Xposed - Cara Modifikasi ROM Tanpa Bongkar APK Android

Posted by

Xposed - Cara Modifikasi ROM Tanpa Bongkar APK Android - Pernahkah anda bayangkan bagaimana cara edit misal SystemUI tanpa decompile recompile & sign APK tersebut? Pastinya terlihat jadi lebih gampang kan? Namun, mungkin kah hal itu bisa dilakukan?

Mungkin saja. Di forum XDA Developer ada seseorang dengan nick rovo89 telah berhasil mengembangkan sebuah Framework baru. Cara kerja framework ini simple, yaitu melebarkan / memperpanjang proses eksekusi /system/bin/app_process untuk meload file JAR disaat start up sedang berlangsung.

Singkat cerita, anda bisa merubah segala parameter untuk semua metode pemanggilan class dan juga anda bisa menambah atau menghapus resources-resources dengan mudah. Tanpa bongkar APK, edit smali, sign, dan lain-lain.

Baiklah mungkin dua paragraf diatas bila anda pahami akan sedikit membingungkan. Jadi langsung saja, mari kita mengenal sebuah framework yang memungkinkan anda untuk memodifikasi ROM tanpa merubah APK apapun dan juga tanpa flashing.

Xposed - Cara Modifikasi ROM Tanpa Bongkar APK Android

Xposed - Cara Modifikasi ROM Tanpa Bongkar APK Android

Seperti yang sudah saya ceritakan diatas, kini bongkar pasang ROM tanpa edit APK sudah bukan hal yang mustahil lagi. Kini ada sebuah framework bernama Xposed yang mampu mengatasi persoalan ini.

Berikut beberapa hal yang wajib anda ketahui tentang Xposed :
  • Dengan Xposed, tidak perlu anda memodifikasi APK apapun. Berarti tidak perlu susah-susah decompile, merubah smali, recompile, sign, dll
  • (Contoh penggunaan Xposed) dengan Xposed, kita bisa mengedit statusbar Android tanpa melalui proses yang panjang. Misal ganti icon baterai Android, ganti bentuk sinyal, rubah letak jam, menampilkan tanggal, menampilkan speed internet di statusbar Android, dan lain sebagainya
  • Xposed bisa dipakai di ROM Odex dan Deodex
  • Xposed hanya bekerja pada Android versi 4.x.x 
  • Xposed bisa dihilangkan / dinonaktifkan tanpa harus flashing ulang
  • Xposed ini open source. Tahu artinya?
 Langkah-langkah Install Xposed
  1. Backup ROM Android anda (NANDROID BACKUP) untuk berjaga-jaga bila terjadi brick / bootloop. Baca Cara Backup ROM Android Melalui CWM Recovery
  2. Download Xposed Installer melalui link berikut : http://dl.xposed.info/latest.apk kemudian install
  3. Jalankan Xposed Installer
  4. Masuk ke bagian Framework, klik Install/Update
  5. Reboot perangkat anda
  6. Selesai
Untuk menggunakan Xposed, tidak serta merta begitu saja. Kita perlu yang namanya Module. Dimana kita bisa mendapatkan Module? Silahkan anda buka link berikut, http://repo.xposed.info/. Disana ada banyak jenis module gratis yang bisa anda coba aplikasikan ke perangkat anda, contohnya Xblast, Xposed StatusBar Mods, Youtube AdAway, XHaloFloatingWindow, dan lain-lain. Selain di link tersebut, Module Xposed ini sudah banyak tersebar di Google Play juga.

Baca official thread Xposed Installer di http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1574401.

Untuk selanjutnya akan saya posting Cara Edit Statusbar Tanpa Bongkar APK SystemUI dengan menggunakan bantuan Xposed ini.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.


Blog, Updated at: 1:39:00 PM

9 komentar:

  1. module itu apa? trus buat apanya ya? ._. kurang ngerti

    ReplyDelete
  2. Blog keren ni.. patut d acungi jempol! Kbetulan ane mo blajar oprek ndri gan. Tnp hrus custrom klo bs.. tp msih cetek pengetahuanx.. hhu.. mksi gan ilmunya.. keren..

    ReplyDelete
  3. Gan blog anda semua memang sangat membantu dari mulai saya pegang android sampai sa'at ni.,
    Thank- gan

    ReplyDelete
  4. Blog ini sangat membantu mulai dari saya pertama megang android smpek skarang thank gan..

    ReplyDelete
  5. Mantap,tapi bingung kalo tanpa cusrom.

    ReplyDelete
  6. blog nya bagus dan lengkap

    penjelasannya juga sederhana tp jelas

    kebetulan ane juga baru ikut2an modding xperia ane
    lmyan temu penjelasan versi indonesia dimari

    ReplyDelete
  7. Kk saya sudah ikuti semua caraNya .. tapi pas saya mau bahkan lancar tanpa bootlop. Tapi yg bikin saya bingung setelah saya Xposed saya mesti melakukan apa lagi.. saya cuma bisa diam dan nggak berubah sama sekali.. kayak semula.. saya mau ganti status bar tapi nggak ada tau caranya.. jadi setelah di Xposed saya mesti apa lagi kk.. ?

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email