Cara Ampuh Meringankan Performa Android Tanpa Root dan Aplikasi

Posted by

Cara Ampuh Meringankan Performa Android Tanpa Root dan Aplikasi - Setiap perangkat yang memiliki sistem operasi, baik itu desktop ataupun mobile (Android), kinerja dari suatu device tersebut mutlak mengalami penurunan seiring bertambahnya waktu penggunaan. Sistem operasi yang seharusnya ringan dan bekerja cepat mengiringi berbagai aktifitas harian pengguna bisa sewaktu-waktu mengalami perubahan performa dikarenakan banyak faktor seperti cache dan temporary file yang menumpuk memberatkan sistem. Jika sudah demikian, beberapa tindakan perawatan harus segera di lakukan agar sistem kembali berjalan normal tidak membebani kegiatan pengguna.

Mungkin tidak semua orang menyadari bahwa kinerja smartphone Android mereka kian melambat, seperti pada waktu ponsel tersebut dijejali beraneka ragam aplikasi third-party dari Google Play Store. Apabila itu yang saat ini terjadi pada Anda, berikut ini sedikit tips yang bisa Anda lakukan.


1. Kenali perangkat Android Anda

Merupakan suatu hal yang penting jika Anda mengenal dengan baik kemampuan dan kekurangan ponsel yang Anda pakai. Jangan membebani ponsel Anda dengan puluhan macam aplikasi yang kurang bermanfaat karena itu justru akan menurunkan kinerja ponsel secara pasti.

2. Perbarui Sistem Operasi Android

Jika Anda belum memperbarui perangkat Android Anda ke seri terbaru, seharusnya Anda segera melakukannya. Android merupakan sistem operasi open-source dengan kelebihan dan kekurangan yang terus datang dan pergi pada tiap rilisan. Pihak pengembang terus melakukan perbaikan untuk tiap rilisan baru yang menjamin stabilitas OS, kecepatan yang lebih tinggi, efisiensi dan peningkatan UI yang selalu update.

3. Hapus Aplikasi yang Tidak Ada Manfaatnya

Setiap aplikasi yang terinstall di suatu perangkat Android, baik aplikasi sistem maupun aplikasi third-party, mereka sama-sama menempati sebuah ruang memori dan menjalankan beberapa proses di background. Semakin banyak aplikasi yang di install dan semakin banyak space memori yang terpakai, maka kinerja smartphone sudah pasti akan melambat dari yang sebelumnya.

Cara Ampuh Meringankan Performa Android Tanpa Root dan Aplikasi

Hapus lah aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan. Jika ada aplikasi yang memiliki fungsi sama (contoh: Browser), hapus salah satu aplikasi tersebut dengan catatan Anda benar-benar tidak membutuhkan aplikasi-aplikasi itu agar kebutuhan memori dapat lebih ditekan.

4. Non-aktifkan Aplikasi yang Tidak Terpakai

Opsi lain selain menghapus permanen aplikasi yakni menon-aktifkan aplikasi. Menon-aktifkan aplikasi berarti aplikasi yang di inginkan akan di 'freeze' oleh sistem yang sewaktu-waktu dapat di pulihkan kembali tanpa ada suatu yang kurang. Alasan menon-aktifkan aplikasi, karena aplikasi yang tidak di pakai namun tetap aktif bukan berarti tidak memakan konsumsi RAM.

5. Gunakan Widget Secukupnya

Widget bukan lah aplikasi yang hanya berjalan ketika Anda berniat untuk menggunakannya. Widget merupakan suatu element Android yang bekerja sepanjang waktu dan berjalan di background. Cara kerjanya mirip seperti mesin pemangkas space RAM yang ampuh. Jika Anda menaruh widget-widget yang tidak harus ada seperti quick access ke beberapa konfigurasi seperti Wi-Fi, Bluetooh dan GPS lebih baik Anda menghapusnya.

Widget bukan berarti tidak memiliki kegunaan tetapi ingat bahwa penggunaan widget yang terlampau banyak bukan tidak mungkin menyebabkan perangkat Anda melambat.

Selain lima cara diatas, masih ada beberapa cara lain meringankan kinerja Android tanpa root dan tanpa bantuan aplikasi, di antaranya :
  • 6. Matikan Animasi
  • 7. Non-aktifkan Fitur Sync
  • 8. Hindari Penggunaan Live Wallpaper
  • 9. Gunakan SDCard Berkecepatan Tinggi
  • 10. Update Aplikasi Berkala


Blog, Updated at: 1:03:00 PM

Recent Articles

    Follow by Email