ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik

Posted by

ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik - Di jaman serba modern ini, peran smartphone menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Smartphone bak gaya hidup baru yang kian hari kian populer. Tak sekedar untuk berkomunikasi satu dengan yang lain namun fungsi smartphone kini lebih luas mencakup multimedia dan internet. Hampir setiap orang di mana pun ia berada, tidak memandang usia dan derajat, mereka sama-sama memiliki smartphone.

ZenFone - Smartphone Luar Biasa untuk Semua Orang

Saat ini banyak sekali brand smartphone yang beredar di pasaran. Masing-masing dari mereka memiliki ciri dan kualitas tersendiri, seperti ASUS ZenFone yang baru-baru ini melejit di tanah air.

ZenFone bukan smartphone Android sembarangan. Dirakit dengan bahan berkualitas dan memiliki desain yang unik, sangat cocok bagi pengguna yang menginginkan model smartphone mewah dan tentunya berkelas.


Seperti yang kita ketahui bahwa selama ini ASUS berkecimpung di dunia laptop, komputer, tablet dan peripheral. Dengan hadirnya perangkat ZenFone itu merupakan langkah ASUS untuk bisa melebarkan sayapnya dan menggebrak pasar smartphone dunia.

Pertama rilis bulan April lalu, ada tiga jenis ZenFone yang diperkenalkan. Antara lain ASUS ZenFone 4, ZenFone 5 dan satunya lagi ZenFone 6. Ketiga smartphone tersebut memiliki beragam keunggulan dari segi fitur hingga spesifikasi seperti Corning Gorilla Glass 3 sebagai pelindung display premium yang memiliki kekuatan mumpuni, PixelMaster yang dapat memberikan kualitas foto kamera yang luar biasa, SonicMaster, ZenUI, prosesor Intel, Android KitKat, dan lain-lain.

Untuk mengetahui fitur dari ketiga ZenFone itu lebih lanjut simak ulasan masing-masing berikut ini.

ASUS ZenFone 4 - Rp. 1.099.000

ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik
ASUS ZenFone 4 - Smartphone Android terbaik satu jutaan
Dibuat dengan ukuran paling kecil, smartphone dengan layar 4 inci ini dibekali fitur yang tidak se-mini ukurannya. ZenFone 4 merupakan smartphone Android dengan harga ekonomis, sangat cocok bagi pengguna yang sedang mencari Android satu jutaan namun dengan spesifikasi lain daripada yang lain.

ZenFone 4, dari segi display menggunakan layar LCD TFT 16 juta warna. Rata-rata smartphone saat ini dilengkapi dengan layar IPS yang mampu menampilkan gambar secara apik. Akan tetapi tidak perlu khawatir, hal itu bukan menjadi masalah karena berkat tambahan lapisan Gorilla Glass membuat ZenFone 4 tetap seperti smartphone premium berkualitas.

Pada bagian dapur pacu, ZenFone 4 dilengkapi prosesor dual-core 1,2GHz Intel Z2520 dengan GPU PowerVR SGX544MP2 sebagai pengolah grafisnya. Jangan salah, prosesor dual-core milik Intel memiliki kemampuan setara dengan prosesor quad-core dari brand CPU lain. Terbukti dengan hasil benchmark lebih dari lima belas ribu menggunakan AnTuTu Benchmark menunjukkan performa ZenFone 4 lebih dari smartphone Android tiga jutaan.

ZenFone 4 memiliki kapasitas RAM 1GB dan internal 4GB. Selain itu, smartphone ini support micro SD hingga 64GB. Disediakan kamera 5MP pada sisi belakang tanpa tambahan flash dan 0,3MP pada bagian depan.

Ada beragam pilihan warna cover untuk ZenFone 4 ini diantaranya Pearl White, Charcoal Black, Cherry Red, Solar Yellow, dan Sky Blue.

Sedikit catatan, kapasitas baterai yang hanya 1200 mAh merupakan kelemahan yang di miliki oleh ASUS ZenFone 4. Meski sebenarnya di sediakan satu lagi baterai cadangan, namun terkadang hal tersebut kurang efisien. Solusinya, gunakan Powerbank sebagai tambahan daya ketika diperlukan.

ASUS ZenFone 5 - Rp. 2.199.000

ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik
Asus ZenFone 5 - Smartphone Android terbaik dua jutaan
ZenFone 5 merupakan versi selanjutnya dari ZenFone 4. Dibanding ASUS ZenFone 4, spesifikasi yang di tawarkan ZenFone 5 terbilang mumpuni dimana dari sektor grafis hingga penyediaan daya ZenFone 5 ini lebih matang. Smartphone tersebut cocok untuk para pengguna yang menginginkan Android premium dengan harga yang relatif terjangkau, sekitar dua juta rupiah.

Keunggulan dari ZenFone 5 terletak pada kualitas display yang mengusung fitur layar HD IPS+. Pengguna akan memperoleh tampilan warna yang bersih dan tajam, baik dipandang dari sudut manapun hasilnya tetap terlihat bagus. Selain itu tak perlu khawatir jika smartphone dengan layar 5 inci ini digunakan di ruang terbuka karena kualitas layar nya tetap akan terang dan tajam.

Dari segi performa, ZenFone 5 tak mengecewakan. Mengusung prosesor dual-core 1,6GHz Intel Z2560 dengan GPU PowerVR SGX544MP sudah cukup untuk memainkan game-game HD berat. Sebagai pembuktian, skor lebih dari dua puluh dua ribu di AnTuTu Benchmark dapat ditembus oleh ZenFone 5 ini.

Secara keseluruhan ZenFone 5 cukup memuaskan untuk dipakai sehari-hari. Pengguna tidak perlu was-was soal daya tahan baterai karena dengan kapasitas 2110 mAh sudah lumayan untuk pemakaian sehari penuh. Pada sektor kamera, disediakan 8MP dengan fitur autofocus dan led flash serta 2MP pada kamera depan.

Tersedia lima pilihan warna untuk ZenFone 5 diantaranya Pearl White, Charcoal Black, Cherry Red, Twilight Purple, dan Champagne Gold.

ASUS ZenFone 6 - Rp. 3.099.000

ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik
ASUS ZenFone 6 - Smartphone Android terbaik tiga jutaan
ZenFone 6 merupakan flagship teratas yang dimiliki ASUS. Di banderol sekitar tiga juta rupiah, spesifikasi yang ditawarkan merupakan spesifikasi tertinggi dari ZenFone yang lain.

Bila diperhatikan secara seksama, kita sadari ketiga ZenFone tersebut ditujukan untuk kelas pasar yang berbeda-beda. ZenFone 6 merupakan smartphone dengan layar 6 inci kelas high-end, dilengkapi dengan prosesor dual-core 2GHz Intel Z2580 dan GPU PowerVR SGX544MP2. Tersedia 1GB RAM dan juga memori internal 8GB dengan skor lebih dari dua puluh tiga ribu di AnTuTu Benchmark.

ZenFone 6 ini mengadopsi seluruh fitur yang dibenamkan pada ZenFone 4 dan ZenFone 5, termasuk layar HD IPS+ milik ZenFone 5. Selain itu, pada ZenFone 6 terdapat sebuah teknologi yang tidak dimiliki oleh ASUS ZenFone lain yang disebut dengan SonicMaster. Teknologi tersebut dapat membuat kualitas audio pada ZenFone 6 menjadi lebih bagus dari biasanya.

Pada bagian kamera, ZenFone 6 dipersenjatai kamera 13MP dengan fitur autofocus dan juga led flash yang dapat memberikan hasil gambar beresolusi tinggi dan jernih. Sebagai pelengkap, dibekali kamera beresolusi 2MP pada bagian depan.

ZenFone 6 tersedia dalam pilihan warna Cherry Red, Charcoal Black, Champagne Gold, dan Pearl White.

Fitur Unggulan ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik

Secara keseluruhan, ada dua fitur utama yang menjadi kebanggaan ASUS pada ZenFone ini antara lain ZenUI dan PixelMaster.

ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik
ASUS ZenUI
ASUS ZenUI – Indah, Lancar dan Intuitif

Seperti hal nya brand smartphone Android lain, secara eksklusif mereka mempunyai tampilan antar muka tersendiri yang tidak di miliki oleh brand lain. ZenUI merupakan interface buatan ASUS yang disematkan pada ZenFone, mempunyai ciri khas desain yang simple, minimalist, colorfull. Desain semacam itu merupakan yang sedang ngetrend di era 2014 ini.

Susunan layout pada ZenUI dibuat ringkas untuk memaksimalkan ruang kerja agar lebih efisien dengan tidak mengurangi fitur-fitur di dalamnya. Menariknya lagi, paduan desain minimalist dengan ikon-ikon gaya flat membuat tampilan ZenFone semakin modern.

Konsep dari desain minimalist tidak terlalu banyak menggunakan komposisi warna, hanya memadukan beberapa jenis warna ke dalam sebuah frame yang nantinya akan memunculkan paduan warna yang unik.

Untuk memaksimalkan produktifitas pengguna, terdapat dua fitur utama ZenUI yaitu What's Next dan Do It Later.
  • What's Next : Merupakan sebuah fitur mirip reminder, fungsinya menampung informasi-informasi mengenai apa yang baru saja dan akan terjadi. Contohnya seperti jadwal kalender, pesan baru, panggilan tak terjawab, weather, dan lain-lain
  • Do It Later : Fitur ini merupakan fitur yang unik. Do It Later memudahkan pengguna yang memiliki aktifitas super sibuk untuk bisa berkonsentrasi menyelesaikan pekerjaannya, sedangkan aktifitas lain akan disimpan di dalam Do It Later yang sewaktu-waktu bisa di buka ketika pekerjaannya selesai
PixelMaster – Foto Kelas Profesional di Setiap Waktu

PixelMaster adalah teknologi yang terdapat pada kamera ZenFone. Alasan mengapa PixelMaster ini patut diacungi jempol dalam hal fotografi karena di dalamnya terdapat fitur-fitur menarik dimana setiap fitur tersebut memegang perannya sendiri-sendiri.
  • Low-light Mode : Low-light Mode mewakili teknologi PixelMaster. Sebagai fitur yang menamai dirinya ahli dalam bidang Pixel, Low-light Mode membuktikannya dengan kemampuan mengolah setiap pixel yang ditangkap kamera dalam kondisi minim cahaya secara akurat. Low-light Mode ini dapat meningkatkan kemampuan kamera dalam menangkap cahaya yang masuk, hasilnya foto akan terlihat terang dan jelas meskipun tanpa bantuan flash berkat teknologi EIS (Electronic Image Stabilizer)
  • Time Rewind : Fitur Time Rewind berguna untuk mendapatkan hasil foto bidikan yang sempurna. Fitur ini akan menyimpan foto sebelum dan sesudah pengguna menekan tombol capture. Terkadang akibat adanya goncangan ketika hendak mengambil sebuah gambar menghasilkan foto yang blur dan jelek. Dengan Time Rewind ini, pengguna dapat mengantisipasi hal tersebut dan tetap memperoleh hasil yang maksimal
  • Selfie Mode : Hobi foto selfie? Gunakan fitur Selfie Mode. Fitur tersebut mirip dengan Time Rewind, pengguna dapat mengambil foto sebanyak mungkin dengan kamera belakang lalu kemudian memilih hasil yang paling bagus untuk dijadikan foto selfie
  • Depth of Field Mode : Bagi yang belum mengetahui apa itu Depth of Field alias DoF, singkat ceritanya merupakan sebuah teknik dalam fotografi dimana sebuah foto hanya difokuskan ke arah objek tertentu dengan membuat background belakang terlihat samar-samar. Diperlukan dukungan kamera profesional untuk dapat memperoleh hasil yang baik, akan tetapi kabar baiknya PixelMaster memiliki fitur tersebut
ASUS ZenFone merupakan smartphone Android terbaik. Desain nya yang modern, beragam fitur yang diberikan ditambah spesifikasi yang mumpuni patut dijadikan pertimbangan untuk membeli smartphone canggih dengan harga terjangkau namun memiliki kelebihan tiada duanya.


Blog, Updated at: 2:11:00 AM

1 komentar:

  1. Jadi ngilerr gua, pengen beli tu smartphone kang :D

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email