Review dan Cara Install Global ROM v45.0 Redmi 1S - ROM Anti Panas

Posted by

Review dan Cara Install Redmi 1S Global ROM v45.0 - ROM Anti Panas - Beberapa waktu lalu Xiaomi Redmi 1S kembali mendapatkan update minor ke versi JHCMIBH45.0. Update ini dirilis terkait permintaan pengguna yang mengklaim Redmi 1S cepat panas ketika dipakai sehari-hari, bahkan dalam kondisi tanpa koneksi data aktif sekalipun. Selain itu, penggunaan RAM yang berlebihan juga menjadi koreksi dalam ROM terbaru ini.

Xiaomi pada hari Senin lalu mengumumkan update terbaru untuk pengguna Redmi 1S. Hugo Barra selaku Vice President Xiaomi Global menjelaskan, "Update v45 via OTA untuk Redmi 1S dirilis berdasarkan feedback yang diterima dari banyak pengguna terkait overheating dan konsumsi RAM yang tidak wajar."

Untuk mengatasi kasus utama overheating pada Redmi 1S, pihak Xiaomi menambahkan algoritma baru yang dikenal sebagai Thermal Control. Algoritma ini memungkinkan ponsel untuk tetap dalam temperatur rendah dibawah 38 derajat celcius dalam kondisi pemakaian normal.

Pihaknya juga membuat beberapa peningkatan pada management RAM, dimana perbaikan ini terkait dengan salah satu feedback user Redmi 1S yang mengatakan pada waktu tertentu aplikasi yang berjalan di background sering berhenti dengan sendirinya.

Sebagai pengguna Redmi 1S, penulis menyadari bahwa kedua hal diatas memang lah benar. Ketika dipakai untuk bermain game, Redmi 1S memberikan performa yang baik tetapi pada titik tertentu ketika dipegang terasa panas.

Pernah suatu ketika dilihat di CPU-Z kondisi temperatur baterai berada di 46 derajat celcius usai memainkan Clash Of Clans. Pada saat itu, ROM yang digunakan ialah versi 43.

Untuk ROM JHCMIBH45.0 terbaru ini, banyak yang mengeluhkan performa menurun dan dari hasil benchmark AnTuTu score nya menurun drastis sekitar empat belas ribuan. Penulis sudah membuktikan hal tersebut dan didapati score 13901.

Berikut perbandingan antara ROM v43 dan v45 :

Cara Install Redmi 1S Global ROM v45.0 - ROM Anti Panas

Dari hasil score AnTuTu diatas dapat disimpulkan bahwa performa Redmi 1S benar menurun drastis di versi 45, alasannya jika diperhatikan yakni karena akibat algoritma baru Thermal Control.

Algoritma Thermal Control menstabilkan temperatur ke 38 derajat celcius atau lebih rendah. Caranya, apa lagi kalau bukan menurunkan speed clock prosesor alias underclock.

Dengan begitu, beberapa hal yang akan didapatkan oleh pengguna terkait fitur Thermal Control terbaru ini :
  • Performa menurun
  • Temperatur ponsel menurun
  • Baterai menjadi lebih irit
  • Terjadi lag karena system terlalu lemah untuk mengolah seluruh proses yang aktif
Dilihat dari No-frills CPU Control -aplikasi untuk clocking Android- Thermal Control menurunkan clock prosesor menjadi 1GHz. Jika pada saat pemakaian normal saja temperatur Redmi 1S berkisar 40 derajat celcius, artinya pengguna tidak akan menemui lagi performa maksimal Redmi 1S yang memiliki speed 1,6GHz. Akan tetapi uniknya ketika kapasitas baterai berada di posisi 90% atau lebih atau pada saat charging, meski ponsel sedikit panas tetapi clock speed nya biasanya normal.

Cara Install Redmi 1S Global ROM v45.0 - ROM Anti Panas

Cara Manual Install Global ROM v45.0 Redmi 1S

  • Unduh ROM MIUI v45 Redmi 1S disini, pilih versi Global
  • Pindah ROM tersebut ke memori eksternal (SDCard)
  • Buka aplikasi Updater
  • Klik tombol opsi, pilih Select update package
  • Pilih ROM tersebut
  • Ikuti perintah sampai selesai

Cara Install Global ROM v45.0 Redmi 1S via OTA update

  • Pastikan Redmi 1S dalam kondisi unrooted ~ karena fitur OTA tidak dapat mendeteksi versi ROM yang telah di root akibat berubahnya format versi (x.0.1)
  • Cara root & unroot dapat dilihat di Tutorial Cara Mudah Root dan Unroot Xiaomi Redmi 1S Tanpa PC
  • Buka aplikasi Updater
  • Tekan tombol Check for updates
  • Unduh versi ROM terbaru v45.0
  • Gunakan jaringan internet WiFi agar proses pengunduhan berjalan lancar
Artikel terkait :


Blog, Updated at: 12:09:00 AM

1 komentar:

  1. jd bagusan mn bos 43 apa 45? skrg hp saya msh 43,jd ragu mau up,krn saya baca byk yg ngeluh lag waktu game.thx

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email