LG Nexus 5X Rilis, Pantaskah Smartphone Ini Dimiliki? Check!

Posted by

LG Nexus 5X Rilis, Pantaskah Smartphone Ini Dimiliki? Check! - Dua smartphone terbaru dengan dukungan fitur ciamik seperti finger print scanner dan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow baru saja diperkenalkan oleh Google hari ini. Meski memiliki nama yang sama, kedua smartphone ini dirakit dari dua vendor yang berbeda. Sebut saja Nexus 5X dari kubu LG dan Nexus 6P dari Huawei.

Dihargai $379 atau sekitar lima setengah juta rupiah untuk versi 16GB, apa bagusnya LG Nexus 5X? Simak beberapa highlight berikut untuk memantapkan pilihan Anda sebelum mengambil smartphone suksesor LG Nexus 5 ini.

Seperti yang dilansir oleh Phone Arena (30/9), LG Nexus 5X merupakan evolusi dari pendahulunya (LG Nexus 5) dengan peningkatan hardware dan sistem operasi, Android 6.0 Marshmallow.

Mungkin kita menganggap seperti kebanyakan suksesor smartphone lain, LG Nexus 5X layaknya ponsel yang ditingkatkan spesifikasi hardware dan software nya untuk regenerasi ditambah sedikit fitur dan perubahan desain. Tapi itu salah.

1. Tidak ada slot ekspansi MicroSD Card

LG Nexus 5X memiliki dua varian spesifikasi memori yakni 16GB dan 32GB. Jika kalian belum tahu, sudah banyak vendor yang meninggalkan slot MicroSD Card seperti kebanyakan smartphone keluaran 2015 saat ini karena beberapa alasan salah satunya masalah performa.

Tidak ada nya slot memori juga mampu menekan bentuk desain smartphone itu sendiri sehingga bisa dibuat setipis mungkin.

Tidak ada slot ekspansi MicroSD Card di LG Nexus 5X tidak perlu dipermasalahkan. Untuk penggunaan sehari-hari, kapasitas memori 16GB dan 32GB sudah sangat cukup. Jika Anda terpaksa butuh kapasitas yang lebih besar, ada alternatif lain seperti memakai OTG atau flashdisk dengan port USB yang mendukung smartphone.

2. Tidak ada OIS

OIS alias Optical Image Stabilizer dewasa ini merupakan fitur wajib yang ada di kamera. Beberapa vendor seperti Samsung dan Apple sudah menggunakan teknologi ini di flagship andalan mereka.

Kelebihan OIS mampu meredam gerakan ketika tangan meng-capture kamera sehingga kemungkinan foto menjadi blur dapat dikurangi.

Biasanya fitur OIS terdapat di kamera-kamera canggih baik itu DSLR ataupun Mirrorless. Lambat laun, teknologi ini sudah sampai di segment smartphone.

Sayangnya belum ada fitur OIS di LG Nexus 5X ini. Jadi, bagi Anda yang gemar foto-foto dan menginginkan fitur yang lebih dari kamera smartphone ini, maaf-maaf saja.

3. Ada dua speaker di depan

Yap, dua pengeras suara dikabarkan menempel erat di body LG Nexus 5X ini. Pengguna tidak perlu lagi membolak-balikkan ponsel untuk menikmati musik sambil melakukan aktifitas lain. Dengan dua speaker yang posisinya sama-sama didepan dipastikan mendengarkan musik jadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Dua speaker di sisi depan identik dengan ciri khas flagship premium. Beberapa smartphone HTC seperti HTC M9+ dan dari Sony seperti Xperia Z4 pun mengadopsinya.

4. Nexus Imprint dan Android Marshmallow

Bicara soal teknologi fingerprint, Nexus Imprint yang berada tepat dibelakang body merupakan fingerprint native pertama yang ada pada Android. Lebih lanjut lagi, tidak hanya untuk masalah unlock smartphone saja tapi Nexus Imprint dapat mem-bypass screen unlock dan langsung membuka seluruh akses smartphone tersebut dengan cepat (1/600 milisecond) hanya dengan sekali tap.

Fitur seperti ini tidak dimiliki oleh smartphone Android lain. Apa lagi dengan dukungan Android Marshmallow yang jelas-jelas belum dirilis secara masal membuat LG Nexus 5X menjadi primadona tersendiri.

Biasanya memang dari keluarga Nexus setiap kali Google membuat sebuah kejutan selalu dia yang pertama kali mendapat hadiah tersebut.

Secara detail, spesifikasi LG Nexus 5X sebagai berikut:
  1. Dimensi: 47 x 72.6 x 7.9 mm (5.79 x 2.86 x 0.31 in)
  2. Berat: 136 g (4.80 oz)
  3. SIM: Nano-SIM
  4. Display: 5.2 inch IPS LCD
  5. Resolusi: 1080 x 1920 pixels (~424 ppi pixel density)
  6. Proteksi: Corning Gorilla Glass 3, oleophobic coating
  7. Platform OS: Android OS v6.0 Marshmallow
  8. Chipset: Qualcomm MSM8992 Snapdragon 808
  9. CPU: Quad-core 1.44 GHz Cortex-A53 & dual-core 1.82 GHz Cortex-A57
  10. GPU: Adreno 418
  11. Slot Memori Card: Tidak ada
  12. Memori: 16/32GB, 2GB RAM
  13. Kamera: 12MP (primary) dan 5MP (secondary), 4608 x 2592 pixels, laser autofocus, dual-LED (dual tone) flash
  14. Fitur Kamera: 1.55┬Ám pixel size, geo-tagging, touch focus, face detection, photo sphere, HDR, dual recording
  15. Video: 2160p@30fps

Memang cukup menggiurkan jika diperhatikan mengenai smartphone yang selalu mendapat support oleh sang pencipta Android ini. Teknologi yang belum pernah ada dan dimiliki oleh vendor lain juga patut dijadikan bahan pertimbangan.

Disisi lain ada banyak pabrikan luar yang mampu menyamai apa yang ditawarkan brand sekelas LG, sebut saja Xiaomi dengan Mi 4c nya. Dengan kualitas dan spesifikasi yang setara dengan ponsel ini ditambah perbandingan harga yang cukup banyak bisa Anda jadikan referensi dalam memilih smartphone yang pas untuk Anda sendiri tentunya.


Blog, Updated at: 1:18:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email