Cara Memeriksa Apakah Android Anda Terkena Heartbleed

Posted by

Cara Memeriksa Apakah Android Anda Terkena Heartbleed - Terkuaknya bug bernama Heartbleed pada OpenSSL membuat jagat internet geger beberapa pekan ini. Bug yang memungkinkan peretas mencuri data-data penting seperti password, PIN, rekening ini baru ditemukan di OpenSSL setelah tim peneliti dari Universitas Michigan melakukan pemindaian jaringan server internet menggunakan tools tertentu.

Dikabarkan setelah berita ini beredar, setidaknya 66% situs web diseluruh dunia mendapat imbasnya. Tidak hanya situs kecil-kecilan yang terserang. Sekitar satu minggu yang lalu web portal Kompas merilis sebuah artikel "Kaskus Masuk Daftar Situs Wajib Ganti Password" yang tidak lain karena Heartbleed ini. Heartbleed ramai disebut sebagai salah satu celah keamanan terbesar dan tercanggih yang pernah ditemukan sepanjang sejarah internet.

Cara Memeriksa Apakah Android Anda Terkena Heartbleed
Heartbleed pun ternyata kini sudah menjalar ke dunia gadget. Dalam hal ini, Android merupakan sistem operasi yang paling rentan terhadap bug ini, khususnya pada Android seri Jelly Bean (v4.1.x dan v4.2.x) karena Android selama ini juga memakai OpenSSL untuk melakukan pengenkripsian data.

Dikutip dari ArsTechnica, Google tengah berusaha melakukan patch pada bug tersebut untuk menghindari aksi pencurian data-data sensitif oleh peretas yang memanfaatkan Heartbleed. Memang tidak sedikit versi Android yang memakai OpenSSL bermasalah. Namun ada juga yang tidak terkena dampak Heartbleed.

Salah satu faktor lolosnya dari Heartbleed karena versi Android tersebut telah dimodifikasi sesuai kebutuhan perusahaan (mengingat banyak sekali mitra Google yang memakai Android namun sistemnya telah diolah ulang) dan banyak dari mereka tidak mengaktifkan ekstensi OpenSSL ini.

Untuk mengetahui apakah Android yang Anda pakai selama ini terjangkit Heartbleed, Lookout Mobile telah merilis sebuah aplikasi bernama Heartbleed Detector yang bisa Anda unduh gratis melalui Google Play.

Aplikasi ini mampu menganalisa Heartbleed dengan tepat. Tapi perlu digaris bawahi bahwa aplikasi ini hanyalah detector dan tidak bisa melakukan patching / fix jika Android Anda terinfeksi Heartbleed.

Download Heartbleed Detector disini.

Sebagai catatan, Anda tidak perlu khawatir yang berlebihan jika Android yang Anda gunakan terinfeksi. Jika perlu, pasang antivirus Lookout Mobile Security untuk memonitor segala aktifitas yang berjalan. Lagi pula, bug ini sudah ada sejak dua tahun yang lalu dan baru terdeksi sekarang. lantas, selama dua tahun ini adakah kasus peretasan yang Anda alami?

Sudah lihat hasilnya?


Blog, Updated at: 10:33:00 PM

2 komentar:

  1. hh ane gak ane cek gan. :D males download aplikasi :O

    ReplyDelete
  2. sipp mas, bisa di coba ini, baru tahu malahan saya, salam kenal dari saya sekalian blogwallking blogger jawa yang sekarang pindah ke kalimantan untuk mencari sesuap nasi hehe. yuli gundul .semoga berkenan gan
    Blog e raden mas yuli
    Coalindomine.blogspot.com

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email