Flashing Xiaomi Redmi Note 2 Menggunakan SP Flash Tool

Posted by

Flashing Xiaomi Redmi Note 2 Menggunakan SP Flash Tool - Sebenarnya untuk flashing atau install ulang/ update ROM MIUI ini bisa menggunakan beberapa cara, tetapi pada tutorial kali ini KabarAndroid menggunakan SP Flash Tool. Anda perlu mengetahui bahwa flashing ROM dengan Mi Flash Tool disarankan agar Xiaomi harus masuk kedalam fastboot mode terlebih dulu.

Flashing Xiaomi Redmi Note 2 Menggunakan SP Flash Tool

Dikarenakan beberapa kasus yang dialami ponsel Xiaomi yakni bootloop maupun masalah hardbrick, maka ponsel tersebut tidak dapat masuk ke fastboot mode. Apabila masuk recovery mode maka ponsel tidak bisa masuk ke fastboot mode, bahkan untuk hidup juga tidak bisa. Biasanya kalau kita sudah mengalami kejadian seperti itu maka kita akan bingung untuk diapain ponsel Xiaomi tersebut.

Cara satu-satunya atau bisa dikatakan cara terakhir mengatasi Xiaomi Redmi Note 2 bootloop sebelum kita memperbaikinya ke SC Xiaomi, adalah dengan memanfaatkan bantuan cara flashing menggunakan SP Flash Tool. Ya dengan SP Flash Tool ponsel Xiaomi yang anda miliki tidak perlu lagi masuk ke fastboot mode, karena untuk menggunakannya memang ponsel Xiaomi harus dalam keadaan mati.

Untuk flashing menggunakan SP Flash Tool ini bisa dibilang sedikit membingungkan. Masalahnya Pada beberapa kasus, biasanya ponsel tidak dapat di deteksi oleh PC/ komputer walaupun kita telah install driver. Sehingga SP Flash Tool tidak bisa untuk dijalankan maupun digunakan . Tetapi semoga saja anda bisa sukses menggunakan tutorial flashing ulang Xiaomi Redmi Note 2 menggunakan SP Flash Tool yang kami berikan kali ini.
Catatan : Tutorial ini berguna juga untuk tipe ponsel Xiaomi lainnya karena proses pengerjaanya yang sama, hanya dibedakan pada download ROM Fastboot nya saja yang harus sesuai dengan tipe ponsel masing masing.

Silahkan ikuti dengan teliti tutorial flashing ulang/ install ROM MIUI pada Xiaomi Redmi Note 2 menggunakan SP Flash Tool.



Sekedar catatan kalau di 27 Oktober 2015 kemarin Xiaomi telah merilis secara resmi MIUI 7 Stable,Tetapi untuk tipe Redmi Note 2 saat ini yang tersedia hanya versi MIUI 7 Stable China, artinya pada ROM tersebut belum terinstall Google Apps serta belum disediakan Bahasa Indonesia.


  • Jika selesai didownload, lalu ekstrak file tersebut . Nanti terdapat beberapa file serta folder bernama images. Folder images tersebutlah yang dipakai nantinya. Untuk kamu yang sebelumnya telah memiliki ROM fasboot Redmi Note 2 baik yang ROM MIUI 6 ataupun MIUI 7 silahkan dipakai saja, karena intinya yang akan dibutuhkan hanya file file yang terdapat di dalam folder images ini.
  • Download SP Flash Tool | DISINI
  • Kemudian disable driver signature di PC/ komputer yang anda pergunakan. Silahkan anda Googling saja cara disable driver signature.
  • Ekstrak file SP Flash Tool yang sebelumnya telah anda download, lalu buka flash_tool.exe
  • Silahkan Pilih tab Download dan sebaiknya pastikan pada pilihan Download Only, selanjutnya klik menu Options > Options
    Flashing Xiaomi Redmi Note 2 Menggunakan SP Flash Tool
  • Pada menu Download , centang semua (USB Checksum dan EMMC Checksum) kemudian close.


  • Klik pada Scatter-loading , cari folder images > pilih MT6795_Android_scatter.txt > Open
    Flashing Xiaomi Redmi Note 2 Menggunakan SP Flash Tool
Flashing Xiaomi Redmi Note 2 Menggunakan SP Flash Tool


  • Perhatikan Gambar berikut, Ini artinya File scatter sudah terload.
    Flashing Xiaomi Redmi Note 2 Menggunakan SP Flash Tool
  • Sekarang anda persiapkan ponsel Redmi Note 2 yang bootloop maupun hardbrick serta kabel data USB. Baterai ponsel sebelumnya telah di isi ulang.
  • Nah kembali ke SP Flash Tool lalu klik pada Download, selanjutnya sambungkan ponsel ke PC/ komputer dengan menggunakan kabel data.
    Flashing Xiaomi Redmi Note 2 Menggunakan SP Flash Tool
  • Secara otomatis SP Flash Tool akan mendeteksi perangkat Redmi Note 2 anda, jika berhasil terbaca maka proses flashing akan berjalan dengan sendirinya ditandai berjalannya bar berwarna kuning. Sebaiknya anda sabar menungu sampai proses flashing 100%
  • Jika proses 100% selesai maka akan keluar pop up yang bertanda centang (Download OK), yang menandakan bahwasanya proses flashing sukses.
    Flashing Xiaomi Redmi Note 2 Menggunakan SP Flash Tool
  • Lepaskan sambungan kabel data. Nyalakan kembali Redmi Note 2 anda. Biasanya setelah melakukan flashing ulang, proses booting memakan waktu yang lumayan lama.
  • Selesai, kini Redmi Note 2 telah kembali dalam keadaan settingan pabrik seperti baru. Silahkan mengatur settingan yang anda perlukan.


Blog, Updated at: 11:37:00 AM

Recent Articles

    Follow by Email