News

Cara Mengaktifkan Init.d Pada Android Tanpa Ganti Kernel

Cara Mengaktifkan Init.d Pada Android Tanpa Ganti Kernel - Berbicara soal artikel Menambah RAM dan Meningkatkan Performa Android yang pernah saya publikasikan, disana tertulis 'pindahkan Juwe RAM Script ke folder init.d lalu rubah permissionnya'. Dari situ muncul sebuah kejanggalan. Bagaimana bila folder init.d tidak ada? Apa kita harus membuatnya manual?

Pertanyaan tersebut sering keluar dari para pembaca lewat komentar dan jejaring sosial termasuk Whatsapp. Terakhir pertanyaan keluar dari mas Ichin yang berkomentar Mau tanya, emang nggak masalah kalau init.d nggak ada, trus kita buat sendiri ?. ini dah pakai A18, tak test, cuma... mentoks saat mau bikin init.d Kok beberapa tmn bicara, init.d nggak bisa sembarangan dibuat... mohon pencerahannya.

Baik saya jelaskan. Init.d atau yang sering kita sebut folder init merupakan folder yang sangat penting dalam hal kustomisasi android. Gunanya init.d yaitu untuk menjalankan script modifikasi pada saat ponsel reboot seperti script tweak baterai, ram, cpu, app2sd, dan lain sebagainya.

Biasanya folder Init.d sudah langsung ada disetiap custom kernel. Nah, bagi yang Init.d nya belum ada, saya pastikan android anda masih original dan belum diapa-apakan :)

Menjawab pertanyaan diatas, benar. Init.d tidak bisa kita buat sendiri. Tidak bisa kita buat seenaknya lalu kita bebas paste ini paste itu didalamnya. Oleh karena itu, silahkan ikuti tutorial dibawah ini dengan cermat.

Berikut persyaratan yang harus dipenuhi sebelum anda mengaktifkan folder Init.d :
  • Ponsel harus sudah di root
  • Install Busybox versi terbaru yang compatible dengan ponsel android anda. (Download Busybox via Playstore) INGAT! Setelah Busybox terinstall hendaknya anda me-reboot ponsel anda terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke tahapan berikutnya
Cara Mengaktifkan Init.d Pada Android Tanpa Ganti Kernel menggunakan APK Installer
  • Download aplikasi Universal Init.d Support
  • Install
  • Jalankan Universal Init.d Support
  • Klik tombol Activate lalu Verify
  • Reboot ponsel anda
Untuk melihat apakah Init.d sudah aktif, buka folder data/ pada direktori root kemudian cari apakah file Test.log ada disana. Bila ya, selamat :)

Universal Init.d Support
Universal Init.d Support
 Cara Mengaktifkan Init.d Pada Android Tanpa Ganti Kernel menggunakan Flash Zip
  • Download zip-init.zip kemudian taruh di SDCard
  • Reboot ponsel android anda kemudian masuk ke recovery (CWM)
  • Flash seperti biasa
  • Reboot ponsel anda
Untuk melihat apakah Init.d sudah aktif, buka folder data/ pada direktori root kemudian cari apakah file Test.log ada disana. Bila ya, selamat :)

Cara Mengaktifkan Init.d Pada Android Tanpa Ganti Kernel menggunakan Terminal Emulator
  • Download term-init.sh kemudian taruh di SDCard (jangan didalam folder apapun)
  • Buka Terminal Emulator anda. Bila belum punya bisa download di Playstore
  • Ketik "su" tanpa tanda kutip untuk mendapatkan akses SuperUser
  • Ketik "sh /sdcard/term-init.sh" tanpa tanda kutip untuk mengeksekusi term-init.sh
  • Ikuti langkah-langkah yang keluar
  • Reboot ponsel anda
Untuk melihat apakah Init.d sudah aktif, buka folder data/ pada direktori root kemudian cari apakah file Test.log ada disana. Bila ya, selamat :)

Terminal Emulator
Terminal Emulator

Jadi begitulah Cara Mengaktifkan Init.d Pada Android Tanpa Ganti Kernel. Mudah-mudahan bermanfaat dan anda tidak lagi bingung cara membuat folder Init.d.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.

Share this post

Menambah Performa Android dengan Rakun Optimizer

Menambah Performa Android dengan Rakun Optimizer - Jangan bingung kalau ponsel android anda terasa begitu lambat. Sekarang sudah banyak aplikasi yang berguna untuk mengoptimasi kinerja android anda supaya performanya bertambah kencang, lag hilang, no blank apalagi ngehang.

Beberapa waktu yang lalu banyak saya bahas soal optimasi android untuk menambah ram serta kinerja android. Kurang lebih sudah sampai seri ke lima saya menulisnya.

Mungkin bagi anda artikel tersebut banyak yang bermanfaat atau mungkin terlalu newbie untuk dilakukan. Yap, sebenarnya memang blog yang saya gunakan ini saya buat sedemikian rupa sesimpel mungkin supaya mudah navigasinya dengan bahasa indonesia yang sedikit baku supaya jelas bila dibacanya dan setiap tutorial di blog ini saya berikan dengan cara yang paling mudah dipahami.

Berikut referensi yang bisa anda baca :
Rakun Optimizer
Ada banyak langkah-langkah mengoptimasi android anda. Mulai dari cara yang paling sederhana sampai cara advanced yang sedikit sulit bila tidak dicermati.

Pernah dengar Supercharger V6? * saya anggap pernah atau silahkan search di Google untuk yang penasaran * Bagi anda yang baru mengenal android pasti sedikit kesusahan pada waktu instalasi Supercharger V6. Supercharger V6 adalah sebuah script buatan seorang developer di XDA yang berfungsi mengoptimalkan android anda secara menyeluruh. Sangat menyeluruh.

Script tersebut merupakan script paling ampuh yang pernah ada guna membuat android anda lebih kencang.

Baik saya anggap anda benar-benar kesulitan pada waktu instalasinya. Sekarang apa? Ada optional lain untuk menginstall Supercharger V6. Sebuah aplikasi (APK) yang dikembangkan oleh Maxiandroid yang bernama Rakun Optimizer patut anda coba.

Rakun Optimizer adalah sebuah aplikasi android yang lumayan kecil ukurannya dimana script Supercharger V6 disisipkan kedalam Rakun Optimizer dengan sedikit modifikasi oleh pengembangnya ditambah tampilan UI yang friendly supaya mudah pengaplikasiannya.

Apa bedanya Rakun Optimizer dengan optimizer-optimizer lainnya?
  1. Rakun optimizer secara otomatis mendeteksi hardware perangkat anda kemudian memasukan optimizer sesuai dengan perangkat anda, sehingga anda tidak perlu lagi bingung memilih parameter yang terkadang jika salah memilih preset maka akan menyebabkan hardbrick/bootloop atau system tidak stabil. Rakun optimizer memberi kemudahan tersebut
  2. Kinerja perangkat akan meningkat antara 10-30%, baterai akan sedikit lebih irit (dengan pemakaian yang sama) disebabkan pemakaian energi dari baterai yang berlebih diakhiri
  3. Pemakaian cukup mudah dengan sekali klik saja
  4. Compatible/support dengan hampir sebagian besar ROM (dari donut hingga ICS bahkan Jelly Bean * sudah ditest *) maupun custom rom, dan sebagian besar perangkat
Untuk anda yang berminat ingin mencobanya, silahkan download Rakun Optimizer disini.

Berikut cara instalasi & penggunaan Rakun Optimizer :
  1. Install aplikasi Rakun Optimizer
  2. Buka aplikasinya, pilih Allow permission bila dialog SuperUser keluar
  3. Untuk optimasinya pertama pilih Rakun Optmizer I, setelah selesai anda akan disuruh untuk mereboot ponsel anda. Jika ingin ponsel anda lebih optimal jangan direboot tapi lanjutkan ke Rakun Optimizer II disusul Rakun Optimizer III. *saran, lakukan hingga yang ke III
  4. [KHUSUS] Setelah melakukan optimisasi sampai yang ke III, jangan direboot terlebih dahulu, tetapi klik menu dan pilih Bersihkan cache
  5. Setelah Bersihkan cache, silahkan reboot ponsel android anda
Rakun Optimizer akan secara otomatis bekerja didalam system anda. Rasakan perbedaannya.

Sebagai catatan setiap anda melakukan optimasi Rakun Optimizer dari I hingga III, Rakun akan mengaplikasikan script nya ke system. Setiap tahapan juga berbeda script nya. Setelah script terinstall di system, Rakun tidak memiliki hak akses lagi untuknya. Jadi kesimpulannya walaupun anda hapus aplikasi Rakun Optimizer karena anda merasa aplikasi ini tidak memberikan hasil, script yang diaplikasikan tadi tetap berjalanan di system. Untuk menghapusnya secara menyeluruh/total silahkan flash ROM anda .

FAQ, buka original source.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.

Share this post

Tutorial Cara Root Sony Xperia Mini (PRO) ST15 SK17

Tutorial Cara Root Sony Xperia Mini (PRO) ST15 SK17 - Melanjutkan artikel soal rooting keluarga Xperia, kali ini yang mendapat jatah tutorial rooting yaitu Xperia Mini dan Xperia Mini Pro.

Sudah tahu kedua ponsel tersebut kan? Xperia mini bentuknya biasa seperti ponsel layar sentuh pada umumnya. Sedangkan Xperia mini pro juga sama. Bedanya terdapat tombol qwerty dibawahnya.

Berhubung tutorialnya itu sama antara Xperia mini dengan yang Pro jadi saya buat dalam satu artikel (sama seperti Tutorial Cara Rooting Samsung Galaxy Ace 1 Dan 2). Baik langsung saja kita mulai. Anda kesini mencari tutorial bukan untuk membaca kalimat-kalimat saya yang 'kosong' ini :p

Tutorial sebelumnya :
Baik Tutorial Cara Root Sony Xperia Mini (PRO) ST15 SK17 tergolong sedikit ribet mengingat Xperia Mini (Pro) mulanya mengadopsi Gingerbread dan saat ini sudah mendapat official ROM Ice Cream Sandwich.

*Untuk anda yang membaca artikel ini dan bingung jangan sungkan-sungkan bertanya
*Do With Ur Own Risk

Tutorial Rooting Xperia Mini (Pro) Khusus Gingerbread
  • Download DooMLoRD_v4_ROOT-zergRush-busybox-su.zip kemudian ekstrak kedalam satu folder
  • Aktifkan USB Debugging di Settings < Applications < Development dan Unknown Sources di Settings < Applications
  • Sambung ponsel xperia mini (pro) anda ke komputer/laptop menggunakan kabel USB. Pastikan driver ponsel anda sudah terinstall
  • Buka RUNME.bat
 Kurang lebih seperti ini isi RUNME.bat :

 -------------------------------------------------------------------------
                  Easy rooting toolkit (v4.0)
                    created by DooMLoRD
         using exploit zergRush (Revolutionary Team)
    Credits go to all those involved in making this possible!
 -------------------------------------------------------------------------

[*] This script will:
      (1) root ur device using latest zergRush exploit (16 Nov)
      (2) install Busybox (1.18.4)
      (3) install SU files (binary: 3.0.3 and apk: 3.0.6)
 
[*] Before u begin:  
      (1) make sure u have installed adb drivers for ur device
      (2) enable "USB DEBUGGING"
            from (Menu\Settings\Applications\Development)
      (3) enable "UNKNOWN SOURCES"
            from (Menu\Settings\Applications)
      (4) [OPTIONAL] increase screen timeout to 10 minutes
      (5) connect USB cable to PHONE and then connect to PC

  • Klik sembarang tombol untuk memulai proses rooting
  • Tunggu beberapa saat hingga software selesai menuntaskan pekerjaannya
Bila sudah ponsel akan reboot secara otomatis dan lihat di menu aplikasi, pastikan ada app SuperUser disana :) mudah bukan?


Tutorial Rooting Xperia Mini (Pro) Khusus Ice Cream Sandwich

Pada ICS kita tidak bisa memakai Easy rooting toolkit. Bisanya hanya di Gingerbread. Jadi bagaimana solusinya? Silahkan disimak.
  • Download stock firmware ICS untuk Xperia Mini disini dan untuk Xperia Mini Pro disini
  • Download Flashtool lalu install
  • Download Xperia-ROOT.Rev4.zip
  • Ekstrak firmware (FTF) ICS ke C:/flashtool/firmwares/ dan ekstrak juga Xperia-ROOT.Rev4 kedalam satu folder
  • Aktifkan USB Debugging di Settings < Applications < Development dan Unknown Sources di Settings < Applications
  • Sambung ponsel xperia mini (pro) anda ke komputer/laptop menggunakan kabel USB. Pastikan driver ponsel anda sudah terinstall
  • Eksekusi file 01-local-prop.cmd hasil ekstrak dari Xperia-ROOT.Rev4
  • Ikuti langkah-langkahnya
  • Selanjutnya flash Xperia Mini (Pro) anda menggunakan flashtool tapi jangan dicentang wipe data nya. (Baca Tutorial Cara Flashing Xperia X10 Mini Pro Menggunakan Flashtool sebagai referensi)
INGAT! JANGAN DICENTANG WIPE DATA NYA ATAU PROSES ROOTING INI GAGAL.

DON'T WIPE DATA
  • Eksekusi file 02-push-root-files.cmd hasil ekstrak dari Xperia-ROOT.Rev4
  • Selesai :)
Perlu saya terangkan bahwa file 01-local-prop.cmd diatas berfungsi untuk membuat /data/local.prop sedangkan 02-push-root-files.cmd untuk menginstall SuperUser dan Busybox ke system.

Setelah anda menyelesaikan tahap akhir, periksa di menu aplikasi apakah SuperUser ada disana :) bila ada, selamat.

Jadi begitulah Tutorial Cara Root Sony Xperia Mini (PRO) ST15 SK17 ini. Memang sedikit rumit namun bila anda membacanya terlebih dahulu dengan teliti pasti anda akan paham.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.

Share this post

Cara Menggunakan SuperOneClick Untuk Rooting Android

Cara Menggunakan SuperOneClick Untuk Rooting Android - Baik rooting android untuk setiap jenis ponsel berbeda-beda. Saat ini yang paling mudah proses rootingnya yaitu Samsung Galaxy. Karena apa? Prosesnya lumayan mudah. Tinggal kita download file SuperUser zip nya lalu kita flash melalui recovery, beres. SuperUser muncul di menu apps dan itu tandanya Samsung Galaxy anda sudah ter-root.

Tapi bagaimana untuk ponsel android yang lain? Apakah sama seperti Samsung Galaxy yang tergolong gampang menggunakan file zip? Sebagian ada yang sama, sebagian juga tidak. Tergantung dari vendor dan tipe. Tapi ada hal baru yang harus anda ketahui. Ada sebuah software khusus untuk rooting yang support untuk me-root berbagai macam jenis ponsel android dari vendor yang berbeda-beda pula. Namanya SuperOneClick.

SuperOneClick
SuperOneClick atau SOC yang mendapat gelar NO.1 tool to root any android device (Sumber : CNet) adalah sebuah software kecil untuk Rooting dan juga bisa untuk Unrooting berbagai jenis ponsel android. Kita harus menyambungkan ponsel ke komputer dengan kabel USB sebagai media transfer untuk proses rooting/unrooting.

Berikut ini list ponsel yang compatible dengan Superoneclick :
  • Acer Liquid Metal
  • Dell Streak
  • HTC Magic (Sapphire) 32B
  • HTC Bee
  • LG Ally
  • Motorola Atrix 4G
  • Motorola Charm
  • Motorola Cliq
  • Motorola Droid
  • Motorola Flip-side
  • Motorola Flip-out
  • Motorola Milestone
  • Nexus One
  • Samsung Captivate
  • Samsung Galaxy 551 (GT-I5510)
  • Samsung Galaxy Portal/Spica I5700
  • Samsung Galaxy S 4G
  • Samsung Galaxy S I9000
  • Samsung Galaxy S SCH-I500
  • Samsung Galaxy Tab
  • Samsung Transform M920
  • Samsung Vibrant
  • Sony Ericsson Xperia E15i X8
  • Sony Ericsson Xperia X10
  • Sprint Hero
  • Telus Fascinate
  • Toshiba Folio 100
Dulu pernah saya posting Tutorial Cara Root Sony Xperia X8 Shakira yang juga memakai software Superoneclick ini.

Untuk anda yang mempunyai ponsel yang tertera pada daftar ponsel diatas, silahkan mencobanya. Dijamin work 100% :)

Cara penggunaannya,
  1. Pastikan anda sudah menginstall driver khusus untuk ponsel anda
  2. Pastikan komputer anda sudah mendukung .NET Framework 2.0 keatas.  Klik disini untuk download .NET Framework 2.0
  3. Download Superoneclick terbaru (v2.3.3) dari situs resminya (http://shortfuse.org/) setelah itu ekstrak
  4. Jalankan Superoneclick
  5. Sambung ponsel anda ke komputer/laptop dalam kondisi menyala dan pastikan ponsel benar-benar terhubung
  6. Klik Root pada tab menu dibagian atas
  7. Ikuti petunjuk-petunjuk yang keluar
Setelah proses rooting selesai coba anda lihat di menu aplikasi apakah ada Superuser terpampang nyata disana :) bila ya, berarti selamat ponsel anda sekarang berstatus ROOTED.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.

Share this post

Cara Mengganti Baseband 015 X8/10 Mini/Pro

Cara Mengganti Baseband 015 X8/10 Mini/Pro - Langkah awal sebelum anda merubah versi android anda ke tingkat yang lebih tinggi menggunakan custom ROM yaitu mengganti Baseband.

Baseband berhubungan erat dengan kernel. Apa sih baseband itu? Baseband adalah sebuah komponen yang umumnya terdapat pada ponsel yang berguna mengelola fungsi perangkat yang berhubungan dengan antena penerima sinyal.

Baseband memiliki sebuah RAM dan firmware tersendiri.

Setiap perangkat yang memiliki antena penerima sinyal 3G pasti memiliki baseband. Baseband inilah yang menentukan apakah suatu perangkat tersebut dapat di modif atau tidak.

Pada Xperia biasanya memiliki bermacam-macam jenis baseband. Biasanya pada stock ROM mempunyai baseband berakhiran 006. Ada juga yang 015.

Sehubungan dengan upgrade android ketingkat yang lebih tinggi, upgrade baseband itu perlu. Alasannya selain karena himbauan oleh pihak developer yang umumnya menyertakan syarat harus menggunakan baseband 015, tanpa mengganti baseband ponsel android anda akan rusak. Itu terjadi karena kernel yang anda flash nantinya tidak sejalan dengan baseband yang ada.

Baik Cara Mengganti Baseband 015 X8/10 Mini/Pro itu tergolong mudah. Tinggal kita flash baseband nya seperti kita memflash kernel seperti biasanya menggunakan Flashtool.

Pertama-tama download Flashtool disini. Setelah itu download baseband dibawah ini, sesuaikan dengan tipe dan jenis ponsel Xperia anda.

*Ingat, pada saat flashing ponsel dalam keadaan mati.

Sesudah itu check di menu Settings < About Phone. Disana akan tertera informasi mengenai versi android, kernel android, termasuk juga versi baseband. (Lihat pada gambar diatas)

Mudah bukan?

Selamat anda sudah berhasil mengikuti Cara Mengganti Baseband 015 X8/10 Mini/Pro :)

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.

Share this post

Cara Mudah Unlock Bootloader Xperia X8/X10 Mini/Pro

Cara Mudah Unlock Bootloader Xperia X8/X10 Mini/Pro - Dalam hal merubah stock firmware Xperia X8/X10 Mini/Pro ke versi yang lebih tinggi lagi, langkah dasar yang harus dilakukan sebelum ganti kernel yaitu Unlock Bootloader.

Bootloader, apa sih itu? Bootloader adalah suatu program yang sudah tertanam pada suatu sistem operasi untuk mem-boot atau memanggil sistem operasi yang ada pada internal. Bootloader ini digunakan untuk memanggil kernel suatu sistem operasi.

Lalu apa gunanya di Unlock? Seperti yang sudah kita ketahui selama ini bahwa Android sangat men-secure system mereka hingga pada akhirnya kita harus melakukan proses rooting supaya system bisa kembali terbuka dengan jaminan garansi hilang dan segala kerusakan system ditanggung oleh kita sendiri. Sama halnya Bootloader. Bootloader menjadi unsur penting tidak hanya pada Android namun pada seluruh system operasi.

Kebanyakan Custom ROM saat ini telah menggunakan kernel yang sudah dimodifikasi oleh pihak pengembangnya. Lantas sudah jelas kita harus mengganti kernelnya bila ingin mencoba Custom ROM tersebut.

Nah, tanpa Unlock Bootloader kita tidak bisa seenaknya menggonta-ganti kernel sesuka hati. Bila diibaratkan rooting itu membuka kuncinya system sedangkan unlock bootloader itu membuka kuncinya kernel. Sudah jelas? :)

S1Tool
Terakhir yang harus anda ketahui, macam-macam Xperia kan banyak. Kenapa hanya mereka bertiga yang saya sebut diatas? Alasannya cukup singkat, karena mereka berbeda :)) karena mereka ARMv6.

Baik mari kita mempelajari Cara Mudah Unlock Bootloader Xperia X8/X10 Mini/Pro ini.

[PERINGATAN] Ini merupakan tutorial yang sangat berbahaya, kemungkinan handphone bisa mati total setotal-totalnya dan kemungkinan juga pihak Service Center tidak dapat memperbaiki ponsel android anda.

[KHUSUS X8] Buka kesing belakang X8, buka dan lihat bagian bawah baterai. Bila tertulis kode 11W28 ke bawah berarti aman untuk diunlock, namun jika 11w29 keatas bisa dipastikan X8 anda akan mati total. 

A. Persiapan

  • Pastikan Xperia anda sudah diroot (Baca daftar isi untuk tutorial rooting)
  • Download S1Tool
  • Download msm7227
  • Aktifkan mode USB Debugging di menu Settings < Application < Development
B. Fase Eksekusi
  • Ekstrak kedua file yang sudah anda download, jalankan S1Tool, pilih Identify.
  • Setelah muncul peringatan bahwa anda di suruh menghubungkan ponsel anda, matikan ponsel lalu tekan tombol Back dan tancap ponsel anda ke PC.
  • S1Tool akan membaca HP anda.
Perhatikan logcat berikut :

9/9/2011 21:45:13 PLEASE ATTACH TURNED OFF PHONE NOW
9/9/2011 21:45:13
9/9/2011 21:45:46
9/9/2011 21:45:46 RUNNING S1_EROM VER "R8A029"
9/9/2011 21:45:46 SOFTWARE AID: 0001
9/9/2011 21:45:46 LOADER AID: 0001
9/9/2011 21:45:49 FLASH ID: "002C/00BC"
9/9/2011 21:45:49 LOADER VERSION: "R4A045"
9/9/2011 21:45:49
9/9/2011 21:45:49 MODEL (from GDFS): X8
9/9/2011 21:45:49 SOFTWARE VERSION: 1236-9291_2.1.1.A.0.6
9/9/2011 21:45:49 CUSTOM VERSION: 1241-3178_R1B
9/9/2011 21:45:49 FILESYSTEM VERSION: WORLD-1-8_2.1.1.A.0.6
9/9/2011 21:45:49 SERIAL NO: CB511SPH7Q
9/9/2011 21:45:49
9/9/2011 21:45:49 SEMC SIMLOCK CERTIFICATE

Yang perlu dicatat, LOADER VERSION: "R4A045" yang memiliki huruf "R" besar pada R4A045 nya yaitu Bootloader belum diunlock. Bila tertulis 'r' kecil, maka ponsel tersebut sudah terunlock.

Pastikan kalimat terakhir berbunyi SEMC SIMLOCK CERTIFICATE bukan NOT RECOGNISED SIMLOCK CERTIFICATE.

Selanjutnya cabut dan nyalakan ponsel anda, buka folder msm7227 yang sudah anda ekstrak.

Bila pada langkah sebelumnya anda mendapati SEMC SIMLOCK CERTIFICATE, buka msm7227_semc.cmd. Sedangkan NOT RECOGNISED SIMLOCK CERTIFICATE, msm7227_Setool2.cmd. (Bahaya! Jangan sampai terbalik)

Perhatikan isi command prompt berikut :

process requires standard 2.x android firmware. Press any key to continue . . .
Getting ROOT rights. 1743 KB/s (585731 bytes in 0.328s)
error: protocol fault (no status)
Waiting ...
Removing NAND MPU restrictions via SEMC backdoor. Permanent.
Require ROOT rights.
192 KB/s (3087 bytes in 0.015s)
success
Waiting ...
Getting ROOT rights. Waiting ...
Writing patched semcboot.
Two step process First, we need get access to semcboot area 504 KB/s (8064 bytes in 0.015s) Second, we need to write semcboot ;) 1130 KB/s (596916 bytes in 0.515s)
successfully wrote 0003ff00 Press any key to continue . . .

Setelah anda mengeksekusi file cmd tadi, pastikan isi command prompt nya sesuai/success seperti pada kalimat diatas. Apabila ya, maka kemungkinan besar anda telah berhasil meng-Unlock Bootlader xperia anda.

Buka S1Tool, klik Identify kemudian tancap & tahan tombol back dalam keadaan ponsel mati seperti pada langkah-langkah sebelumnya lalu perhatikan logcat berikut :

9/9/2011 21:41:44 Welcome to S1 identify tool
9/9/2011 21:45:13
9/9/2011 21:45:13 TO CONNECT NEXT PHONES
9/9/2011 21:45:13 X10 Xperia,E10 Xperia Mini,E15 Xperia X8,U20 Xperia Mini Pro
9/9/2011 21:45:13 LT15 Xperia ARC,MT15 Xperia NEO,R800 Xperia PLAY
9/9/2011 21:45:13 PRESS AND HOLD "BACK" BUTTON...
9/9/2011 21:45:13
9/9/2011 21:45:13 PLEASE ATTACH TURNED OFF PHONE NOW
9/9/2011 21:45:13
9/9/2011 21:45:46 9/9/2011 21:45:46 RUNNING S1_EROM VER "r8A029"
9/9/2011 21:45:46 SOFTWARE AID: 0001
9/9/2011 21:45:46 LOADER AID: 0001
9/9/2011 21:45:49 FLASH ID: "002C/00BC"
9/9/2011 21:45:49 LOADER VERSION: "R4A045"
9/9/2011 21:45:49
9/9/2011 21:45:49 MODEL (from GDFS): X8
9/9/2011 21:45:49 SOFTWARE VERSION: 1236-9291_2.1.1.A.0.6
9/9/2011 21:45:49 CUSTOM VERSION: 1241-3178_R1B
9/9/2011 21:45:49 FILESYSTEM VERSION: WORLD-1-8_2.1.1.A.0.6
9/9/2011 21:45:49 SERIAL NO: CB511SPH7Q
9/9/2011 21:45:49
9/9/2011 21:45:49 SEMC SIMLOCK CERTIFICATE
9/9/2011 21:45:49 Elapsed:36 secs.

Seperti yang sudah saya katakan, Unlocked bertanda "R" besar dan Unlock bertanda "r" kecil. Selamat :)

Semoga membantu

*DO WITH YOUR OWN RISK. Segala kerusakan bukan menjadi tanggung jawab saya. Tutorial diatas sudah berhasil diujikan di Xperia X8 dan X10 Mini tanpa ada kendala suatu apapun.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.

Share this post

Cara Menambah RAM dan Mempercepat Performa Kinerja Android Bag. V

Cara Menambah RAM dan Mempercepat Performa Kinerja Android Bag. V - Lanjut kita membahas masalah meringankan kinerja android dengan mudah dan insya allah aman. Saat ini sudah memasuki bagian ke lima mengenai cara menambah ram dan performa android di blog ini.
 
Untuk anda yang ketinggalan/belum mengikuti tutorial sebelumnya, silahkan baca dulu referensi dibawah ini :
Baik, android memang bukan system operasi biasa. Android itu open source. Kita diperbolehkan membongkar luar dalamnya system operasi android semau kita pastinya dengan catatan segala resiko yang terjadi ditanggung oleh kita sendiri.
 
Ngomong-ngomong masalah system, kita berbicara soal aplikasi. Sudah tentu aplikasi-aplikasi bawaan android yang tidak bisa dihapus manual yang selalu ada disetiap android itu letaknya di system. Jenisnya ada dua. Odex dan DeOdex. Mari kita pelajari :)
 
Apakah ODEX itu? Apakah DEODEX itu?
 
Dalam file sistem Android, setiap aplikasi berbentuk paket dengan extensi APK. Paket aplikasi atau APK ini mempunyai file ODEX yang fungsi sebenarnya yaitu untuk menghemat ruang penyimpanan. File ODEX tersebut sebenarnya koleksi bagian dari aplikasi yang di optimalkan sebelum proses boot.

Dengan begitu, adanya file ODEX akan mempercepat proses BOOT karena meload bagian dari aplikasi-aplikasi yang ada. Di sisi lain, adanya ODEX mempersulit proses hacking terhadap APK, karena beberapa bagian dari APK telah di extract dan berada di lokasi yang lain sebelum bisa di eksekusi.
 
Proses Deodexing singkatnya adalah proses pengepakan kembali APK dengan ODEX dengan cara tertentu. Proses pengepakan ini akan menjadikan file dengan nama CLASSES.DEX. Dengan melakukan DeOdexing, semua paket dari APK yang sebelumnya terpisah akan di satukan kembali di satu file APK, sehingga menghilangkan kecemasan bahwa APK yang dimodifikasi akan konflik dengan beberapa file ODEX.
 
Jadi kita sudah mengetahui bahwa Odex dan DeOdex itu tidaklah sama. Saya ulang kembali, aplikasi android memiliki dua bagian yaitu APK dan ODEX. DeOdex sendiri merupakan hasil penggabungan antara APK dan ODEX. Extensi DeOdex juga hanyalah berupa file APK saja (tanpa ada file ODEX yang menyertainya karena file ODEX sudah dimasukkan kedalamnya menjadi satu).
 
Lalu apa yang akan kita dapat bila aplikasi system android kita menjadi ODEX atau DEODEX?
 
Keuntungan adanya DeOdex adalah lebih ke kemungkinan modifikasi. Yang biasanya di gunakan pada custom ROM dan pemberian themes. Developer yang mengembangkan custom ROM biasanya melakukan proses DeOdex terlebih dahulu, karena dengan DeOdex, dia bisa merubah banyak paket APK dengan tetap bisa melakukan perubahan themes.
 
Disisi lain, karena file ODEX sebenarnya di tujukan untuk mempercepat pembangunan Dalvik Cache, menghilangkannya akan membuat waktu booting lebih lama. Akan tetapi hal ini benar untuk proses pertama booting, karena cache dalvik saat pertama masih kosong, akan tetapi cache ini akan otomatis terisi dengan seiring waktu aplikasi-aplikasi dijalankan. Proses boot yang lama mungkin kembali terjadi jika, cache dalvik terhapus karena alasan tertentu.
 
Dari pengertian diatas bisa kita simpulkan bahwa system aplikasi yang berjenis ODEX akan lebih cepat proses kinerjanya dibandingkan dengan DEODEX karena file ODEX itu membantu performa dalvik cache. Namun dilain hal ODEX akan menyulitkan kita untuk modifikasi aplikasi. Karena apa? APK dan ODEX nya terpisah.
 
Jadi apa yang dapat anda ambil dari artikel bagian ke lima ini? :)
 
Benar, mari kita ODEXkin android kita kalau anda menginginkan kinerja android yang maksimal.

*PERHATIAN! HANYA UNTUK CUSTOM ROM SAJA. TIDAK UNTUK OFFICIAL ROM.

A. Persiapan
  • Sebelum menginstall file zip untuk odexing, pastikan baterai minimal terisi 75%. Cara menghemat dan merawat baterai android ada disini.
  • Backup android anda melalui CWM Recovery untuk berjaga-jaga bila sewaktu-waktu mengalami error/bootloop.
  • Pastikan system android anda DeOdex. Periksa di folder /system/app/ menggunakan file manager (Root Explorer)
  • Download ODEX-JB-GB.zip
B. Fase Eksekusi
  • Setelah anda mendownload file diatas, buka menggunakan WinRAR. Didalamnya anda akan melihat ada dua file flash zip, yang satu untuk gingerbread (GB), satunya lagi khusus jelly bean (JB). Pilih sesuai jenis ponsel kalian kemudian ekstrak dan pindah ke SDCard.
  • Install seperti biasa melalui CWM Recovery
  • Setelah itu reboot
Sesudah anda berhasil memflash file tersebut, android anda akan menjadi smooth dan performanya kencang. Untuk memeriksa apakah system sudah benar-benar ODEX, lihat di folder /system/app/.
 
Seperti ini contohnya :
ODEX

DeOdex
Dari screenshot diatas terlihat jelas bahwa sytem android yang ODEX terdapat file ODEX disetiap aplikasinya. Sedangkan DeOdex tidak.

Demikian tutorial Cara Menambah RAM dan Mempercepat Performa Kinerja Android Bag. V semoga bisa menjadi referensi baru untuk anda semua :)

*do with your own risk

Share this post

Cara Melepas Baterai Xperia X10 Mini E10i

Cara Melepas Baterai Xperia X10 Mini E10i - Malam ini kita akan mencoba membongkar si Robyn yang kecil dengan kamera yang lumayan itu.
 
Memang ada apa dengan si Robyn? Robyn, nama lain dari Xperia X10 Mini yaitu sebuah ponsel kecil dengan ukuran layar 2.5" dibekali dengan capasitive touch dan kamera yang paling besar dikelasnya.
 
Lalu kenapa harus kita bongkar? X10 Mini beda dari yang lain. Apalagi dengan saudaranya sendiri, si mimmi atau Xperia X10 Mini Pro. X10 Mini mempunyai baterai yang built in. Terpasang dengan rapih didalam ponsel dan tertutup dengan kesing belakang. Jadi sudah tentu kalau kita ingin melepasnya harus kita buka dalemannya X10 Mini terlebih dahulu.

Resiko pasti ada dan bukan resiko sembarangan tapi jangan takut, kegagalan membuat kita menjadi semakin pintar :D #KataSiapa
 
Sebelumnya sungguh tidak pernah saya bayangkan kalau X10 Mini saya akan mengalami system crash. Bukan bootloop ataupun brick. Tapi system crash. Ponsel masih dalam keadaan menyala tapi error. Kejadiannya tadi waktu saya melihat video tiba-tiba videonya berhenti. Namun anehnya suara tetap berjalan dengan mulus. Akhirnya karena saya tahu kalau itu error, saya tekan tombol back bermaksud untuk keluar. Tapi tidak bisa. Saya tekan tombol home pun juga begitu. Lalu ya sudah saya booting panas menggunakan kombinasi tombol power + tombol home karena ini cara terakhir yang selalu berhasil dan sering saya pakai. Tapi apa yang terjadi? Layar ponsel malah mati. Seluruh tombol tidak berfungsi. Tidak ada vibration sama sekali pada waktu saya tekan tombol power. Saya tancapkan ke laptop tidak mau terbaca. Haduh.. Kalau saja X10 Mini ini bisa dicopot baterainya. Jeng jeng jeng dari situ saya berfikir untuk mencari cara melepas baterai. Beberapa referensi sudah saya peroleh dan sudah saya niati untuk mencobanya. Namun diwaktu yang terakhir saya temukan celah untuk melepas baterai dari mesin (seperti pada gambar diatas). Keren ya? Kenapa saya baru ngerti kalau disitu ada lubang? Ternyata penutup yang menutupi bagian tersebut terbuat dari karet. Astaga. Pada akhirnya saya lepaslah kabel-kabel yang tertancap diport tersebut dan saya pasang kembali. Alhamdulillah X10 Mini saya menyala :D

Berikut langkah langkah Cara Melepas Baterai Xperia X10 Mini E10i. Silahkan disimak gambar-gambar dibawah ini. Sangat mudah untuk dipelajari. Namun ingat! Hati-hati.

Persiapkan Xperia X10 Mini anda

Pertama buka kesing bagian belakangnya

Anda akan melihat bagian belakang X10 Mini anda, baterai tertutup oleh mesin

Lepas SDCard anda sebelum mulai membongkar

Lepas skrup yang mengunci sebuah penutup dibagian atas. Ingat, pakai obeng yang benar yang khusus digunakan untuk handphone/sesuai dengan bentuk skrup

Jadi dibagian atas dari kesing belakang terdapat penutup yang menyelimuti mesin dalam. Seperti pada gambar diatas bentuknya

Lepas kedua skrup yang mengunci kesing belakang

Lepas konektor baterai. Hati-hati

Lepas konektor SIMCard. Hati-hati. Mudah rusak
Anda sudah bisa melepas baterai dari kesing belakang. Seperti itu bentuknya
Bagaimana? Mudah bukan? Silahkan anda ganti dengan yang baru atau ganti dengan yang cadangan bila baterai anda terasa sangat boros pada waktu dipakai sehari-hari.

Tutorial diatas hanya sebuah pembelajaran, baca dengan teliti dan berhati-hati karena sangat beresiko. Kecuali kalau anda seorang tukang servis :)

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.

Source : http://www.ifixit.com/Teardown/Sony-Ericsson-Xperia-X10-Mini-E10i-Teardown/3124/1

Share this post

Tutorial Cara Root Nexian Energy A850

Tutorial Cara Root Nexian Energy A850 - Masih soal rooting android china, setelah kemarin saya membahas Cara Root Cross Andromeda A10, yaitu sebuah ponsel china yang memiliki spesifikasi mumpuni dan juga processor yang keren Snapdragon 1 Ghz, kali ini yang akan kita pelajari cara root Nexian A850.

Ini merupakan postingan request dari mas Taufik yang meminta saya untuk memberikan petunjuk rooting nexiannya itu. Kata orang android china sulit diroot. Tidak semua android china ada tutorial rootingnya.

Cara Root Nexian Energy A850 sangat mudah. Mungkin ini tutorial rooting saya yang paling pendek karena jujur waktu saya mepet. Maklum hari kamis kemarin baru saja saya berhasil menyelesaikan Ujian Nasional 2013 yang dianggap gagal oleh wakil rakyat itu dan hari ini merupakan minggu-minggu yang insya allah akan menyenangkan karena saya sudah tidak lagi masuk sekolah, yang ada hanya liburan :) Nanti siang saya ada acara jadi mari kita belajar rooting Nexian A850.

Sebelumnya dibawah ini merupakan spesifikasi Nexian Energy A850 dikutip dari Mobile88 :
 
Nexian Energy A850

General     Network     Dual SIM
2G : 900/1800 MHz
3G : 2100 MHz
Announced     2012, 1Q
Processor   
SAR Rating   
Color     Available   
Size     Dimensions (mm)   
Weight (g)   
Display     Type     Touchscreen LCD
Size     2.8 inch
Lines     0
Menu     Touchscreen
Design     Type     Blok
Antenna     Fixed Internal
Keys     Navigation     Touchscreen
QWERTY     No
Soft   
Other   
Lighting   
Memory     Phonebook   
Internal (MB)   
Expansion     microSD
Battery     Type     Standard battery, Li-Ion
Stand-by (hrs)   
TalkTime(min)   
Ringtones     Polyphonic   
Customization     Yes
Audio     Format     MP3
MP3 Player     Yes
Voice   
FM Radio     Yes
A2DP     Yes
Video     Format     MP4/3GP
Recorder     Yes
TV     Null
Entertainment     Games     Yes, Downloadable
Messaging     SMS     Yes
Total SMS   
MMS     Yes
EMS     Yes
Email     Yes, Email, Push Email
IM   
Push-To-Talk   
Connectivity     HSDPA     Null
EDGE     Yes
Bluetooth     Yes
3G     Yes
GPRS     Yes
Infrared (IrDA)     No
USB Port     Yes
WIFI/WLAN     Yes
Data Cable     Yes
Data Modem   
GPS     Yes
Software     Java (J2ME)     No
WAP     No Info
Platform OS     Android OS - 2.2 Froyo
Browser     WAP 2.0/xHTML, HTML
Predictive Text Entry   
Speech Codes   
PIM Application   
Others Application     Google Apps
Personal     Themes     Yes
Caller ID     Yes
Profile ID     Yes
Camera     Lens Type     Yes, 0,0 Megapixel
Digital zoom   
Max. Resolution   
Flash     No
Night Mode     No
Multi Shot   
Frame     Types
Extra Features   
Photo Format     JPG
Front Camera    

 A. Persiapan
B. Fase Eksekusi
  1. Setelah anda mempersiapkan semuanya, ekstrak DooMLoRD's Easy Rooting Toolkit [v4.0] yang sudah anda download kedalam satu folder. Ingat, jangan sampai terpisah.
  2. Buka runme.bat
Kurang lebih nanti muncul dialog box seperti ini :

 ---------------------------------------------------------------
                  Easy rooting toolkit (v4.0)
                    created by DooMLoRD
         using exploit zergRush (Revolutionary Team)
    Credits go to all those involved in making this possible!
 ---------------------------------------------------------------

[*] This script will:
      (1) root ur device using latest zergRush exploit (16 Nov)
      (2) install Busybox (1.18.4)
      (3) install SU files (binary: 3.0.3 and apk: 3.0.6)
 
[*] Before u begin:  
      (1) make sure u have installed adb drivers for ur device
      (2) enable "USB DEBUGGING"
            from (Menu\Settings\Applications\Development)
      (3) enable "UNKNOWN SOURCES"
            from (Menu\Settings\Applications)
      (4) [OPTIONAL] increase screen timeout to 10 minutes
      (5) connect USB cable to PHONE and then connect to PC(6) skip "PC Companion Software" prompt on device
 ---------------------------------------------------------------
CONFIRM ALL THE ABOVE THEN
Press any key to continue . . .

Sambung Nexian Energy anda ke PC dan pastikan benar-benar tersambung & terdeteksi di PC. Setelah itu tekan sembarang tombol di dalam bat file tadi untuk memulai proses rooting.

Tunggu beberapa saat sampai rooting kit nya telah selesai melakukan tugasnya. Mungkin ini akan memakan waktu paling lama dua menit. Tapi jangan dijadikan patokan karena lama tidaknya itu tergantung PC kita juga.

Setelah selesai, reboot/restart Nexian anda dan lihat dibagian menu apakah ada aplikasi SuperUser terpampang nyata disana. Bila ada, selamat Rooting Nexian Energy A850 anda berhasil :)

Mudah bukan? Memang rooting yang seperti ini merupakan rooting yang paling gampang, hanya butuh satu kali klik (seperti rooting X10 Mini yang juga sekali klik menggunakan software SuperOneClick). Klik Klik Klik..

Ingat, Do With Your Own Risk.
 
Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.

Share this post

Memperbaiki Semua Android Xperia Yang Mati Rusak dan Bootloop

Memperbaiki Semua Android Xperia Yang Mati Rusak dan Bootloop - Baik malam ini malam yang besar karena saya akan memberikan tutorial yang begitu besar manfaatnya untuk semua yang mengalami kerusakan pada ponsel androidnya, khususnya ponsel berjenis Xperia.
 
Kebanyakan kerusakan yang timbul akibat seseorang gagal/belum berhasil mem-flash ponsel mereka yaitu bootloop (gagal start up atau orang-orang sering bilang android hanya berhenti pada logo sony/samsung saja). Yang sedikit parah akibat gagal flashing, ponsel 'mati suri'. Tidak mau menyala sama sekali, tombol power seakan-akan tidak berfungsi dan sepertinya ponsel tersebut sudah tidak bisa diapa-apakan lagi.
 
Biasanya mereka yang mengalami hal tersebut hanya bisa pasrah menunggu nasib dan buru-buru menjual ponselnya tersebut karena takut ponselnya tidak laku lagi dikarenakan tidak berfungsi sama sekali. Dijualnya pun pasti dengan harga yang amat sangat miring. Pernah kejadian teman saya membeli Sony Xperia Miro hanya dengan modal 120K. Itupun barangnya dilihat secara fisik masih sangat bagus dan kelengkapannya masih ada semua. Sampai pada akhirnya juga saya sendiri yang memperbaikinya dan dijuallah dengan harga 1500K dan hasilnya dibagi 65% + 35%. Lumayan :)
 
Baik, Memperbaiki Semua Android Xperia Yang Mati Rusak dan Bootloop tidak sesulit yang kita bayangkan. Solusinya yang paling manjur hanya satu. Flash ulang ke stock firmware. Pastinya dengan resiko bila gagal flashing tambah rusaklah ponsel kita. Tapi kemarin pernah dengan sengaja saya gagalkan pada saat flashing dan benar ponsel benar-benar mati. Untuk kedua kalinya saya flash lagi, berhasil. Ponsel android tersebut sembuh. Jangan ditiru!
 
Yang kita perlukan bila ingin flash ulang ke stock firmware yaitu sebuah software Flashtool (untuk flashing), Driver (supaya ponsel kita terbaca di komputer), Stock Firmware (yang akan kita masukkan ke ponsel), Kabel Data (sebagai media transfer) dan sebuah ponsel Xperia yang akan diperbaiki.
A. Persiapan
  • Download Flashtool
  • Untuk driver tidak perlu mendownload karena sudah ada didalam folder Flashtool. Optional bisa pakai PC Companion atau software lain yang menyediakan driver untuk Xperia anda
  • Download Stock Firmware dibawah ini
Xperia P (LT22i Nypon)
  1.  6.1.1.B.1.75_Generic World
Xperia U (ST25i)
  1. 6.1.1.B.1.10_UK 1262-0728

Xperia SOLA ( MT27i)
  1. 6.1.1.B.1.54 OFFICIAL - Central Europe
  2. 6.1.1.B.1.54 - India (ICS)
XPERIA E Dual (C1605)
  1. 11.1.A.0.68 _Central_europe
Xperia GO (ST27i)
  1. 6.1.1.B.1.54_hong_kong
Xperia TIPO (ST21i)
  1. 11.0.A.0.16 Telcel Mexico
  2. 11.0.A.0.16WORLD FS 
  3. 11.0.A.0.16 UK GENERIC 
  4. 11.0.A.4.22 GENERIC
  5. 11.0.A.4.27 _Indian
Xperia TIPO Dual
  1. 11.0.A.1.8
  2. 11.0.A.1.12_generic
  3. 11.0.A.6.5_central_europe
  4. 11.0.A.6.8 _Indian
Xperia J (ST26i)
  1. 11.0.A.3.18
  2. 11.0.A.3.28 western europe
  3. 11.2.A.0.21_No brand ITA jelly bean
  4. 11.2.A.0.21_CENTRAL_EUROPE
  5. 11.2.A.0.21_JellyBean_O2UK
Xperia MIRO (ST23i)
  1. 11.0.A.2.10
  2. 11.0.A.5.5
  3. 11.0.A.5​.8 _GLOBAL
Xperia T (LT30p)
  1. 7.0.A.1.303_Generic DE
  2. 7.0.A.3.195 Bell Canada
  3. 7.0.A.3.195_James Bond
  4. 7.0.A.3.195_Generic ES
  5. 7.0.A.3.195_3 UK
  6. 9.1.A.0.489_Europe
  7. 9.1.A.0.489 JELLY BEAN 4.1.2 UK GENERIC  
  8. 9.1.A.0.489 (1265-1626) DE/CH/IT
  9. 9.1.A.0.492_Generic Italy(1265-1589) 
  10. 9.1.A.1.140 (1268-3194) Generic Central Europe james bond version [Unbranded]
  11. 9.1.A.1.140 1265-1626 CH/DE Switzerland
  12. 9.1.A.1.140 stock KERNEL
Xperia TL (LT30a)
  1. 9.1.A.0.489 (Bell) 
Xperia TX ( LT29i) 
  1. 7.0.A.3.197 vietnam
  2. 7.0.A.3.212_Thailand
  3. 9.1.B.0.411_Global (jelly Bean) 
  4. 9.1.B.0.411_Global (jelly Bean)
  5. 9.1.В.0.411 (1266-6178) Russia
  6. 9.1.B.0.411 France (part1) (part2
  7. 9.1.B.0.411_Thailand 
Xperia V (LT25i)
  1. 9.0.D.0.484-INTL-GENERIC
  2. 9.0.1.D.0.10_Nordic
  3. 9.0.D.0.484_Generic NCB
  4. 9.1.A.0.490 INTL
  5. 9.1.A.0.490 Nordic  
  6. 9.1.A.0.490 - Latvia, LMT (1269-3872_R4H)
  7. 9.1.A.0.490 Norway-Telenor
  8. 9.1.A.0.490 GENERIC Hong Kong
  9. 9.1.A.0.490 Jelly Bean Singapore
  10. 9.1.A.0.492 GENERIC Taiwan 
  11. 9.1.A.1.140_Generic_Nordic 
  12. 9.1.A.1.140_1270-9887_R1I_Central_europe
Xperia Z 
(C6602)
  1. 10.1.A.1.350 GLOBAL 1270-8384 R6A
  2. 10.1.A.1.350 INDIA 1270-7186_R13A
  3. 10.1.A.1.434 Generic Thailand 1270-3956 R6A (part1) (part2)
  4. 10.1.A.1.434 INDIA_Unbranded
(C6603)
  1. 10.1.A.1.350 Original Sony Unbranded UK
  2. 10.1.A.1.350 Three UK branded HUTCH Lte 
  3. 10.1.A.1.350 Generic Nordic 1270-7280 R4A (part 1) (part2)
  4. 10.1.A.1.350 Generic China 1270-9104 R14A (part 1) (part2)
  5. 10.1.A.1.350 Croatian T-Mobile
  6. 10.1.A.1.350 Generic French
  7. 10.1.A.1.350 RUSSIAN GENERIC
  8. 10.1.A.1.434 Generic NL (part 1) (Part 2
  9. 10.1.A.1.434 GLOBAL_LTE unbranded 1270-4986_R7A 
  10. 10.1.A.1.434 GLOBAL_LTE singapore unbranded 1270-0743
  11. 10.1.A.1.434 (Australia)
  12. 10.1.A.434 Generic SPANISH 
  13. 10.1.A.1.434 german unbranded
  14. 10.1.A.1.434 Generic Hong Kong (part 1) (part 2)
  15. 10.1.A.1.434 uk unbranded
(SO-02E)
  1. 10.1.D.0.333 (DOCOMO)
Xperia ZL 
(6502) 

  1. 10.1.A.1.434 - Generic US 1270-7577 R6A
(C6503)
  1. 10.1.A.1.350 Original unbranded
  2. 10.1.A.1.350 Original Sony Unbranded DE 
  3. 10.1.A.1.350 - Generic Nordic 1270-6779 R4A 
  4. 10.1.A.1.434 - Generic Nordic 1270-6779 R5A 
(6506)
  1. 10.1.A.1.434 - Generic US 1270-7584 R8A
  2. 10.1.A.1.395 - Generic US 1270-7584 R8A

*Download sesuai jenis dan tipe ponsel anda, bila bingung pilihlah salah satu dari sekian banyaknya firmware diatas.

B. Fase Eksekusi

Langkah pertama, install Flashtool beserta Drivernya di PC anda. Setelah diinstall, copy stock firmware berformat FTF yang sudah didownload ke C:/Flashtool/Firmwares.

Folder Firmware Flashtool, Flashtool, Firmware, Xperia X10 Mini Pro

Folder drivernya berada di C:/Flashtool/Drivers.

Folder Driver, Driver, Xperia X10 Mini Pro

Selanjutnya langkah eksekusi. Buka Flashtool, pilih gambar Flash dan klik Flashmode pada Mode Selector. Pilih stock firmware anda tadi.

Flash, Flashmode, Flashtool
Flash < Flashmode
Firmware Selection, Flashtool
Firmware Selection
Jika anda sudah pernah flashing menggunakan Flashtool dan setelah mencampurkan stock firmware tadi dengan kernel-kernel atau stock firmware lain dan anda bingung yang mana stock firmware anda, cara mencarinya sangat mudah. Untuk kernel, biasanya hanya memiliki konten loader.sin dan kernel.sin. Sedangkan stock firmware lengkap. Loader.sin, kernel.sin, system.sin, fota0.sin, fota1.sin, simlock.ta, dan lain sebagainya.

Setelah itu tekan OK dan tunggu beberapa saat hingga muncul warning yang mana anda diharuskan menekan tombol back dan hold sambil mencolokkan kabel data ke PC.

Warning, Flashtool

Flashing pun dimulai. Tunggu Flashtool berjalan hingga 100% dan ponsel anda akan reboot/menyala dengan sendirinya. Itu tandanya Xperia yang selama ini rusak telah berhasil anda perbaiki sendiri dengan gampang dan cepat :)

Pada prinsipnya semua Xperia yang rusak bila di flash ulang ke stock firmware akan kembali normal. Mohon maaf untuk anda yang masih gagal dalam arti Xperia anda tetap tidak mau menyala walau sudah diflash ke stock rom. Jalan satu-satunya, bawa Xperia anda ke service center terdekat.

Do With Your Own Risk.
 
Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.

Share this post