Cara Bermain PSP Menggunakan PPSSPP di Android

Posted by

Cara Bermain PSP Menggunakan PPSSPP di Android - Bermain PSP di Android? Emang bisa? PSP bukannya PlayStation Portable? Iya kan?

Entah orang lain menyebutnya apa yang jelas game-game PSP (atau PS saja) sebetulnya sangat mungkin kita mainkan di Android. Bila anda bingung maksudnya bagaimana, menurut pendapat saya game PSP bukan lah PSP sesungguhnya. Dalam arti game PSP merupakan game nya PS, sedangkan PSP itu sendiri merupakan medianya (hardware). Masih bingung?

Anda pernah bermain game PlayStation 2 berformat ISO di komputer menggunakan emulator PCSX2? Ya, itulah game PSP. Game PSP merupakan game portable dan bukan merupakan game khusus PSP. Dulu sejak adanya Symbian, bermain game menggunakan aplikasi emulator cukup populer berkat munculnya game-game GBA (rata-rata game GBA game PlayStation 1). Sekarang ini telah ada game berformat ISO atau lebih familiarnya game PSP (PS Portable). Kebanyakan game PSP merupakan game HD yakni game PlayStation 2. Tampilan grafisnya sudah jauh dibandingkan game-game GBA yang belum mengadopsi tampilan 3D sama sekali.

Cara bermain PSP di Android, mudah. Syarat utamanya yaitu memiliki emulator sebagai media player nya. Berbeda dengan Symbian yang biasanya menggunakan Vbag, PC yang memakai PCSX, Android sendiri memiliki emulator salah satunya PPSSPP. Download PPSSPP di situs resminya di http://www.ppsspp.org/downloads.html.

Syarat lain selain memiliki emulator, tentu memiliki game nya. Anda bisa mencari game PSP (ISO) di Google, tersedia banyak tinggal pilih mana yang menjadi kesukaan anda. Optional lain, silahkan masuk ke http://www.emuparadise.me/roms-isos-games.php.

Setelah anda memiliki dua persyaratan diatas, silahkan install PPSSPP nya di smartphone Android anda (bila anda memiliki tablet Android, lebih baik anda pakai yang itu). Pindahkan file game yang sudah anda download ke direktori SDCard. Kemudian buka PPSSPP nya, search dimana game anda tadi anda taruh, PLAY.

Cara Bermain PSP Menggunakan PPSSPP di Android

Cara Bermain PSP Menggunakan PPSSPP di Android

*Sebagai catatan, game PSP berformat ISO tidak selalu bisa berjalan mulus di Android. Itu semua tergantung dari handheld anda dan juga dari game nya itu. Silahkan masuk ke forum-forum PSP seperti http://forums.ppsspp.org/index.php untuk mengetahui game-game apa saja yang work dan lancar untuk dimainkan.

Gampang kan? Selamat bermain :)

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.


Blog, Updated at: 11:55:00 PM

3 komentar:

  1. Thanx..Gan, saya coba yg di Win lancarrr jaya

    ReplyDelete
  2. makasih gan, sekarang saya jadi tau ;)

    ReplyDelete
  3. pnya gw gayoung lelet klo di mainkan gmn ya gan supaya tidak lelet

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email