Cara Mengatasi Battery Drain Android Dengan Kalibrasi Ulang

Posted by

Cara Mengatasi Battery Drain Android Dengan Kalibrasi Ulang - Ketika Anda memasang sebuah ROM baru atau update OTA dari vendor resmi, terkadang sering kali muncul beberapa masalah umum seperti space battery bertahan di posisi seratus persen terus menerus atau battery draining dimana pemakaian baterai smartphone Android Anda menjadi tidak normal yang berimbas kapasitas baterai cepat terkuras.

Biasanya hal tersebut terjadi karena ROM itu sendiri. Entah karena crash atau memang bug dari ROM terkait, banyak faktor yang mempengaruhi masalah ini. Ada yang mengatakan built-in indicator baterai corrupt dan mengakibatkan gangguan pada kinerja baterai Android.

Ada beberapa tips yang menyebutkan bahwa battery drain bisa diatasi hanya dengan melakukan pengosongan kapasitas baterai kemudian mengisinya hingga penuh namun tidak semua orang berhasil dengan cara ini. Ada juga yang menyarankan untuk melakukan flashing ulang yang kemungkinan keberhasilannya besar.

Cara Mengatasi Battery Drain Android Dengan Kalibrasi Ulang

Bagi Anda yang sudah berkali-kali mencoba trick mengatasi battery drain dan belum membuahkan hasil, berikut tips singkat yang mungkin berguna bagi Anda dengan melakukan kalibrasi baterai.

Kalibrasi baterai Android maksudnya mem-format stats battery yang tersimpan di ROM system (batterystats.bin). Hal ini sama seperti yang dilakukan fitur wipe battery stats pada beberapa custom recovery seperti CWM dan TWRP.

Jika Anda sudah memasang custom recovery pada smartphone kesayangan Anda, cukup masuk ke recovery mode kemudian buka menu Advanced dan pilih fitur wipe battery stats.

Cara lain yang bisa dicoba tanpa custom recovery yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, sebut saja Battery Calibration buatan developer Miroslav Vitula. Aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

Satu hal yang perlu Anda ketahui, kabarnya dengan melakukan kalibrasi secara rutin dapat membuat penggunaan baterai Android Anda menjadi lebih stabil, pemakaian baterai lebih teroptimasi dan pastinya menambah kekuatan dan umur baterai Anda.

Berani mencoba?


Blog, Updated at: 10:41:00 PM

Recent Articles

    Follow by Email