Cara Mudah Membandingkan Android Yang Baik dan Jelek

Posted by

Cara Mudah Membandingkan Android Yang Baik dan Jelek - Kali ini kita akan membahas soal komparasi smartphone Android dengan cara mudah dan simple. Anda yang awam dengan hal-hal berbau teknologi dan semacamnya bisa dengan gampang membandingkan mana smartphone Android yang sekiranya bagus, performa handal dan awet untuk pemakaian jangka panjang dan mana smartphone yang cepat rusak nan abal-abal.

Cara Mudah Membandingkan Android Yang Baik dan Jelek

Banyak orang yang bingung bagaimana cara mengetahui bahwa sebuah smartphone bisa dikatakan bagus atau tidak. Padahal itu bukan perkara yang sulit untuk mengetahuinya. Yang jelas ada beberapa aspek yang harus Anda ketahui dimana aspek tersebut merupakan penilaian secara garis besar yang dapat memberikan hasil seperti apa rupa smartphone itu.

Ada beberapa tipe pemakai smartphone dari yang gaptek banget hingga yang sangat tergila-gila dengan smartphone keluaran terbaru. Kebanyakan orang yang awam, yang ia tahu (misal) hanya smartphone keluaran Samsung dan Sony saja. Selain itu ia akan mengatakan bahwa "Ah hape jelek itu. Pasti lemot. Beli Samsung aja".

Untuk membandingkan smartphone Android mana yang sekiranya lebih bagus dari yang lain, perhatikan aspek-aspek berikut:

1. Spesifikasi

Point utama yang harus Anda bandingkan untuk mengetahui smartphone Android mana yang lebih bagus tentulah spesifikasi. Semua gadget (tidak hanya smartphone) terpaku pada hal ini. Ada banyak situs yang bisa Anda jadikan sumber spesifikasi untuk data perbandingan seperti GSMArena atau Phone Arena.

Sore tadi ada seorang teman di BBM menanyakan "Bagusan mana Samsung Galaxy Note 3 Neo sama Samsung Galaxy S5?", kemudian saya jawab "Check specs nya aja"; "Gimana caranya? Nggak ngerti aku"; "Googling bro". Yang perlu diperhatikan dalam membandingkan alias meng-compare specs yaitu semuanya tanpa terkecuali. Bandingkan mulai dari dimensi, layar, prosesor hingga sistem operasi.

Jangan berhenti disitu aja. Bandingkan juga dengan spesifikasi smartphone sekelasnya yang lain. Siapa tahu masih ada yang lebih bagus dari kedua smartphone yang sudah Anda jadikan kandidat.

2. Harga

Jaman sekarang marak sekali smartphone sejutaan dengan spesifikasi yang lumayan tinggi. Trus bagus enggaknya? Tak selalu jelek kok. Pepatah "Rego nggowo rupo" selamanya tetap berlaku namun smartphone Android dengan harga murah bukan berarti murahan.


Mungkin ada benarnya bahwa harga sebuah nama brand lebih mahal dibanding produk yang dijual brand tersebut. Samsung Galaxy Grand Prime (2,2 juta) vs Xiaomi Redmi 2 (1,5 juta), spesifikasi nyaris sama tapi harga terpaut lumayan. Pilih mana?

Jangan sampai Anda salah memilih smartphone idaman. Bisa jadi Anda mendapat smartphone yang spesifikasinya rendah, memori kecil, chipset jelek namun harganya selangit, padahal harga dibawahnya ada banyak pilihan yang menawarkan spesifikasi lumayan.

3. Merk vendor

Yang pertama soal spesifikasi, kedua harga, point ketiga yaitu merk. Ada merk vendor yang mengeluarkan beragam varian smartphone berkualitas dan memiliki pecinta nya sendiri-sendiri, sebaliknya ada vendor yang seluruh smartphone nya seakan-akan hanya menjiplak rakitan ponsel vendor lain dari bentuk hingga isi dan dijual dengan bandrolan yang tergolong murah. Pernah dengar Android supercopy?

Meski Anda tidak memiliki banyak dana untuk membeli smartphone Android baru, jangan asal beli jika Anda tidak tahu apa yang Anda pilih sesuai dengan sebagaimana mestinya atau tidak.

Pilihlah merk smartphone yang familiar di telinga Anda. Dengan begitu, paling tidak Anda tidak akan salah pilih. *Saya tidak akan menyebutkan merk tertentu di point ini

4. Support dari vendor

Bisa berupa ketersediaan service center di daerah Anda, pelayanan, dan dukungan pembaruan sistem operasi secara berkala. Sebagai pengguna tentu Anda menginginkan yang terbaik yang diberikan pihak brand pada Anda bukan?

Biasanya, sesuai pengalaman, vendor besar jarang sekali memberikan upgrade OS ke produk smartphone low-end mereka dengan berbagai alasan seperti spesifikasi yang tidak mumpuni atau smartphone itu sudah discontinued. Sebaliknya, flagship yang mereka agung-agungkan selalu memperoleh pembaruan perangkat dalam kurun waktu tertentu, namun juga hanya beberapa kali saja.

Berbeda dengan vendor yang menetaskan Android murah meriah itu. Bisa dikatakan tiap minggu selalu ada update minor yang rilis di forum-forum nya.

Ada tambahan?

Anda punya Android keren tapi lemot? Baca Cara Benar Menambah Kapasitas RAM Android Sekali Klik


Blog, Updated at: 12:18:00 AM

Recent Articles

    Follow by Email