Cara Menambah Performa Android Tanpa Aplikasi

Posted by

Cara Menambah Performa Android Tanpa Aplikasi - Setiap jenis smartphone Android memiliki beragam spesifikasi yang berbeda-beda. Masing-masing dari smartphone itu memiliki keunggulan dan juga kelemahan.

Kita semua tahu bahwa perbedaan dari setiap smartphone Android dilihat menurut hardware nya seperti perbedaan memori, RAM, processor, ukuran layar, bentuk tombol opsi, OS, dan lain-lain. Namun meskipun begitu, sebetulnya hanya ada satu kesamaan problema yang mana setiap smartphone itu pasti memilikinya. Yakni performa.

Tidak selalu smartphone yang mempunyai spesifikasi gahar mempunyai kinerja yang baik. Setiap smartphone Android itu sudah dirancang sedemikian rupa oleh pabrikannya, sudah diatur dengan hitungan yang pas antara besar memori dengan kuat processor sehingga daya tahannya stabil, tapi tetap saja masalah performa itu selalu ada.

Dikarenakan faktor lemahnya performa Android itu sudah menjadi masalah umum, berbagai cara dilakukan guna menaikkan kinerja Android. Contoh kita lihat di forum XDA Developer, disana banyak sekali dikembangkan tweak-tweak yang bisa kita pakai untuk mempercepat performa Android kita.

Lemot tidaknya performa Android dipengaruhi oleh ROM Android. Bukan oleh hardware Android.

Cara Menambah Performa Android Tanpa Aplikasi
Stock ROM Android membawa fitur standard. Banyak aplikasi yang tidak kita perlukan terinstal dan selain itu didalam stock ROM juga tidak tersedia tweak penyetabil performa sama sekali sehingga dengan banyaknya aplikasi-aplikasi bloatware ditambah aplikasi-aplikasi pribadi yang terpasang kemungkinan bisa membuat smartphone Android kita lelet.

Cara menambah ram dan mempercepat performa Android referensinya sudah banyak. Secara umum tutorial semacam itu menggunakan tweak Init.D dan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Namun selain itu, ada sebuah cara singkat yang cukup membantu dalam meningkatkan kinerja Android kita *meskipun tidak secara signifikan*. Tanpa tweak dan juga tanpa aplikasi. Caranya mudah.

Tutorial ini hanya untuk pengguna ICS dan Jelly Bean. Untuk Gingerbread belum bisa.

Dari menu settings, geser ke Developer. Scroll kebawah kemudian cari Force GPU Rendering lalu centang. Setelah itu, pada kotak Animation Scale, kalau bisa dinonaktifkan atau bila anda rasa fitur ini penting silahkan rubah menjadi 0.5x saja.

Semoga bermanfaat.
Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.


Blog, Updated at: 2:09:00 PM

3 komentar:

  1. bagaimana caranya menginstal 2 aplikasi BBM sekaligus dalam satu gadget

    ReplyDelete
  2. Terima Kasih. Sangat Bermanfaat,,

    Silahkan Kunjungi juga blog Kami

    DISINI

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email