda hapus tadinya.
  • Setelah hal diatas anda lakukan, tugas selanjutnya adalah melakukan clear data atau saya sarankan untuk melakukan unistall dan lakukan instalasi baru whatsapp. 
  • Di langkah seperti biasanya, anda akan diarahkan ke dalam mode restore data riwayat obrolan, lakukan sampai selesai dan lihat hasilnya. Seluruh data riwayat obrolan yang anda hapus akan kembali seperti sedia kala.
Seperti itulah cara mengembalikan history obrolan yang terhapus di whatsapp android. Semoga bermanfaat bagi kita semua.


Blog, Updated at: 3:29:00 PM

Recent Articles

    Follow by Email