Ini Akibat Salah Pasang Framework Android

Posted by

Ini Akibat Salah Pasang Framework Android
Ini Akibat Salah Pasang Framework Android - Baru saja di halaman real-time view Google Analytics ada keyword masuk 'akibat salah pasang framework'. Ada yang mau ngaku siapa yang nyasar ke blog ini dari keyword tersebut? Mungkin dia mulai pusing dibikin galau karna pengen ngoprek Android tapi dibayang-bayangi masalah bootloop akibat framework.

Sebetulnya mengenai pernyataan diatas jawabannya cukup singkat. Bicara soal framework Android, yang dimaksud diatas ialah framework-res.apk bukan framework untuk developing aplikasi Android. framework-res.apk berperan penting dalam hal theming. Bisa dikatakan seluruh sumber theming terletak di framework-res.apk ini (termasuk juga SystemUI.apk).

framework-res.apk tersusun atas folder-folder inti berikut :
-assets
-META-INF
-res
Urusan ganti icon, ganti warna, ganti bentuk posisi menu, dan yang menyangkut soal theming semuanya terkumpul dalam folder res. Isi folder res diantaranya secara garis besar seperti folder drawable, layout, dan XML.

Oh iya bagi yang dari tadi tidak paham sama sekali sebenarnya theming itu apa, theming berasal dari kata theme ialah sebuah bentuk tampilan dari suatu output LCD, yang Anda sendiri pastinya sudah tahu theme / tema itu seperti apa. Theming (memakai 'ing') berarti kita mengolah sebuah theme menjadi suatu tampilan yang kita inginkan. Seseorang yang suka dengan hal theming dan menghasilkan karya-karya kreatif biasa disebut themer.

Akibat salah pasang framework Android, bisa dipastikan bootloop. Karena framework-res.apk itu bisa dibilang file yang sensitif, ada kesalahan walaupun sedikit bisa-bisa Android Anda tidak mau booting.

Selama ini yang saya temui langsung, salah dalam waktu compile dan sign bisa merusak framework-res yang berakibat bootloop. Salah pasang framework-res dari jenis Android lain juga bisa menyebabkan bootloop. Salah hanya kurang tanda titik koma / semicolon pada waktu editing isi string pun juga dapat mengakibatkan bootloop. Satu lagi, permission yang salah juga menyebabkan bootloop.

Pada tutorial Cara Merubah Pesan Peringatan Low Battery Android saya peringatkan jangan mengambil framework-res.apk dan SystemUI.apk sembarangan dari handphone Android yang berbeda karena setiap framework-res itu tidaklah sama.

Maka dari itu saya himbau untuk berhati-hati dalam mengolah framework-res ataupun juga SystemUI, ada baiknya jika Anda cek semua yang sudah Anda modifikasi sebelum mempacking ulang menjadi sebuah APK.

Jika Anda ingin belajar cara memodifikasi framework-res yang tidak berujung bootloop, di XDA Developer ada sebuah tool bernama Framework Flasher yang bisa Anda manfaatkan untuk mengekstrak / decompile, compile, sign dan membuat sebuah update.zip framework-res yang siap untuk di flash melalui CWM Recovery.

Hanya itu akibat salah pasang framework-res Android yang perlu Anda ketahui. Untuk memperbaiki bootloop akibat framework-res, tidak akan bisa hanya di wipe data karena ini bukan soal /data/ namun /system/ (baca Dua Jenis Otak-Atik Yang Membuat Android Bootloop). Cara yang paling benar yakni dengan mengganti framework-res.apk tersebut dengan yang masih normal / original. Optional lain, flashing ulang ROM Anda.

Buka link Kumpulan Cara Memperbaiki Android Bootloop untuk mengatasi permasalahan ini.

Happy theming :)


Blog, Updated at: 10:17:00 PM

1 komentar:

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email