Mengatasi Error Invalid Argument pada Link2SD

Posted by

Mengatasi Error Invalid Argument pada Link2SD - Kita semua tahu bahwa jalan pintas supaya memori internal Android lebih irit dan performa Android tetap terjaga yaitu dengan memindahkan aplikasi Android yang terinstal ke memori eksternal (SD Card). Caranya, bisa kita pakai sebuah aplikasi yang bernama Link2SD.

Dengan Link2SD, seluruh data aplikasi mulai dari app APK hingga dalvik-cache bisa di move ke memori eksternal tanpa terkecuali. Memori internal pun bila yang seharusnya ada sekitar 500MB yang dimakan oleh aplikasi-aplikasi pihak ketiga yang terinstal, dengan Link2SD bisa saja susut sampai 80%.

Cara menggunakan Link2SD untuk memindah aplikasi Android ke SD Card sudah pernah saya ulas di blog ini. Secara garis besar, pertama-tama smartphone yang bersangkutan sudah harus dalam kondisi di root. Setelah itu, masuk ke proses partisi SD Card. Terakhir tinggal kita instal aplikasi Link2SD nya kemudian sedikit kita lakukan konfigurasi dan selesai.

Mungkin terlihat gampang sekali kata-kata diatas. Namun faktanya, tidak seluruh user Android yang mencoba step-step tersebut bisa lancar mengaplikasikannya.

Salah satu kendala yang sering dialami, "Invalid argument".

Mengatasi Error Invalid Argument pada Link2SD
Error Invalid argument pada Link2SD

Mengatasi Error Invalid Argument pada Link2SD
SD Card Not Mounted
Jika anda mengalami hal ini, biasanya Invalid argument terjadi karena second partition memori tersebut bermasalah. Mungkin second partitionnya masih terisi dengan data partisi sebelumnya atau memang anda salah dalam melakukan pemartisian.

Cara ampuh memperbaiki permasalahan ini, silahkan anda partisi ulang SD Card yang bersangkutan.

Mengatasi Error Invalid Argument pada Link2SD
Invalid argument teratasi
Dengan mempartisi ulang SD Card itu, partisi kedua tersebut seperti di refresh kembali. Seluruh data-data yang lama akan dihapus dan seperti screenshot diatas, Invalid argument yang pada mulanya muncul sekarang sudah hilang.

Begitulah Cara Mengatasi Error Invalid Argument pada Link2SD. Semoga bermanfaat.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.


Blog, Updated at: 7:22:00 PM

1 komentar:

  1. Kak yus....sebenarnya menurut kakak sendiri bagusnya link2sd?app2sd?atau dc2sd?mohon tanggapannya berikut penjelasannya yah kak...makasih banyak kak sudah mau berbagi....

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email