Aplikasi Penambah RAM Android Terbaik

Posted by

Aplikasi Penambah RAM Android Terbaik
Aplikasi Penambah RAM Android Terbaik - Bicara soal meningkatkan RAM Android, di artikel Cara Menambah RAM dan Performa Android sudah saya jelaskan secara garis besar bahwa dari sisi hardware, RAM Android tidak bisa dinaikkan / diganti. Namun masih ada cara lain yakni meningkatkan Virtual Memory Android, bisa dari partisi maupun aplikasi dan swap file.

Masalah terhadap RAM pada Android memang bukan suatu hal yang baru. Sejak akhir 2012 hingga sekarang, awal saya membuat blog sampai dengan saat ini pertanyaan-pertanyaan dari komentar yang masuk masih tetap dalam ruang lingkup yang sama.

Menurut saya, seharusnya seiring banyaknya device Android yang beredar dengan spesifikasi mewah dan jor-joran sekarang ini, kasus seperti kehabisan space RAM Android karena banyaknya aplikasi yang berjalan atau kapasitas memori internal habis karena saking banyaknya aplikasi yang di install semakin lama semakin menurun. Namun sejauh ini tidak. Entah mengapa bisa demikian, jika dulu Android tidak dibuat dengan racikan sehebat sekarang, itu wajar orang-orang mencari cara supaya Android mereka terbebas dari lag. Tapi jika Anda memiliki smartphone minimal sekelas Samsung Galaxy SIII saja, saya rasa kasus semacam ini sangat jarang Anda alami.

Aplikasi penambah RAM Android terbaik, dulu saya pernah memakai beberapa aplikasi untuk mengoptimalkan RAM Android. Untuk sekarang saya hanya memakai Seeder saja untuk lag reduction ditambah overclock speed prosesor. Namun, dibawah ini ada tiga macam nama aplikasi pengolah RAM Android yang saya sarankan untuk Anda yang mencari aplikasi pengolah RAM terbaik.

Pada artikel Cara Menambah RAM Android yang saya tulis pada Desember 2012 diatas, salah satu tips nya yakni memakai Juwe RAM Script dimana script tersebut sebenarnya script awal dibuatnya RAM Manager Pro. Script tersebut sangat saya sukai karena hanya berwujud file kecil tanpa UI / aplikasi namun performanya sangat terasa.

Jika disuruh memilih, saya lebih pilih Juwe RAM Script daripada RAM Manager Pro. Namun RAM Manager Pro memiliki fitur yang banyak seperti preset yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Untuk sehari-hari bisa Anda pakai mode Balance. Jika sedang ingin bermain game bisa dipilih Hard Gaming. Ada juga Multitasking untuk Anda yang gemar bersosial media.

RAM Manager Pro juga mendukung Swap file yang bisa dimanfaatkan untuk menambah virtual memory RAM Android.

RAM Manager Pro membutuhkan akses root. Aplikasi ini juga aplikasi berbayar. RAM Manager Pro compatible dengan Android 2.1 keatas.

Dulu saya pernah membuat sebuah blog baru yang bertemakan sama dengan blog ini (waktu tepatnya  saya lupa). Artikel pertama saya ulas soal Smart RAM Booster Pro yang kala itu sedang booming di forum-forum maupun blog.

Dibuat oleh team AntTek - Root Uninstaller, Smart RAM Booster Pro menawarkan berbagai kelebihan tidak hanya mengoptimalkan RAM Android tapi juga mengoptimalkan memori Android. Di Smart RAM Booster Pro ada sebuah menu untuk membersihkan cache dan junk file dengan metode one-click service.

Bagi saya aplikasi ini adalah aplikasi paling optimal yang bisa dicoba setelah RAM Manager Pro. Aplikasi ini cocok sekali untuk menambah free RAM Android Anda lebih banyak.

Smart RAM Booster Pro membutuhkan akses root. Aplikasi ini juga aplikasi berbayar. Smart RAM Booster Pro compatible dengan Android 2.2 keatas.

Jika Anda membaca judul atau bahkan deskripsi dari aplikasi ini, sekilas Anda akan langsung paham ROEHSOFT RAM Expander bisa berbuat apa saja untuk Anda yang sedang kehabisan free RAM Android.

ROEHSOFT RAM Expander dengan embel-embel SWAP dibelakangnya bekerja lebih menitik beratkan space memory daripada efisiensi kinerja RAM. Dalam arti aplikasi ini tidak seperti kedua aplikasi yang saya sebut diatas, ROEHSOFT RAM Expander memiliki kemampuan membuat swap file untuk VM tanpa ada batasan, bisa sampai 4GB.

Perlu diingat Swap file dengan Linux Swap dan ZRam itu berbeda.

Swap file, membuat virtual memory dengan menggunakan SD Card. Anda akan menemukan sebuah file (biasanya berekstensi *.swp) didalam SD Card dengan kapasitas sama seperti yang sudah Anda buat. Jika Anda membuat Swap file berukuran 1GB misal, di SD Card akan ada sebuah single file dengan besar tersebut.

Linux Swap, sebuah swap dengan menggunakan partisi SD Card. Cara ini merupakan cara lama yang tidak terlalu banyak digunakan karena mereka-mereka yang mencoba cara ini tidak merasakan perbedaan apa-apa, karena mereka juga tidak memahami kalau Linux Swap akan bekerja jika kernel yang dipakai mensupport Swap partisi ini.

ZRAM, memangkas space RAM Android untuk digunakan sebagai swap memory. Ya, space RAM Android. Jika Anda mencoba cara ini, jangan heran jika Anda periksa di Running Apps mulanya kapasitas RAM Anda jika ditotal misal 480MB akan berkurang sebesar kapasitas ZRAM yang Anda buat.

Lebih banyak lagi, baca Kumpulan Cara Menambah Performa dan Kinerja RAM Android

Developer dari ROEHSOFT RAM Expander mengatakan dengan aplikasi ini masalah memori dan RAM yang Anda dapati akan segera terselesaikan. Namun jangan lupa untuk mengecek apakah device Android Anda compatible dengan aplikasi tersebut atau tidak.

ROEHSOFT RAM Expander membutuhkan akses root. Aplikasi ini juga aplikasi berbayar. ROEHSOFT RAM Expander compatible dengan Android 1.6 keatas.

Demikian artikel Aplikasi Penambah RAM Android Terbaik ini. Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi. Mohon maaf jika ada hal yang salah / tidak sesuai dengan kenyataaan.

Semoga bermanfaat.


Blog, Updated at: 9:17:00 PM

1 komentar:

  1. baru tau klo ada aplikasi seperti ini..thanks banget yach informasinya...

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email