Cara Menghilangkan Simbol Kotak-Kotak (Simbol BBM) di Android

Posted by

Cara Menghilangkan Simbol Kotak-Kotak (Simbol BBM) di Android - Masih seputar BBM For Android, jika dulu orang-orang ramai mempertanyakan "Kapan BBM Channel di Android keluar?", "Kapan BBM hadir di Android Gingerbread?", "Bagaimana cara upgrade ROM Android supaya bisa untuk BBM an?", untuk sekarang ini lain lagi ceritanya. "Bagaimana cara membaca simbol BBM Android biar gak kotak-kotak?".

Hal seperti itu sering saya jumpai di pesan komentar blog maupun di kontak BBM saya. Lucu memang. Ternyata tidak sedikit yang masih belum tahu bagaimana cara membaca simbol BBM di Android. Bahkan mungkin mereka tidak tahu simbol yang lebih familiar disebut Auto Text ini sudah lama hadir sebelum BBM For Android rilis, sejak jamannya Symbian berjaya simbol auto text sudah menjadi bahan pokok yang harus selalu ada.

Salah seorang terakhir yang bertanya soal auto text BBM Android, panggil saja Bang Ocim yang merupakan warga Ponorogo juga. Padahal rumahnya cukup dekat sekali dengan kediaman saya. Paling hanya 5 menit perjalanan sudah sampai. Hingga artikel ini saya publish, saya belum mengetahui Bang Ocim itu siapa karena saya ketemu dengan dia lewat BBM.

Trik Menghilangkan Simbol Kotak-Kotak (Simbol BBM) di Android

Baik, jadi auto text itu sebenarnya sama halnya text biasa pada umumnya. Awalnya auto text merupakan fasilitas pada BlackBerry yang digunakan untuk mempermudah pengguna dalam mempercepat penulisan kata. Ada lagi selain auto text yakni Emoji (simbol berbentuk gambar).

Kemudian seiring berjalannya waktu, muncullah berbagai jenis font yang sudah dimodifikasi supaya support membaca kedua simbol tersebut (karena pada saat itu hanya BlackBerry yang memiliki font khusus ini).

Font yang mampu membaca auto text dan emoji ini disebut dengan istilah Font Unicode.

Diluar sana banyak pembuat font unicode. Para font maker tersebut datang dari masa Symbian. Ada seorang dengan nama Ihint yang karya-karya font nya banyak dikenal hingga sekarang.

Trik menghilangkan simbol kotak-kotak (simbol BBM) di Android, langkah-langkahnya sudah pernah saya posting sekitar setengah tahun yang lalu. Anda bisa membaca tutorial cara mengganti font Android Gingerbread jika anda memakai ponsel yang masih bersistem Gingerbread, baca cara mengganti font Android ICS / Jelly Bean jika anda memiliki ponsel dengan versi tersebut.

Dengan mengganti jenis font Android anda menjadi font unicode, secara langsung anda akan bisa menggunakan simbol BlackBerry / BBM. Simbol kotak-kotak yang selama ini muncul kemungkinan akan bisa terbaca.

Namun selain cara diatas, ada langkah yang lebih mudah untuk dicoba. Download auto text dibawah ini kemudian flash via CWM. Pastikan CWM sudah terinstall di ponsel anda dan pastikan juga sudah di root.

Auto text dibawah merupakan modifikasi font DroidSansFallback.ftf yang bisa anda temukan di folder /system/font/.

*Jika setelah menginstal hasilnya Android anda bootloop, silahkan flash font recovery nya.

TESTED.

Semoga berhasil :)

Download Auto Text Font BBM Android (Dropbox)
Download Auto Text Font Recovery (Dropbox)


Blog, Updated at: 5:31:00 PM

3 komentar:

  1. saya install lewat cwm kok aborted? solusi donk

    ReplyDelete
  2. Cara flashing Auto Text Font Recovery via twrp bisa ga gan...,kalo bisa Tolong tutor nya gan...,Coz tab 3.8.0 ane bootloop,setelah install

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email