Apakah Firmware Android Bisa Merusak Sinyal?

Posted by

Apakah Firmware Android Bisa Merusak Sinyal?
Apakah Firmware Android Bisa Merusak Sinyal? - Apakah bisa? Bisa saja. Atau mungkin tidak.

Pertanyaan tersebut datang dari visitor organic yang saya track di Analytics. Asumsi saya, besar kemungkinan seseorang yang bertanya seperti title artikel kali ini sedang memiliki masalah dengan firmware yang mengakibatkan hilangnya sinyal a.k.a lost signal.

Apakah firmware Android bisa merusak sinyal? Bisa kok. Bahkan tidak hanya sinyal smartphone bersangkutan yang hilang melainkan rusak segala-galanya sampai Android Anda hard brick (menjadi bata).

Seperti yang Anda ketahui bahwa tiap vendor mengeluarkan bermacam-macam jenis smartphone dengan type tertentu dan pastinya dengan isi tertentu juga. Sebagai contoh, Samsung Galaxy Young S5360 dan Samsung Galaxy Young S6310. Terkesan mirip dari aspek penama-an padahal isinya sangat jauh berbeda.

Galaxy Y S5360 rilis tahun 2011 dengan spesifikasi seadanya dimasa sekarang dan lumayan gahar dimasa itu. Chipset nya ARMv6 dengan clock 830MHz dan memori internal 180MB kala itu lumayan cukup untuk dipasangi WhatsApp Messenger dan Facebook dengan performa yang bagus sebelum setelahnya muncul banyak sekali tutorial cara memindah aplikasi Android ke SDCard dan seluk beluk mengenai cara menambah RAM Android.

Galaxy Young S6310 sendiri diperkenalkan dua tahun sesudahnya dengan gebrakan kapasitas internal yang lebih dari dua puluh kali lipat lebih besar dibanding pendahulunya. Chipset nya pun diperbarui menggunakan prosesor buatan Qualcomm yang saat ini menjadi pabrik pembuat chipset berkualitas dan terpercaya. Spesifikasi lain juga turut mengalami improvisasi seperti RAM, GPU hingga OS.

Kembali lagi ke permasalahan, secara singkat saya simpulkan bahwa:

Ya, firmware Android dapat merusak sinyal jika..

Jika firmware Android nya bukan diperuntukkan smartphone yang bersangkutan dalam artian Anda yang melakukan flashing firmware salah install. Bisa jadi firmware itu untuk Galaxy Y S6310 dan bukan untuk S5360. Selain itu beda region smartphone misal Samsung Galaxy S2 Korea dengan versi Global juga memiliki firmware yang berbeda.

Tidak, firmware Android tidak dapat merusak sinyal jika..

Jika firmware itu memang untuk Galaxy Young S6310 bukan S5360.

Demikian logika sederhana yang masuk akal dan tentunya semua orang juga pasti tahu permasalahan itu.

Bicara soal sinyal Android yang hilang, barang kali Anda sedang berada di kondisi yang memang sinyalnya buruk. Saran dari saya sebelum Anda mengasumsikan sinyal hilang karena firmware, coba lihat pengaturan network Anda. Jika settings nya berada di 3G / HSDPA / WCDMA Preferred, rubah ke 2G / GSM.

Selain itu, saya tidak mendoakan hal ini terjadi tapi coba periksa IMEI Anda di Settings < About < Status atau dari Dial tekan *#06#. Jangan bilang kalau IMEI nya hilang ya?


Blog, Updated at: 1:21:00 AM

Recent Articles

    Follow by Email