Cara Mengatasi RAM Android Penuh Padahal Aplikasi Sedikit

Posted by

Cara Mengatasi RAM Android Penuh Padahal Aplikasi Sedikit - Banyak sekali faktor yang mempengaruhi performa Android, yang paling umum diantaranya jumlah aplikasi yang berjalan di background yang memakan sebagian besar kapasitas RAM.

Jumlah total RAM pada sebuah smartphone saat ini merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Ponsel Android keluaran terdahulu tidak membutuhkan RAM yang melimpah karena kala itu kebutuhan memori untuk system dan aplikasi tidak sebanyak saat ini.

Sebuah handheld dengan RAM sebesar 512 MB sudah sangat berat jika dipaksa menjalankan BBM dan WhatsApp sekaligus. Belum lagi aplikasi lain seperti Clean Master yang katanya mampu meringankan kinerja Android itu. Ibarat semut yang dipaksa menarik bangkai kecoa seorang diri, meskipun kuat namun gerakannya sangat pelan.

Bagaimana jika RAM Android sering penuh padahal hampir tidak ada aplikasi yang berjalan sama sekali? Jawabannya hanya satu.

Periksa kembali spesifikasi smartphone Android Anda

Solusi RAM Android Penuh Padahal Aplikasi Sedikit

Sebetulnya masih ada smartphone keluaran 2015 yang spesifikasinya dianggap kuno. Kita intip Samsung Galaxy J1.

Dirilis sekitar bulan Februari lalu, ponsel keluaran vendor ternama ini dilengkapi dengan sistem operasi Android KitKat v4.4.4 serta dapur pacu dual-core. Spesifikasi yang lain terbilang biasa seperti kamera belakang 5 MegaPixel, memori internal 4GB dan layar 4.3 inch. Soal harga, Galaxy J1 dibandrol satu jutaan saja.

Wajar dengan mengatas-namakan brand terkenal Samsung rela mengorbankan sektor RAM yang hanya dipasangi 512 MB. Mau nandingin Redmi 1S di segment serupa? Jauh.

Screenshot diatas merupakan detail penggunaan RAM pada running apps Xperia Neo V. Tidak banyak aplikasi yang berjalan di background. Hanya saja ketigas aplikasi sosial tersebut dominan memangkas RAM hingga habis.

Untuk saat ini, smartphone dengan kapasitas 1 GB sudah cukup untuk menjalankan aplikasi-aplikasi ringan untuk keperluan sehari-hari. Jadi bagi Anda yang RAM Android nya penuh padahal aplikasi nya sedikit, coba check spesifikasi. Barangkali RAM nya sudah nyesek untuk menjalankan system nya saja. Jika memang demikian, tidak usah dipaksa. Memang itu kemampuan smartphone Anda.

Anda tidak perlu memasang aplikasi yang jelas-jelas tidak Anda pakai. Bahkan jika perlu, hapus aplikasi bloatware bawaan system yang terkadang turut menyumbang penggunaan RAM di Android.


Blog, Updated at: 4:55:00 PM

Recent Articles

    Follow by Email