Cara Menghapus Seluruh Virus di Android Dengan Mudah

Posted by

Cara Menghapus Seluruh Virus di Android Dengan Mudah - Jika Anda yakin smartphone Android Anda saat ini sedang terjangkit virus seperti malware yang selalu memasang aplikasi dengan sendirinya dan tidak terkendali atau adware dimana disetiap tampilan Android Anda selalu muncul iklan secara bergantian, kabar baiknya saat ini ada beberapa cara mudah untuk menghapus virus itu sampai ke akar-akarnya.

Virus Android umumnya menyerang melalui aplikasi pihak ketiga. Bukan suatu kebetulan, tapi tidak jarang virus-virus itu memang sengaja disisipkan oleh developer apps untuk berbagai kepentingan.

Cara paling mudah membersihkan virus Android sampai ke ujung-ujungnya yakni dengan melakukan flashing ulang. Resikonya, Anda akan kehilangan seluruh data yang ada di memori internal baik itu pesan, kontak, aplikasi, foto dan video (jika ada). Meski demikian, seluruh data tersebut bisa diamankan dengan cara melakukan backup.

Cara lain yang terbilang ampuh yakni dengan menghapus aplikasi-aplikasi mencurigakan yang disinyalir aplikasi Android tersebut merupakan si pembawa malware yang mampu mengunduh aplikasi dari luar dan memasangnya secara otomatis.

Secara pribadi, beberapa kasus smartphone Android terinfeksi virus yang cukup parah pernah saya temui, dimana smartphone tersebut hampir tidak bisa dioperasikan sama sekali karena system melakukan instalasi apps secara continue (biasanya virus ini dikenal dengan sebutan Monkey Test dan Time Sevice, ditandai dengan adanya kedua aplikasi tersebut di sistem Android terkait). Walau smartphone sedang tidak tersambung dengan internet pun performa Android tersebut terbilang sangat buruk sekali karena malware itu.

Melakukan flashing ulang firmware Android merupakan langkah paling mudah yang bisa diambil, meski Anda harus merelakan data-data didalamnya hilang akibat smartphone hampir tidak bisa dijalankan.

Tapi jangan terburu-buru. Ikuti langkah-langkah berikut.

Cara Menghapus Seluruh Virus di Android Dengan Mudah

Seperti yang saya katakan diatas, menghapus virus malware atau adware Android tidak lah sulit, cukup hapus aplikasi-aplikasi yang dianggap asing dan mencurigakan.
  • Agar proses uninstalling aplikasi berjalan aman, masuk ke Safe Mode. Caranya, dalam keadaan menyala tekan tombol power hingga muncul beberapa pilihan. Kemudian, pada menu "Power off", tekan dan tahan (press and hold) beberapa saat hingga muncul opsi reboot ke Safe Mode. Kemudian pilih Restart / OK
Cara Menghapus Seluruh Virus di Android Dengan Mudah
  • Pastikan Android Anda menyala kembali dengan normal dan statusnya sudah berada di safe mode (ditandai dengan tulisan Safe Mode di pojok kiri bawah)
  • Buka Settings < Apps
  • Pada tab Downloaded, cari aplikasi-aplikasi aneh yang seharusnya tidak ada / tidak pernah Anda pasang sebelumnya
Beberapa list aplikasi malware yang sudah terdeteksi misalnya seperti berikut:
  1. AccuTrack
  2. Ackposts
  3. Acnetdoor
  4. BackFlash
  5. Badaccents
  6. Badnews
  7. Cajino
  8. Carberp
  9. Cawitt
  10. Dogowar
  11. Dougalek
  12. DroidDeluxe
  13. FaceNiff
  14. FakeAngry
  15. FakeAV
Selebihnya bisa dilihat di http://forensics.spreitzenbarth.de/android-malware/ lengkap dengan berbagai detail dari malware tersebut.
  • Selain itu, buka Settings < Security < Device Administrators
  • Pastikan tidak ada izin aplikasi mencurigakan yang aktif
  • Bila ditemukan, hilangkan centang pada apps yang bersangkutan kemudian uninstall
Setelah selesai, restart smartphone Android Anda untuk kembali ke Normal Mode.

Langkah selanjutnya, jika virus Android yang mulanya selalu muncul dan kini sudah hilang berarti Anda telah berhasil menghilangkan virus-virus itu. Segera lakukan backup data-data pribadi Anda untuk antisipasi jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

Semoga bermanfaat.

Baca juga:


Blog, Updated at: 6:30:00 PM

Recent Articles

    Follow by Email