Tips Cerdas Memotret di Malam Hari dengan Android

Posted by

Tips Cerdas Memotret di Malam Hari dengan Andoid
Low-Light Compare
Tips Cerdas Memotret di Malam Hari dengan Android - Banyak hal indah yang terjadi di malam hari. Contohnya, sesuatu seperti kilauan-kilauan lampu kota dari atas gunung, pesta kembang api, air mancur di taman kota, dan lain-lain.

Kadang kala moment tersebut sungguh terlihat menakjubkan hingga rasanya sangat sayang sekali jika terlewat begitu saja. Dengan mengabadikan moment itu kedalam sebuah foto merupakan ide yang brilliant sekedar untuk kenang-kenangan.

Akan tetapi, terkait mengabadikan momentum menggunakan smartphone seperti Android, kebanyakan smartphone yang ada saat ini tidak memiliki kemampuan yang baik dalam mengambil gambar di kondisi cahaya yang minim. Kamera Android tidak seperti kamera DSLR atau kamera digital yang memiliki fitur pengaturan manual lebih sehingga walau di kondisi kurang cahaya pun masih bisa di setting agar menghasilkan gambar yang berkualitas.

Melalui tulisan ini, berikut tips singkat bagi Anda yang ingin mengambil foto di malam hari menggunakan kamera smartphone (Android) dengan hasil yang memuaskan.

Tips berikut sangat cocok bagi Anda pecinta fotografi handphone.

1. Pegang smartphone dengan kuat untuk menghindari getaran

Teknik memotret yang paling utama terletak pada cara Anda memegang 'senjata'. Posisikan kaki Anda dengan tegap, buat diri senyaman mungkin.

Dalam hal memegang smartphone dengan kuat (dalam arti tegap tidak bergerak) pengaturan nafas sangat diperlukan. Syukur-syukur bila Anda memiliki tripod khusus smartphone.

2. Gunakan fitur Night Mode untuk hasil yang baik

Fitur Night Mode ada di setiap kamera Android. Fitur ini dapat menaikkan level kecerahan pada foto sehingga gambar terlihat lebih terang.

Ketika menggunakan Night Mode, pastikan Anda tidak bergerak beberapa saat pada waktu mengambil gambar agar foto tidak blur.

Kelemahan menggunakan Night Mode, akan ada banyak noise pada gambar.

Untuk beberapa flagship Android saat ini rata-rata memiliki teknologi yang mumpuni pada sektor kamera seperti Exmor RS milik Sony Xperia Z yang dapat memotret pada kondisi minim cahaya dengan hasil foto yang cukup terang dan tentunya dengan noise yang sedikit.

3. Gunakan timer untuk menghindari blur

Fitur timer jika diperhatikan sebetulnya memiliki manfaat yang cukup berguna. Fitur tersebut dapat menggantikan peran jari dalam meng-capture foto. Tidak jarang ketika jari bergerak menekan tombol / layar, kamera juga ikut bergerak karena tersentuh dan walhasil gambar menjadi blur.

Dengan memakai timer, Anda cukup berpose serta menahan gerakan hingga count down selesai.

Cukup atur timer selama 3 detik, jangan sampai melebihi itu karena dapat membuat Anda mati gaya.

4. Jangan gunakan flash terlalu jauh dari objek

Pada umumnya flash yang ada pada kamera Android berjenis LED flash. Akan tetapi ada juga beberapa smartphone seperti Galaxy S4 Zoom dan Galaxy K Zoom yang menggunakan Xenon flash.

Kedua jenis flash tersebut tentu lah berbeda. Untuk LED flash, jarak jangkauan amannya hanya sekitar 2 meter. Selebihnya, mungkin obyek yang ingin Anda abadikan tidak nampak. Berbeda dengan Xenon flash yang dapat mengeluarkan cahaya lebih sehingga jarak obyek dengan kamera juga lebih jauh.

Demikian tips cerdas memotret dengan smartphone Android di malam hari. Jika Anda memiliki tips  selain 4 point diatas, silahkan share melalui kolom komentar dibawah.


Blog, Updated at: 11:10:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email