Cara Memperbaiki Android yang Brick dengan Mudah

Posted by

Cara Memperbaiki Android yang Brick dengan Mudah - Tentang kondisi sebuah Android yang brick, brick yaitu semacam kerusakan system akibat crash antar beberapa file system Android atau system Android kehilangan file tertentu. Kondisi ini mengakibatkan Android stuk di boot animation, yang mana pada boot animation ini seluruh proses Android sedang di load ulang dan karena terjadi crash maka system Android tidak bisa menyelesaikan prosesnya dan akhirnya muncul suatu statement "Android berhenti di logo vendor".

Brick biasanya terjadi akibat kesalahan mengoprek system Android kita misal salah edit vold.fstab untuk merubah eksternal Android menjadi internal Android, salah merubah font Android, lupa merubah permissions file system Android, salah edit build.prop Android, salah install ROM Android, salah melakukan rooting Android, salah flash kernel Android, dan lain sebagainya.

Namun asal anda tahu tidak selalu brick terjadi karena beberapa hal diatas. Brick bisa saja terjadi tanpa ada alasan yang jelas. Beberapa kasus diantaranya yakni brick terjadi setelah ponsel di reboot dan sebelumnya tidak diapa-apakan sama sekali. Ada lagi brick yang terjadi setelah SIM Card dipasang. Entah karena kerusakan hardware atau system bila tidak didiagnosa lebih lanjut tidak akan pernah kita tahu.

Satu lagi penyebab brick yang sering dialami oleh pengguna Android tanpa mereka sadari, yaitu brick akibat temporary file (dalvik cache) menumpuk. Dalvik Cache merupakan file sampah dari masing-masing aplikasi Android yang terinstall. Dalvik cache akan terus menumpuk setiap kali aplikasi yang bersangkutan dioperasikan sehingga tidak jarang hal ini mengakibatkan ponsel Android kita mengalami low memory space. Selengkapnya mengenai dalvik cache bisa anda simak di Mengatasi Low Internal Memory Space Android dengan Menghapus Dalvik Cache.

Ada banyak cara memperbaiki Android yang brick dan semuanya menjurus ke satu inti. Flashing. Namun jangan tergesa-gesa dulu karena dengan kita melakukan flashing ulang, Android bisa saja bangkit dari masa-masa brick nya namun kerugian yang akan kita dapat, data-data penting seperti aplikasi, kontak, pesan, semuanya akan hilang bila tidak kita lakukan backup sebelumnya.

Cara Memperbaiki Android yang Brick dengan Mudah

Cara Memperbaiki Android yang Brick dengan Mudah, berikut point-point nya :
  • Brick karena kerusakan system Android (salah menghapus / merubah file system tertentu) dan tidak ada recovery mode
Pada point ini, kerusakan terjadi karena file system Android crash / rusak, tidak ada recovery mode yang terinstal, dan tidak ada jalan lain selain flashing ulang. Baca Memperbaiki Android yang Bootloop (Gagal Start Up), referensi lainnya Memperbaiki Semua Android Xperia yang Mati, Rusak dan Bootloop, Memperbaiki Semua Android Samsung yang Mati, Rusak dan Bootloop

  • Brick karena kerusakan system Android (salah menghapus / merubah file system tertentu) dan masih ada recovery mode
Pada point ini, kerusakan terjadi karena file system Android crash / rusak, namun beruntung masih ada recovery mode yang bisa kita manfaatkan.

  • Brick akibat kesalahan konfigurasi aplikasi Android & salah menginstal aplikasi Android tertentu
Berbeda dengan kasus diatas, pada point ini brick muncul akibat kita kurang teliti dan kemudian salah dalam mengatur settingan aplikasi tertentu. Misalkan saja salah dalam mengatur overclock Android. Salah dalam menginstal suatu aplikasi juga mungkin saja terjadi. Contohnya pada waktu instalasi ChainFire 3D.

Cara memperbaikinya tidak perlu flashing ulang. Cukup wipe data saja. Wipe data akan menghapus seluruh data telepon anda termasuk app, kontak, pesan, selain itu akan mengembalikan seluruh settingan smartphone anda juga seperti semula.

Silahkan masuk ke Recovery Mode anda masing-masing kemudian lakukan Wipe data. Bila smartphone Android anda belum memiliki recovery, sebagai referensi baca Memperbaiki Android yang Bootloop karena Masalah Sepele 
  • Brick akibat salah ganti font Android
Ini merupakan salah satu penyebab brick yang cukup laris yakni brick akibat ganti font Android. Disini kita semua wajib tahu bahwa Android seri v2.x dengan v.4x memiliki perbedaan dalam struktur font nya. Bila di Android versi Gingerbread kita bisa merubah apa saja termasuk font sebebas mungkin, tidak lagi di Android Ice Cream Sandwich. Kita harus merubah classification font nya terlebih dahulu sebelum kita bisa mengaplikasikan font tersebut.


Ada yang lain?

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.


Blog, Updated at: 11:02:00 PM

4 komentar:

  1. Mau tanya.....klo android g bisa akses ke external sdcard krna slh hapus file vold.fstab,gmna cra mmperbaikinya biar bisa akses ke extenal sdcard lg?kondisi hp sblmnya sdh root,tp skrng unroot!mohon pencerahannya by email gathra.zie@gmail.com

    ReplyDelete
  2. gan,,nanya nih,,, hh ane tidak bisa masuk ke recovery mode odin dan reset wepe data chace. Bila di tekan tombol recovery odin muncul '' Ram dump Mode Arm9 '' cara mengatasinya gimana nih gan. gt s6310

    ReplyDelete
  3. udah di factory reset/wipe data,masih aja bootloop,gimana nih?
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email