Cara Menambah Baris Baru Dengan Tombol Enter di BBM Android v2.3.0.14

Posted by

Cara Menambah Baris Baru Dengan Tombol Enter di BBM Android v2.3.0.14 - Update 18 Agustus 2014, update title dan revisi BBM Keyboard untuk v2.3.0.14, baca di akhir artikel.

Mungkin ini yang sedang dicari banyak orang termasuk saya sendiri yang cukup bingung karena tidak adanya tombol enter untuk membuat baris baru pada BBM For Android v2.0 membuat saya menjadi kesusahan ketika akan mengirim pesan seperti daftar list nomor satu, nomor dua, nomor tiga, atau sekedar membuat paragraf baru.

BBM melakukan update v2.0 pada tanggal 13 Februari kemarin dengan membawa banyak fitur baru seperti BBM Channels dan BBM Voice yang bisa dimanfaatkan untuk telepon gratis via internet. Padahal baru sepekan yang lalu BBM versi 1.0.4.97 yang merupakan versi terakhir v1.0 keluar.

Pada versi 1.0.4.97, BBM memasukkan fitur Find Friends yang memungkinkan pengguna dapat meng-invite teman mereka tanpa menggunakan PIN. Pengguna dapat mengundang / mencari nama-nama teman mereka melalui nomor kontak yang tersimpan dan sudah didaftarkan ke BBM.

Cara Menambah Baris Baru Dengan Tombol Enter di BBM Android v2.3.0.14
Meski sudah memakai module Xposed,
BBM v2.0 tidak dapat bekerja dengan module tersebut
Dulu sebelum BBM v2.0 ini rilis, sejatinya memang tidak ada fitur enter key yang disediakan oleh BBM. Pengguna hanya bisa berkirim chat, berdialog dalam group dengan jumlah user terbatas, tidak sebanyak BBM For Android v2.0 ini yang kini bisa digunakan hingga 50 orang dalam satu group.

Hingga akhirnya ada suatu pengembangan dengan hadirnnya module Xposed, semacam aplikasi yang dapat merubah segala parameter untuk semua metode pemanggilan class dan juga untuk menambah atau menghapus resources-resources dengan mudah, tanpa bongkar APK, edit smali, sign, tanpa harus bisa oprek Android, dan lain-lain.

Xposed memerlukan module untuk beroperasi. Salah satu module yang bisa dipakai untuk merubah tombol send menjadi tombol enter pada BBM For Android yakni BBMKeyboardLayout. Entah mengapa module yang sangat fungsionalitas ini sekarang tidak mau bekerja pada BBM v2. Entah karna script nya berbeda atau ada beberapa line yang harus dibenahi / ditambah agar support di BBM v2, hanya pengembangnya saja yang paham akan hal ini. Mungkin suatu saat nanti akan ada peningkatan BBMKeyboardLayout yang baru dengan penambahan fitur support BBM For Android v2.

Kemarin ada salah seorang visitor yang mengirimi komentar di artikel Merubah Tombol Enter BBM For Android dengan Xposed, ia mengeluhkan hal yang sama dengan isi artikel ini.

Cara Menambah Baris Baru Dengan Tombol Enter di BBM Android v2.0

Selain itu saya temui juga salah satu thread di forum CrackBerry, ia mengatakan bahwa pada BBM versi v1.x ia bisa mengaktifkan tombol enter dengan module Xposed namun hal ini tidak bekerja di BBM For Android v2.

Sayangnya tidak saya temui solusi dari thread tersebut.

Cara Menambah Baris Baru Dengan Tombol Enter di BBM Android v2.0

Bagi anda yang mempunyai jalan keluar terhadap cara menambah baris baru dengan tombol enter di BBM Android v2.0, bila berkenan silahkan anda beritahukan dengan mengisi kolom komentar dibawah nanti.

Update

BBMKeyboardLayout sudah update ke v2.3 yang support untuk BBM For Android v2.3.0.14. Silahkan unduh melalui link berikut : Download BBMKeyboardLayout v2.3. Untuk cara pemakaiannya, baca merubah tombol send menjadi enter di BBM For Android.

Code list :
  • @on = Untuk mengaktifkan tombol enter
  • @off = Untuk kembali ke tombol send

Cara Menambah Baris Baru Dengan Tombol Enter di BBM Android v2.3.0.14

Thanks to BBM Themes Engine.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.


Blog, Updated at: 12:37:00 AM

11 komentar:

  1. Maaf OOT

    Mas. Share dong cara install custom rom jelly bean 4.3 buat samsung galaxy young gt-s5360 ... Di gugel kebanyakan gak compatible

    ReplyDelete
  2. mkasih ya mas atas postnya...
    dri kemarin cari" carax, gak dapat..
    klo skarang uda dpat n uda ada tmbol enter..
    Thankz Bro... (Y)

    ReplyDelete
  3. Nahhh..ini yang saya cari trims ya Mas..apa kabarnya nih?

    ReplyDelete
  4. om saya gagal proses CWM nya,

    SetupConnection..
    can't open the serial (COM) port.
    all threads complete. (succeed 0/failed 1)

    salah dimana ya om ?

    ReplyDelete
  5. Wah punyaku di download kok jadi......htm
    Kasih solusinya gan

    ReplyDelete
  6. gan Code list yang
    @on
    @off
    itu diketik dimananya?

    ReplyDelete
  7. Makasih post nya mas.sangat membantu.hehehehe...
    www.manavin.com

    ReplyDelete
  8. postingan nya keren gan :v, kunbalnya gan :D http://kickdroid.blogspot.com/

    ReplyDelete
  9. mas, kode @on . @off di mana nya ya ?

    ReplyDelete
  10. Pake Aja Notepad
    Ketik di Notepad, copaz di BBM

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email