Download Kumpulan Firmware Official Samsung

Posted by

Download Kumpulan Firmware Official Samsung
Download Kumpulan Firmware Official Samsung - Entah hanya kebetulan atau tidak, rata-rata mereka yang nyasar ke blog ini sebagian besar merupakan pengguna Samsung yang mengalami masalah dengan smartphone mereka. Selain itu, beberapa keyword "cara memperbaiki Xperia yang bootloop" juga masih sering saya lihat.

Sebetulnya daripada Sony, menurut saya pribadi Samsung lebih mudah dalam hal perawatan. Pada waktu trouble shooting juga cukup gampang karena Samsung tidak seribet Sony yang membutuhkan berbagai macam cara untuk menembus system dan loader nya. Soal flashing firmware Samsung, lain halnya Sony lain juga Samsung.

Umumnya firmware Samsung terbagi menjadi tiga bagian yaitu PDA, CSC, dan satunya lagi MODEM. Dibagi menjadi beberapa bagian karena untuk membedakan dari / untuk negara mana firmware itu dibuat. Jika anda memiliki Samsung pabrikan dari Hong Kong atau Taiwan, sangat diasayangkan karena sulit sekali firmware ini dicari. Terakhir saya mendapati seorang client yang meminta Galaxy Ace 2 pabrikan Taiwan nya di flash ke Jellly Bean. Ada lagi yang Galaxy Ace 2 Taiwan nya bootloop tidak bisa masuk ke home screen. Sungguh pengalaman yang membuat pusing kepala kala itu.

Sedangkan Sony, cukup satu file FTF mungkin sudah bisa menyelamatkan smartphone Xperia anda dari mati surinya.

Pada artikel ini, bukan soal tutorial yang akan saya bahas melainkan hanya ingin memberitahukan saja sebetulnya dimana blog yang meyediakan kumpulan firmware official untuk Samsung.

Berikut dua alamat yang recommended untuk anda yang menyediakan firmware asli Samsung secara cuma-cuma tanpa harus dibikin ribet untuk mencarinya.
Merupakan blog yang menyediakan berbagai macam firmware official Samsung dari versi ke versi secara gratis. Samsung Updates juga memberikan info-info terbaru seputar Samsung mulai dari berita, review ponsel Samsung terbaru, firmware-firmware terbaru, dan lain-lain.

Meski Samsung Updates bukan lah blog official milik Samsung, juga tidak berafiliasi dengan Samsung, namun blog ini sangat lengkap.

Pada halaman awal, anda akan disuguhkan dengan jajaran informasi seperti Device Name, Model, Region, Version, OS, OS Version, Build Date dan Changelist dari beberapa smartphone. Geser mata anda ke sisi sebelah kiri dan cari Select Device. Disanalah seluruh jenis firmware Samsung terletak. Silahkan pilih.
Berbeda dengan Samsung Updates, SamMobile merupakan blog official milik Samsung. Blog ini dulunya memiliki nama Samsung-Firmwares dengan CMS yang sama seperti sekarang (WordPress), kemudian berubah nama menjadi SamFirmware sesuai dengan keinginan pihak Samsung waktu itu.

Kala itu, alasan utama di balik kesuksesan SamFirmware adalah koleksi firmware Samsung terbesar yang belum pernah ada sebelumnya. Namun Samsung tidak ingin sebatas kumpulan firmware saja. Pada 14 Desember 2011, blog tersebut digabungkan menjadi satu ke SamMobile dengan tujuan untuk menunjukkan inovasi-inovasi yang dilakukan Samsung dalam industri mobile, tidak hanya review produk baru, update berita baru saja tetapi juga firmware-firmware terbaru Samsung.

Untuk bisa mengunduh firmware di SamMobile, anda diwajibkan register dulu. Tapi tenang saja, disana ada beberapa pilihan paket akun yang bisa anda pilih salah satunya paket 'free' alias tak berbayar.

Anda bisa mengunduh firmware-firmware Samsung lengkap di dua blog yang saya rekomendasikan diatas. Pilih firmware sesuai dengan jenis Samsung anda, jangan sampai salah misal ponsel anda buatan Taiwan, kemudian anda flash ke firmware UK.

Bagi anda yang masih bingung bagaimana cara flashing nya, step by step nya sebagai berikut :
  • Extract (unzip) file firmware yang sudah di unduh kedalam sebuah folder
  • Download Odin v3.09
  • Ekstrak Odin zip
  • Buka Odin v3.09
  • Matikan smartphone kemudian masuk ke Download Mode (tekan dan tahan tombol Home + Power + Volume bawah) sambil hubungkan smartphone ke komputer menggunakan kabel data dan tunggu sampai muncul tanda biru di Odin
  • Tambahkan file firmware ke kotak firmware sesuai dengan jenisnya
  • Pastikan re-partisi TIDAK dicentang
  • Klik tombol start, tunggu sampai proses flashing selesai
 Sekian artikel ini. Semoga firmware yang anda cari ketemu :)

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.


Blog, Updated at: 10:39:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email