Cara Mengetahui Sisa Kapasitas Memori RAM di Android

Posted by

Cara Cek Sisa Free space dan Used Space RAM Android - Ruang kosong pada RAM memang harus diketahui oleh anda karena apabila tidak anda cek mungkin saja bisa terjadi gangguan fungsi pada perangkat android, perlu diingat semkain banyak aplikasi diinstall di android anda maka semakin banyak pula kapasitas memori dan RAM yang terisi atau tepakai.

Saat ini jenis Smartphone bersistem operasi khususnya Android sudah banyak mengadopsi ukuran RAM ( random access memory ) yang sudah terbilang besar. Banyak sekali ponsel pintar yang bahkan memiliki memori RAM sampai sebesar 4Gb yang membuat ponsel bisa dengan lancar mengerjakan atau membuka aplikasi secara multitasking dan Lancar. Untuk beberapa pengguna android tentunya juga ingin mengetahui berapa alokasi RAM yang tersisa dan yang terpakai. Untuk itu Dunia Android akan memberikan tips tentang cara melihat sisa RAM di gadget android.

Sebelumnya ingin saya jelaskan sedikit tentang Apa itu RAM dan apa bedanya dengan Memori yang biasa kita lihat seperti MicroSD, Flashdisk atau jenis memori penyimpan data lainnya. RAM merupakan memori sementara yang bekerja ketika perangkat dihidupkan, Dimana RAM akan berfungsi sebagai memori sementara yang bisa terhpus ketika sistem telah dibersihkan dengan tool khusus atau juga sistem telah dimatikan.

RAM sangat membantu kinerja perangkat keras lainnya seperti Processor. Dimana proses yang sedang berlangsung akan tersimpan secara sementara ( non permanen ). Semakin besar ukuran RAM pada sebuah smartphone maka semakin cepat dan stabil pula kinerja sistem operasi yang sedang berjalan. Semua informasi baik dari aplikasi maupun informasi dari perangkat akan tersimpan sedemikian rupa di dalam RAM untuk mempercepat proses yang dikerjakan oleh chipset atau prosessor smartphone tersebut.

Nah, Sesudah sedikit paham dengan apa itu ram dan Kinerjanya yang penting dari sebuah ponsel pintar, maka sekarang Dunia android akan memberikan tips cara melihat alokasi RAM yang terpakai dan tersisa pada sistem android ponsel anda. Simak caranya di bawah ini.

Baca Juga: Cara Menambah Kapasitas RAM Android agar Tidak Lambat

Cara Cek Kapasitas Memori RAM Yang Terpakai dan Yang Tersisa di Android

  • Silahkan masuk ke menu pengaturan atau setting di smartphone anda.
  • Setelah itu masuklah ke menu 'APL' atau aplikasi di pengaturan.


  • Maka akan terbuka tampilan pada layar beberapa aplikasi yang anda miliki dan aplikasi atau proses yang sedang berjalan.
  • Silahkan geser layar ke arah kanan atau kiri dan temukan tab 'menjalankan' yang artinya tampilan akan menunjukkan proses apa saja yang sedang berjalan saat itu juga.
  • Nah, di bawah sendiri akan terlihat besarnya RAM yang tersisa maupun RAM yang terpakai pada ponsel anda. Lihat contoh di bawah ini.


Dengan mengetahui alokasi RAM yang tersisa maupun RAM yang terpakai di ponsel anda akan mempermudah anda dalam memanage aplikasi yang anda jalankan. Apabila sisa RAM tinggal sedikit maka anda bisa mematikan beberapa proses atau aplikasi yang sedang berjalan agar ruang RAM bisa sedikit lega untuk membuka aplikasi-aplikasi android berikutnya.


Blog, Updated at: 8:12:00 PM

Recent Articles

    Follow by Email