Cara Flash Android Tanpa PC Karena Bootloop

Posted by

Cara Flash Android Tanpa PC Karena Bootloop - Tadi siang ada seorang visitor yang nyasar kesini menggunakan keyword yang sekarang saya jadikan judul artikel ini. Berhubung sepertinya masalah ini masalah serius (karena spesifik sekali ia menuliskan permasalahannya di Google) maka dengan sedikit pengetahuan yang saya punya akan saya share disini saja.

Jadi bootloop itu merupakan sebuah kondisi dimana sebuah smartphone Android crash system nya (sebagian orang menyebutnya brick). Urut-urutannya dari yang ter-ringan yaitu bootloop, tingkatan selanjutnya brick / soft brick dan yang sudah paling parah hard brick. Untuk hard brick, biasanya bukan soal ROM lagi yang menjadi penyebab melainkan sudah menjalar ke kerusakan hardware yang lebih serius. Namun itu semua belum tentu. Yang jelas diapa-apain sudah tidak bisa merespon lagi smartphone nya.

Pernah saya flash ulang Samsung Galaxy Y Duos milik teman memakai firmware nya Samsung Galaxy Y standard, hasilnya tidak ada lagi boot screen hitam dengan tulisan putih yang keluar diikuti logo Samsung biru yang berputar-putar, hanya layar putih bersih lalu selang beberapa detik jadi kerlap-kerlip nyala mati nyala mati tak karuan. Jangan ditiru.

Cara Flash Android Tanpa PC Karena Bootloop

Pada umumnya bootloop bisa diperbaiki dengan men-diagnosa terlebih dahulu kesalahan-kesalahan apa yang baru saja dilakukan sebelum cara flashing firmware dilakukan. Jujur mengapa saya bilang men-diagnosa terlebih dahulu, kenapa tidak langsung di flash, karena bagi saya itu membosankan sekali bila harus di flash ulang. Dengan kita melakukan flashing ulang, seluruh data yang tersimpan di Android akan hilang. Tidak masalah sih sejujurnya buat saya. Bootloop 99% bisa langsung fix jika di flash. Hanya saja saya paling males kalau disuruh me-restore aplikasi-aplikasi inti backupan saya yang jumlahnya 40 lebih sedikit itu. Ditambah lagi harus setting ulang lagi semuanya. Ribet.

Cara men-diagnosa itu mudah. Coba anda ingat-ingat apa yang baru saja terjadi. Apakah ganti font? Edit SystemUI? Framework-res? Tanpa melakukan flashing ulang, hal tersebut bisa diatasi dengan menginject ulang ke /system/ misal inject SystemUI.apk atau Roboto-regular.apk ke folder aslinya. Hal tersebut sering saya lakukan dan hasilnya selalu berhasil. Coba baca Memperbaiki Android yang Bootloop Karena Kerusakan File System untuk penjelasan lebih lanjut mengenai inject source Android ke system. Ya meskipun masih menggunakan bantuan PC (editing nya) namun flashing inject nya tidak memakai PC sama sekali.

Untuk cara flash Android tanpa PC karena bootloop, bisa mencoba flashing melalui Recovery Mode. Entah itu custom ROM ataupun stock ROM, yang jelas dengan di flash ulang maka seluruh kerusakan system / crash akan segera fix. Jika ada stock firmware yang berbentuk flash ZIP atau mungkin anda memiliki backupan ROM original, silahkan di flash & di restore bila anda merasa memakai PC itu merupakan hal yang sulit.

Tambahan : Baca Cara Membuka File Manager Android Saat Bootloop jika anda memerlukannya.

Semoga bermanfaat bagi yang Android nya bootloop. "Angel angel di flash ulang ae wes" :)

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.


Blog, Updated at: 2:22:00 PM

8 komentar:

  1. gan kalo hp mati total kya ap gan gk bisa idup sama sekali

    ReplyDelete
  2. mas yusron maaf mngganggu mas.saya mau bertanya,xperia saya mati total gak mau nyala setelah update software melalui pc companion..tinggal lampunya nya aja yg nyala kalo di nyalain cuman bergetar abis itu tdk ada tanda2 kehidupan..mohon pencerahannya mas yusron.terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  3. setelah update/upgrade melalui PC com... memang membutuhkan waktu booting yg sedikit lebih lama bro. diamin aja dl beberp menit nanti nongol juga (pengalaman sy gitu)

    ReplyDelete
  4. Ass. Mas Yusron..saya Barly mau tanya mas..android saya sony xperia zl 6502 kondisi terakhir sekarang cuma bisa munculin logo sony saja..itu pun kadang bisa muncul, kadang malah no respon. sebelum trouble saya melakukan update OS ke andoid 4.3. pada saat update no problem..tp setelah 3 sampai 4 hari, hp saya mulai mati secara otomatis..dan hanya bisa munculin logo saja..tp kalau di hubungkan dgn charger baru bisa hidup normal padahal battery masih full..saya sempat bawa hp saya ke sony service center katanya hrs di update ulang tp ternyata hp saya mati lg dan mengalami boot loop dan terus boot looping sampai hp agak panas. lalu saya baca di forum untuk tekan tombol volume untuk mematikan supaya tidak boot loop terus..dan hp saya berhasil di off. kemudian saya balik lagi ke sony sevice center ternyata tokonya sedang di renovasi dan baru bisa bulan depan..akhirnya saya cari info lagi di forum dan solusinya adalah hrs di flash..saya langsung download flash tool berikut firmware untuk sony xperia zl 6502. flashtool berikut firmware yg di maksud sudah saya dapat berikut tutorial yg cukup jelas..akhirnya saya coba untuk mengerjakannya sendiri..pada saat proses flashing,..saya sudah masuk ke flash mode dan firmware juga sudah terdeteksi berikut hp juga sudah terdeteksi dan saya tinggal menunggu proses flashing berjalan sampai 100%...tp proses flashing stuck di 0%..saya tidak tahu apa ada kesalahan atau tidak..akhirnya saya coba tunggu proses itu sampai 1 jam lebih tp masih saja belum ada tanda-tanda proses itu berjalan dan masih stuck di 0%. akhirnya saya batalkan dan saya coba ulangi dari awal..tp masih sama prosesnya tidak berjalan..dan hp saya sekarang di hubungkan dengan charger pun tidak bisa menyala...tp masih ada respon apabila di tekan tombolnya ada getaran dan kadang masih bisa munculin logo..minta bantuannya mas...gimana caranya..apa hp saya masih bisa normal lagi atau sudah parah..sebelumnya saya ucapkn terima kasih. Wasallam

    ReplyDelete
  5. Mau tanya nih, samsung galaxy s III yang aku punya kalau di nonaktifkan yang muncul di layar cuma tulisan

    Samsung
    GALAXY S III
    GT-I9300


    Gak bisa lg muncul menu/icon"nya

    ReplyDelete
  6. gan... ane pake cyrus maxpic. beberapa waktu lalu ane install framroot 1.5 nggak berhasil ane ganti dengan 1.9 dan berhasil. setelah dapet superuser ane pake buat bikin default penyimpanan instalasi baru dari 0(auto) ke 1(stroge internal). setelah berhasil ane enggak pake lagi tu su dan ane unroot setelah itu ane restore ke pabrikan. walhasil setelah satu hari lewat bangun tidur hp nggak ada sinyal cari cari tetap nggak dapet. enggak hanya itu gan setiap aplikasi yang membutuhkan koneksi pasti berhenti (stoped) ditambah enggak bisa menerima instalan baru apapun itu. diroot pake pc juga enggak mau wifi nolak wal hasil hp hanya bisa mati hidup aja gan sama berselancar menu kopi kopi file selain itu blank. restore dan factory mode sudah berulang kali tapi hasil nihil. mohon bantuan gan

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email