Bug MediaTek, Terima SMS Bisa Merusak Ponsel

Posted by

Bug MediaTek, Terima SMS Bisa Merusak Ponsel
Bug MediaTek, Terima SMS Bisa Merusak Ponsel - Kabar ini mulai berhembus kemarin lusa sejak Phone Arena mengeluarkan sebuah postingan yang membuat salah satu komunitas Android di Facebook mendadak ramai. Pasalnya, celah keamanan yang saat ini hanya ada di Android ber-chipset MediaTek rentan terhadap ulah jail dimana hanya dengan mengirimkan sms simbol sama dengan saja maka Android tersebut akan langsung reboot secara otomatis.

Hal tersebut sama diungkapkan oleh Neowin.net, sebuah blogger asal Prancis menemukan bug aneh pada Android MediaTek. Dengan mengirim sms berisi '=' (tanpa tanda petik), dalam kondisi apapun maka Android tersebut akan langsung shutdown dan melakukan booting ulang.

Memang, mungkin ini hanya sebuah hal kecil namun sebetulnya itu sangat berbahaya. Jika hanya dilakukan sekali atau dua kali mungkin tidaklah menjadi masalah namun jika ratusan kali dalam satu waktu?

Neowin.net memberikan sebuah list nama vendor yang terjangkit bug ini diantaranya Wiko, Alcatel, Zopo, Acer, Fairphone, dan Archos. Selain itu, beberapa merk lokal yang banyak beredar di Indonesia seperti Evercross dan beberapa tipe Maxtron juga tidak luput dari bug sms itu. Yang lebih parahnya lagi, dikabarkan beberapa jenis Android SuperCopy ber-chipset MediaTek ternyata juga masuk dalam daftar.

Jika Anda merupakan salah seorang pengguna Android yang menjadi korban atas kasus ini, Anda tidak perlu khawatir. Ada cara menanggulanginya yang ternyata terbilang ampuh. Jadi, dari hasil uji coba dan pengamatan sebenarnya bug ini bukan dari chipset MediaTek nya melainkan dari mms.apk (aplikasi Message default). Entah apa yang membuat bug ini muncul, yang jelas dengan mengganti aplikasi sms default dengan aplikasi pihak ketiga seperti Go SMS PRO, Anda akan aman.

Jika Anda ingin melihat demo dari bug ini, silahkan masuk ke tautan Youtube berikut : Comment faire planter un téléphone Wiko à distance


Blog, Updated at: 3:27:00 AM

0 komentar:

Post a Comment

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email