Cara Simple Meningkatkan Keamanan Pada MIUI-nya Xiaomi

Posted by

Cara Simple Meningkatkan Keamanan Pada MIUI-nya Xiaomi
Cara Simple Meningkatkan Keamanan Pada MIUI-nya Xiaomi - Baik, ada banyak sekali keuntungan jika Anda menggunakan smartphone keluarannya Xiaomi.

Tidak hanya Xiaomi sih, ASUS pun sama. OnePlus juga tak kalah fitur dengan dua yang sudah saya sebut. Tapi yang akan saya bahas disini si MIUI-nya Xiaomi.

Alasan banyak keuntungan memakai Xiaomi apa? Android itu open source. Tiap vendor memiliki kewenangan untuk merombak sistem operasi / ROM Android mentahan menjadi apapun yang ia inginkan. Hal itu menjadikan ciri khas tersendiri bagi para pabrikan.

Sebetulnya tidak hanya vendor, Anda pun juga punya wewenang kok. Suka ngoprek Android?

Kita akan melihat vendor A ciri khas nya memiliki UI yang unik, launcher dengan banyak fitur, addons feature system seperti performance, tweaking layout dan lain-lain. Vendor B pun lain.

Contoh Xiaomi dengan MIUI nya, Oppo dengan ColorOS, OnePlus dengan OxygenOS, mereka semua berbeda.

MIUI termasuk salah satu custom ROM Android yang paling aktif saat ini. Tiap minggu developer mereka selalu mengeluarkan pembaharuan berupa update minor terkait bug atau peningkatan di bagian tertentu.

MIUI juga memiliki beragam pernak-pernik untuk mempercantik tampilan Android Anda seperti themes yang dapat dipecah-pecah menjadi beberapa bagian (wallpaper, icon, lockscreen). Homescreen MIUI yang ciamik ala-ala iOS menambah daya tarik tersendiri bagi pemakainya.

Selain keuntungan-keuntungan diatas, MIUI memiliki beberapa metode proteksi yang bagus untuk menjaga privasi pengguna dari tangan orang lain.

Berikut ini beberapa metode bagaimana memaksimalkan tingkat keamanan pada smartphone Xiaomi yang tidak banyak orang memanfaatkannya padahal memiliki fungsi yang lumayan.

Cara Simple Meningkatkan Keamanan Pada MIUI-nya Xiaomi

1. Guest Mode
Sebelum fitur ini menempel di Android Lollipop 5.0, MIUI sudah menerapkannya terlebih dahulu. Fitur Guest Mode dapat menyembunyikan privasi pengguna seperti foto, SMS, Notes, Apps supaya tidak dilihat oleh orang lain. Cara mengaktifkannya:
  • Masuk ke Settings < Additional Settings < Privacy < Privacy Settings
  • Check tombol Guest Mode

2. Lock Individual Apps
Berbeda dengan Guest Mode, fitur ini tidak menyembunyikan melainkan mengunci aplikasi-aplikasi Android Anda tanpa terkecuali dengan pattern.

Pengguna tidak perlu mencari-cari aplikasi pihak ketiga untuk mengunci apps karena MIUI sudah menyediakannya. Untuk mengaktifkannya, caranya:
  • Masuk ke Settings < Additional Settings < Privacy < Privacy Settings
  • Check Lock individual apps
  • Untuk memilih aplikasi yang ingin dikunci, pilih Choose apps to lock

3. Child Mode
Child Mode dikhususkan untuk anak-anak yang suka memainkan smartphone orang tuanya. Sudah cukup umum anak belum genap lima tahun sudah pandai bermain games, nonton video di Youtube dan pencet-pencet layar sesuka mereka.

Dengan mode ini, pengguna dapat membatasi aplikasi apa saja yang ditampilkan di homescreen. Aplikasi yang tidak dipilih akan disembunyikan sampai mode ini di non-aktifkan.
  • Masuk ke Settings < Child Mode
  • Check Child Mode
  • Pilih aplikasi apa saja yang ingin ditampilkan
  • Disana juga ada fitur Lock SMS yang berguna untuk memblokir pengiriman SMS

Masih ada 10 cara simple lain untuk meningkatkan keamanan pada MIUI. Seluruhnya dapat dilihat di link ini.

Baca juga cara paling mudah meningkatkan performa Android Anda yang lemot dengan aplikasi cukup satu kali klik.


Blog, Updated at: 10:08:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email