Cara Menambah RAM Android Menggunakan Linux Swap

Posted by

Cara Menambah RAM Android Menggunakan Linux Swap - Meskipun anda memiliki kapasitas RAM yang tergolong sedikit, anda dapat mengaktifkan file swap dan partisi swap layaknya seperti pagefile yang digunakan di windows, walaupun efeknya tidak terasa secara signifikan karena swap hanyalah sebuah virtual memory namun dengan swap kemungkinan akan membantu aplikasi tertentu yang membutuhkan sedikit banyak ruang RAM untuk berjalan.

Mengaktifkan swap tidak terlalu sulit, anda hanya disuruh untuk mempartisi ulang SDCard anda. Metode ini akan berpotensi menurunkan umur SDCard anda karena siklus read nya akan bertambah lebih tinggi dari batas normal. Namun SDCard anda tidak serta merta akan mudah rusak begitu saja. Butuh waktu yang lama untuk mengalami itu semua.

Apa itu SWAP? Singkatnya SWAP adalah RAM virtual. Dengan swap sebagian kecil dari memory eksternal disisihkan dan digunakan sebagai RAM. Jadi swap berfungsi sebagai RAM kedua (secondary) yang membantu kinerja RAM pertama.

A. Persiapan
B. Fase Eksekusi
Jadi kita akan membuat tiga partisi dalam satu micro SD Card. Partisi pertama sebagai storage, partisi kedua sebagai second partition, dan yang terakhir untuk Linux Swap ini.

Cara membuatnya, kita buat dulu partisi Linux Swap nya (partisi ketiga) baru setelah itu kita buat partisi keduanya.
  • Masukkan memori micro SD Card anda kedalam PC dengan menggunakan card reader atau bisa juga MMC Adapter. *Rekomendasi : card reader
  • Install MiniTool Partition Wizard Free seperti biasa, kemudian jalankan
  • Pada layar MiniTool sebelah kanan terdapat barisan-barisan list drive memori yang terpasang didalam PC termasuk micro SD Card anda. Untuk membuat Linuxswap, caranya sebagai berikut :
Klik Move/Rezise untuk mengecilkan partisi pertama sekaligus membuat partisi baru. Atur sesuai kebutuhan anda nanti

Setelah partisi baru terbuat, klik Create untuk mengkonfigurasi partisi itu

Rubah pilihan Create As menjadi Primary dan File System menjadi Linux Swap

Klik partisi pertama, ulangi langkah-langkah sebelumnya
 

Hasilnya sebagai berikut :

Referensi partitioning : Cara Mempartisi SD Card untuk Link2SD Android

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.


Blog, Updated at: 11:31:00 AM

3 komentar:

  1. itu partisi ext3 buat apa ?

    ReplyDelete
  2. Ukuran swapnya minimal/maksimal berapa mas ?

    ReplyDelete
  3. gagal terus gan , error permit :(

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email