[Update] Cara Ampuh Mengosongkan Memori Internal Android

Posted by

[Update] Cara Ampuh Mengosongkan Memori Internal Android - Pubish tanggal 4 Januari 2014, update tanggal 4 Mei 2014. Update judul terlalu panjang & penjelasan jika ada beberapa menu yang tidak bisa dicentang dan masalah lain. Keterangan : Artikel asli bukan copy paste.

Secara umum bisa dipastikan bahwa seluruh pengguna Android rata-rata mengalami problem low memory space atau kekurangan space memori pada masing-masing ponsel Android nya. Hal ini bisa dilihat dari ukuran kebanyakan memori internal tiap-tiap Android dan ukuran aplikasi-aplikasi Android. Misalkan saja Samsung Galaxy Y Duos yang hanya memiliki kapasitas internal di kisaran 180MB, baru enam aplikasi yang di instal sudah kehabisan memori.

Kini, seiring berjalan waktu, ponsel-ponsel pintar ini sudah dibekali berbagai spesifikasi yang mewah jauh dari perkiraan kita. Memori internal 16GB, prosesor quad-core, RAM 1GB, OS Android Jelly Bean 4.3, mungkin sudah cukup membuat hidup anda sedikit lebih bergairah. Lantas bagaimana nasib smartphone-smartphone terdahulunya?

Untuk mengakali memori internal Android agar tetap longgar, ada berbagai teknik yang tiap-tiap orang menggunakan cara yang berbeda-beda. Ada yang hanya memindah aplikasi tanpa melakukan root dengan cara move to SD lewat system atau dengan Gemini App Manager, ada yang memakai Link2SD untuk memindah aplikasi Android ke SDCard, ada INT2EXT untuk memindah internal Android ke partisi kedua SDCard, banyak sekali. Apa yang anda pakai?

Baru-baru ini saya bereksperimen mencoba sebuah custom ROM Jelly Bean 4.3 yang saya temukan di forum XDA Developer untuk Xperia Mini saya. ROM nya terbilang cukup smooth dan stable, sudah tidak ada bug yang keluar, ramah untuk bermain game dan yang pasti menyisakan banyak sekali space internal. Namun sayang, ada sebuah kendala disini.

Dari dulu saya selalu memakai Link2SD untuk memindah aplikasi-aplikasi eksternal saya ke SDCard. Dengan menggunakan partisi EXT3, setelah saya lakukan flashing kemudian konfigurasi seperlunya langsung saya instal Link2SD tersebut. Entah apanya yang salah, Link2SD sudah sinkron dengan partisi kedua, sudah berhasil membuat link dari tiap-tiap aplikasi yang terinstal, namun setiap kali di reboot selalu file LIB nya menjadi ter-unlink semua. Dulu saya pernah mengalami kejadian serupa namun hanya dalvik-cache nya saja yang ter-unlink. Barang kali ini karena ROM yang saya pakai dan setelah itu mau tidak mau saya cari alternatif lain.

Sekarang saya memakai Mounts2SD. Hampir sama seperti Link2SD, namun sebetulnya ini berbeda.

Secara prinsip, Link2SD tidak memindah secara keseluruhan aplikasi-aplikasi eksternal anda melainkan hanya me-link saja ke second partition dengan catatan aplikasinya tetap di internal namun semuanya bertumpu ke second partition. Sedangkan Mounts2SD ini mirip dengan A2SD / DC2SD. Mounts2SD memindahkan aplikasi ke sd-ext (partisi kedua) tanpa membebankan memori internal Android. Mungkin hanya sedikit dari cache aplikasi anda saja yang sebagian masuk ke memori internal. Tak heran jika dengan menggunakan Mounts2SD ini internal anda akan benar-benar kosong dan lapang.

Cara Ampuh Mengosongkan & Melegakan Memori Internal Android
Memory Internal Android VS Second Partition SD Card

Cara Ampuh Mengosongkan & Melegakan Memori Internal Android

Cara Ampuh Mengosongkan & Melegakan Memori Internal Android
Sebagai rincian, data diatas saya ambil dengan 30an aplikasi pihak ketiga yang terinstall. Setelah memakai Mounts2SD, memori internalnya tetap free dan seluruh aplikasi saya itu masuk ke second partition (lihat gambar pertama). Tidak seperti pada waktu memakai Link2SD.

Cara Ampuh Mengosongkan & Melegakan Memori Internal Android dengan Mounts2SD
  • Pertama, install Mounts2SD ke smartphone anda. Mounts2SD bisa di download langsung via Play Store dan itu gratis
  • Kedua, buka Mounts2SD. Ikuti gambar dibawah ini :
Cara Ampuh Mengosongkan & Melegakan Memori Internal Android
Klik tombol opsi, pilih Application Settings

Cara Ampuh Mengosongkan & Melegakan Memori Internal Android
Klik Install Startup Script

Cara Ampuh Mengosongkan & Melegakan Memori Internal Android
Keluar dari Application Settings, geser ke tab kedua (gambar kunci inggris) cari Applications, Libraries, Data, & Dalvik Cache, lalu centang

Cara Ampuh Mengosongkan & Melegakan Memori Internal Android
Pilih driver, sesuaikan dengan jenis partisi kedua anda. Saya sendiri memakai EXT3
  •  Terakhir, reboot
Beres :) maka dengan otomatis setiap anda menginstal aplikasi, seluruhnya akan langsung berpindah ke partisi kedua. Tidak perlu create link seperti Link2SD karena Mounts2SD itu berbeda dengan Link2SD.

Soal bagaimana cara mempartisi SDCard, baca Tutorial Cara Mempartisi SD Card untuk Link2sd Android.

Semoga cara ampuh mengosongkan & melegakan memori internal Android ini berguna untuk anda semua.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.

Penjelasan jika ada beberapa menu (Applications, Libraries, Data, Dalvik Cache, Media, System Content) yang tidak bisa dicentang dan masalah lain : Sebelumnya saya beranggapan bahwa sepertinya hanya custom ROM tertentu saja (tidak untuk stock ROM, hanya anggapan saya) yang support memindahkan semua aplikasi beserta data-datanya melalui Mounts2SD ini.

Mungkin itu sedikit benar atau sepertinya rada melenceng mengingat custom ROM itu akan sangat maksimal jika developernya juga maksimal dan mempunyai wawasan yang banyak. Dari sebuah thread di XDA Developer bertema [Q&A] Mounts2SD - Storage & Memory Management, saya temukan sebuah komentar seperti pada gambar berikut :

[Update] Cara Ampuh Mengosongkan Memori Internal Android

Dari keterangan diatas bisa kita lihat,
  1. Can't disable Safe mode < Your init.d does not support safe-mode as you don't have a service implemented version. It's not used on your device, so no need to be able to disable it < init.d tidak support
  2. Can't mark libraries to be moved to sd-ext < Your not running Android 4.2+ which has /data/app-lib < System Android Anda tidak mendukung /data/app-lib yang mana hal ini hanya ada pada Android Jelly Bean 4.2 keatas saja. Terbukti pada tutorial diatas yang saya pakai memang custom ROM Jelly Bean 4.3 dan saya baru mengetahui permasalahan libraries bisa dicentang karena hal ini
  3. Can't mark System content to be moved < You don't have any system content in /data < You don't have any system content, bro
Bagaimana? Sudah bisa menganalisa apa yang kurang dan mana yang harus dimengerti? Semoga dari keterangan diatas bisa melancarkan niat Anda yang tetap bersikukuh menggunakan Mounts2SD ini.

Terima kasih.


Blog, Updated at: 12:28:00 PM

70 komentar:

  1. cara membuat partisi keduanya(EXT3) gimana mas

    ReplyDelete
  2. keren bener gan :D tapi itu sd card nya tetep harus yang kelas 10 ya? ._.v

    ReplyDelete
  3. itu kalo aplikasi nya pindah gitu, widgetnya masih bisa dipakai tidak gan? :O

    ReplyDelete
  4. trus trus kalo udah mindahin app nya mount2sd nya boleh di uninstall gak? atau udah ikut kepindah? XD maaf saya baru kepikiran pertanyaan nya abis selesai komen dari yang ke 1 hehe

    ReplyDelete
  5. gwe uda instal pas gwe buka gak bisa malah ada tulisan harus instal busybox gan ?
    minta solusinya :0

    ReplyDelete
  6. gwe uda instal tp pas gwe buka gak bisa malah ada tulisan instal busybox?
    ada solusi ga' gan yusron... thx

    ReplyDelete
  7. gan, w udh instal aplikasi na trus w buka muncul tulisan missing super user ?
    w bingung pa na yg slah, tlog bntuan na gan ?
    thanks.

    ReplyDelete
  8. mas Yus..kalau memakai Mounts2SD tsb- gimana menghapus cache juga dalvic cache nya mas?

    matur tengkiu mas Yus

    ReplyDelete
  9. mas yus, kalau memakai Mounts2SD tsb- gimana cara menghapus cache atau dalvic cachenya mas?

    matur tengkiu ya mas

    ReplyDelete
  10. Setelah nyoba2 pake aplikasi&tutor lain,, akhirnya nemu juga tutorial ini.. :D
    tapi pas di step (gambar 3) opsi Libraries (yg di tab 2 app set) ga bisa di centang gan,,

    so far ,,, it's working gann.. thanks

    ReplyDelete
  11. IT'S WORKING.. thanks gan

    Tapi pas di step (gambar 3) Libraries ga bisa dicentang.. apa harus pake 3rd app (mis:Link2SD) untuk (sekedar) mindahin Lib'nya gan.. ada saran gan?

    ReplyDelete
  12. kalau pengin aplikasi sistemnya tetap diinternal bisa gak?
    jadi yang di-move hanya data aplikasi sitemnya...
    serta data,app dan dv cache user aplikasi..
    trims

    ReplyDelete
  13. kalau yang pengin dipindahin semua app, dv dan data user aplikas plus data sistem aplikasii, tp app sistem tetap diinternal bisa gak?
    soalnya saya pernah nyoba pake link2sd extrem, interfacenya lemot banget,
    sedangkan link2sd hanya melink-kan lib. dari data aplikasi, file database dan lainnya tetap memenuhi internal
    trims

    ReplyDelete
  14. knp tak mau dibuka gan di hp ane

    ReplyDelete
  15. Cara mencentakan Lib nya gimana gan?
    Bagian Lib aja yang seperti Journal di bawah Driver jadi tidak bisa diberi tanda centang.
    Coba instal aplikasi, malah makan memori internal...

    ReplyDelete
  16. gan ini sama gak yah kayak Link2SD ? soalnya saya pake tutor Link2SD kok Memory App saya jadi "-" Mines , ada solusi gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo menurut pengalaman saya & tutor ini, beda gan..
      solusinya adalah ikuti tutor ini dgn benar gan..

      Insya allah berhasil gan..
      udah terbukti nih gayoungkat ane..

      Delete
  17. Punya ane kok kagak bisa dicentang yah bang

    ReplyDelete
  18. aku ikuti tutorial ini step by step sesuai yg diatas setelah reboot kog hasilnya ga ada, cek berhasil apa tidaknya dmn gan ???
    sebelum tutorial:

    penyimpanan internal

    total ruang : 0,98GB
    tersedia : 347MB
    aplikasi : 547MB
    cache data : 3,98KB
    serbaneka: 28,02MB

    sesudah tutorial & reboot : hasilnya ga berubah sama sekali.

    NB : partisi kedua fat32 bukan EXT3 seperti tutorial

    ReplyDelete
  19. aku ikuti tutorial ini step by step sesuai yg diatas setelah reboot kog hasilnya ga ada, cek berhasil apa tidaknya dmn gan ???
    sebelum tutorial:

    penyimpanan internal

    total ruang : 0,98GB
    tersedia : 347MB
    aplikasi : 547MB
    cache data : 3,98KB
    serbaneka: 28,02MB

    sesudah tutorial & reboot : hasilnya ga berubah sama sekali.

    NB : partisi kedua fat32 bukan EXT3 seperti tutorial

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikuti tutorial aja gan..

      Delete
  20. gan, ane pake cusrom cyanogenmod 7
    ane pake aplikasi ini kok FC trus ya??

    ReplyDelete
  21. kalau sudah pake link2sd apa msh bisa pk nmount2sd? hrus d unlink dl atau gimana?

    ReplyDelete
  22. Boz ane mw tanya.... Klo pke mounts 2sd
    SD card nya di partisi dlu ga.. ....?
    Partisi 32gb yg ideal kira2 bra
    Fat32.........
    Extr......
    S Linux nya.. ...........

    ReplyDelete
  23. berhasil gan thanks.

    ReplyDelete
  24. berhasil gan thanks

    ReplyDelete
  25. gan kok librariesnya gak bisa dicentang

    ReplyDelete
  26. gan setelah di instal mounts2sd koq galmin ane reboot trus y...solusinya gan

    ReplyDelete
  27. brasil sh d instal, tai ko ga da prubahan apa2 y..

    ReplyDelete
  28. instal aplikasi hrz 2

    ReplyDelete
  29. tiap kali Mounts2SD dipanggil kenapa force close terus ya? saya pake xperia x10 rooted, micro SD Samsung 32GB class10, partisi 26GB FAT32 primary, sisanya juga FAT32 primary.

    ReplyDelete
  30. kalo gak pake mempartisi sd card dulu apa bisa gan?

    ReplyDelete
  31. gan ane udh ngeinstall aplikasi mount2SD ny tpi kok pas aplikasinya d buka hape ane malah restart mulu ya? sebelumnya ane udh ngepartisi SD card ane gan sesuai tutorial yg sblumnya
    tolongin ya gan >.<

    ReplyDelete
  32. gan ane udh ngeinstall aplikasi mount2SD nya tpi pas aplikasinya d buka kok hape ane restart mulu ya? sebelumnya ane udh ngepartisi SD card ane gan
    tolongin yak >.<

    ReplyDelete
  33. cara mencentang libraries bagaimana? soalnya gak bisa di centang

    ReplyDelete
  34. apakah juga haru nge-root dulu??

    ReplyDelete
  35. gan ƘǟƪΦ sd card'y Ϟƍƍαк d partisi Ъϊśå Ϟƍƍαк?

    ReplyDelete
  36. Mas, pas masuk tab ke dua yang gambar kunci inggris, librariesnya ga bs di centang. pengaruh ga yak mas? makasih

    ReplyDelete
  37. sama tuh saya juga librarienya gak bisa di centang gimana tuh solusinya gan?? trus sesudah di reboot juga tetep aja internalnya masih penuh

    ReplyDelete
  38. Buat komen2 diatas..
    itu HPnya perlu di rooting dulu.. baru bisa jalanin tutorial di atas..
    >w<

    ReplyDelete
  39. uda diroot kok tapi tetep librariesnya ga bisa dicentang..

    ReplyDelete
  40. Untuk yang sudah pakai Link2sd bagaimana? Apa harus uninstall, unlink atau gmana? Kalau langsung download dan dijalankan, apakah bisa terjadi crash? Kemudian link2 yang di SD card apakah berpengaruh jika Mounts2sd dijalankan tanpa uninstall link2sd? Tks sebelumnya


    ReplyDelete
  41. nice tutor gan.,.,. sangat bermanfaat ane dah cobak dan work,.,.
    v cuma satu nih gan librari,a gg bisa di centang

    ReplyDelete
  42. di root dlu gan

    ReplyDelete
  43. gan libraries gabisa dicentang... help gan, pengaruh nggak nih

    ReplyDelete
  44. Pubish tanggal 4 Januari 2014, update tanggal 4 Mei 2014. Update judul terlalu panjang & penjelasan jika ada beberapa menu yang tidak bisa dicentang dan masalah lain. Keterangan : Artikel asli bukan copy paste.

    ReplyDelete
  45. kalo mau ngebalikin aplikasinya ke memori internal lagi gimana gan ?

    ReplyDelete
  46. bro... tuk partisi kedua plg bagus pke format apa?? ext2, ext3, ext4, FAT 16/32, ane pke FAT32 tp ga kebaca...

    xperia ray user

    ReplyDelete
  47. sementara ditest belum tau apa, tapi kayaknya jalan di cusrom kitkat 4.4.2

    ReplyDelete
  48. partisi tergantu dari system hh kita, cari yg mana yg cocok

    ReplyDelete
  49. gan tempat ane kok dalvik,data,librari gak bsa di cetang, tolong bantuanya ya gan

    ReplyDelete
  50. hp udah diroot sama dipartisi?

    ReplyDelete
  51. makanya pake OS android yg Jelly bean versi trbaru gan atau Kitkat skalian gk perlu LINK2SD lg sdah disediain fiturnya memindahkan aplikasi apalagi klo dah memory internal 8-16GB ram 1-2GB cmiwwww bener2 dimanjain

    ReplyDelete
  52. udah ane ikutin semuanya gan, yg ga mau cuma libray nya aje dicentang, emang masih 4.04, kalo instal game masih ke internal storage...
    apa yang salah gan ?

    ReplyDelete
  53. setelah di mounts2sd banyak aplikasi .apk yg tidak bisa di instal......mau download di playstore malah ada peringatan "package file is invalid"

    ReplyDelete
  54. Knp di samsung galaxy young GT-S6310 kg bsa

    ReplyDelete
  55. kalo mau tanya tentang android invite nih 7FC1A099

    ReplyDelete
  56. Gan ini partisi ke dua apa harus primary dan ext3 bukan FAT32 gan mohon pencerahan soalnya gak bisa .

    ReplyDelete
  57. mau tanya min. Ane pake galaxy young s6310 ruang device memory ane yang terisi 1,2GB trus yang kosong sekitar 347MB. setelah ikutin tutorial ini masih tetap segitu. dan setelah instal aplikasi malah semakin berkurang kapasitas internalnya. tolong bantuannya min. tengkiu

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email