Tutorial Cara Mengembalikan IMEI Android yang Hilang

Posted by

Tutorial Cara Mengembalikan IMEI Android yang Hilang
Tutorial Cara Mengembalikan IMEI Android yang Hilang - Berikut ini merupakan cara mudah mengembalikan IMEI Android yang hilang. Kebanyakan kasus seperti ini terjadi setelah unbricking ataupun juga flashing ulang.

IMEI Android yang hilang kerap kali dialami pengguna smartphone ber-chipset MediaTek meliputi Smartfren dan Mito pada umumnya.

Kita semua tahu bahwa fungsi IMEI ialah sebagai identitas sebuah handphone. Baik itu featured phone atau smartphone, mereka dilengkapi IMEI unik yang nomornya tidak mungkin sama dengan handphone lain. Alih-alih pengguna kehilangan IMEI, yang ada justru handphone yang berkaitan dianggap palsu dan ilegal.

Hilangnya IMEI / invalid IMEI pada Android terkadang dibarengi nomor baseband yang ikut hilang. Selain itu, kartu SIM biasanya menjadi tidak terdeteksi dan sinyal pun otomatis juga lenyap.

Tutorial Cara Mengembalikan IMEI Android yang Hilang

  1. Pastikan smartphone Anda sudah dalam kondisi ter-root. Untuk Android ber-chipset MediaTek biasanya dapat dengan mudah di-root menggunakan aplikasi Framaroot (baca Cara Menggunakan Framaroot Untuk Rooting Android)
  2. Download & install Terminal Emulator for Android dari Google Play
  3. Catat nomor IMEI Android yang bersangkutan. Nomor IMEI dapat ditemui di dalam kardus smartphone atau dibalik back cashing handphone dibelakang baterai (seperti yang ada pada gambar diatas)
  4. Buka Terminal Emulator for Android
  5. Ketik perintah su untuk meminta hak akses superuser kemudian pilih ijinkan jika muncul dialog konfirmasi
  6. Ketik perintah berikut :
Untuk SIM 1 / IMEI 1 : echo 'AT+EGMR=1,7,"862123020727100"' >/dev/pttycmd1
Untuk SIM 2 / IMEI 2 : echo 'AT+EGMR=1,10,"862123020727100"' >/dev/pttycmd1
*Ganti tulisan yang di cetak tebal dengan IMEI masing-masing


Blog, Updated at: 10:21:00 AM

Recent Articles

    Follow by Email