Cara Install Xposed Framework di Android Gingerbread

Posted by

Cara Install Xposed Framework di Android Gingerbread - Dulu sudah pernah saya ulas mengenai Xposed Framework buatan developer XDA rovo89 yang hanya bekerja pada Ice Cream Sandwich keatas saja (baca Xposed Framework - Cara Modifikasi ROM Tanpa Bongkar APK Android). Selain itu beberapa module Xposed yang bisa bekerja instant daripada bongkar pasang APK manual juga banyak saya share, terakhir module Enter Key BBM For Android v2.0 yang saya bahas.

Bagi yang belum tahu soal Xposed, sebenarnya apa itu Xposed Framework?

Salah satu fitur terpenting dari Xposed Framework adalah memungkinkan user memodifikasi isi dari suatu aplikasi tanpa harus membongkarnya dan modifikasi ini dilakukan pada saat aplikasi sedang / sudah berjalan. Dengan kata lain, tidak peduli apa ponsel Android anda atau ROM apa yang anda gunakan, asalkan anda sudah memasang framework ini, tidak perlu khawatir lagi untuk urusan oprek Android.

Dalam proses instalasi framework Xposed, pengguna diharuskan memiliki Android 4.0 keatas. Umumnya jika anda memakai sebuah custom ROM ICS+, kebanyakan custom ROM sekarang didalamnya sudah disematkan Xposed Framework dari sang pembuat karena Xposed saat ini sedang menjadi fitur trend.

Cara Install Xposed Framework di Android Gingerbread

Sebetulnya Xposed hanya support pada Ice Cream Sandwich ataupun Jelly Bean. Tapi untungnya, sekarang di XDA ada seorang member dengan nama liudongmiao telah berhasil mem-porting framework ini agar bisa berjalan di Android terdahulu yakni Gingerbread. Bahkan sepertinya Android Froyo 2.2 pun kini juga sudah support dengan framework ini.

Hal terpenting yang harus diingat, ini adalah aplikasi portingan (bukan app resmi buatan rovo89). Suatu hal yang wajar bila framework ini pada waktu instalasi / update mengalami problem karena Xposed Framework untuk Gingerbread ini juga tengah dalam masa pengembangan.

Baca original thread post berikut untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai Xposed Framework di Android Gingerbread, http://forum.xda-developers.com/showpost.php?p=44034334&postcount=2315.

Cara Mudah Install Xposed Framework di Android Gingerbread
  1. Backup ROM Android anda (NANDROID BACKUP) untuk berjaga-jaga bila terjadi brick / bootloop. Baca Cara Backup ROM Android Melalui CWM Recovery
  2. Download Xposed Installer melalui original thread diatas kemudian install
  3. Jalankan Xposed Installer
  4. Masuk ke bagian Framework, klik Install/Update
  5. Reboot perangkat anda
  6. Selesai
Have a nice day :)

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.


Blog, Updated at: 11:40:00 PM

2 komentar:

  1. yeeeeeee it's very cool. tanks mr.yusron krista. :grin:

    ReplyDelete
  2. gan gunanya xposed freamwork buat apa ??

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email