Tips Aman Berpergian Jauh Dengan Google Maps Android

Posted by

Tips Aman Berpergian Jauh Dengan Google Maps Android - Di jaman modern seperti sekarang ini, cara kita memperoleh sebuah informasi sangatlah mudah. Jauh lebih mudah dibanding 10 tahun silam. Apapun yang ingin kita cari, cukup dengan mengakses internet dijamin semuanya pasti ada. Seperti tema artikel ini yakni soal informasi perjalanan.

Orang-orang berpergian ke luar kota membawa bermacam-macam peralatan misal entah itu peta, kompas, buku panduan perjalanan, lampu senter, dan lain-lain karena selain untuk pegangan, mereka takut bila suatu ketika nanti tersasar disuatu tempat.
 
Tapi itu dulu. Bukan jamannya lagi. Kini kita semua tahu bahwa sekarang sudah ada GPS yang bisa memberi kita arah serta koordinat yang lebih tepat dan akurat. Kita sudah tidak memerlukan peta, kompas, senter, cukup memakai sebuah perangkat Android semua itu sudah tergabung menjadi satu paket yang lengkap untuk menemani perjalanan jauh anda.

Walaupun dijalan-jalan besar biasanya sudah banyak terdapat rambu-rambu lalu lintas dan juga rambu-rambu penunjuk arah jalan, tidak semua orang bisa memahaminya. Selain itu rata-rata penunjuk jalan hanya dipasang di titik-titik tertentu saja yang kadang kita tidak melihatnya karena entah terlewat atau apa pun itu. Maka dari itu lah peran GPS sangat penting buat kita.

Beberapa waktu yang lalu saya melakukan perjalanan dari Ponorogo sampai ke Malang. Jujur ini merupakan perjalanan pertama saya ke kota Malang. Sebelumnya saya tidak pernah sama sekali pergi kesana bermotoran ria.

Sebagai seorang yang suka berpergian jauh, takut salah jalan itu merupakan hal yang aneh. Paling tidak kita sudah tahu kota-kota mana saja yang akan kita lewati nanti. Setelah itu tinggal kita pasrahkan dengan apa yang ditunjukkan oleh rambu-rambu jalan dan pasrah kepada yang Maha Kuasa. Beres, kita pun bisa pergi kemana saja dengan bebas dan Insya Allah aman.

Karena biasanya saya pergi ke Malang kalau tidak naik bis ya naik travel, otomatis saya tidak tahu sama sekali jalan mana yang akan dilalui, pada akhirnya teman saya yang menjadi pemandu dalam perjalanan ini.

Alhamdulillah perjalanan berangkat tidak ada gangguan sama sekali. Dari Ponorogo berangkat santai layaknya kita tidur dipasir pantai, berangkat pukul 4 sore tiba di kota Malang tepat pukul 11 malam.

Oh iya, sebelumnya perlu diketahui bahwa saya berangkat ke Malang dengan tujuan untuk mengantar pacar. Menjelang hari besar umat Islam Idul Adha kemarin ia pulang kampung dan kembali lagi pada tanggal 15 sore. Karena ia lupa bahwa hari itu merupakan hari besar nan padat dan tidak segera pergi memesan travel di hari-hari sebelumnya pada akhirnya ia tidak kebagian kursi.

Singkat cerita berhubung teman-teman saya yang juga menjadi mahasiswa di universitas yang sama dengan si dia masih belum berangkat, saya niatkan masuk di rombongan mereka.

Perjalanan berangkat lancar, aman, terkendali karena sudah ada 'pemandu' yang hafal dengan jalan-jalan dan juga trobosan-trobosan bebas macet. Disaat itu juga saya masih bisa sedikit tenang karena ada banyak teman yang meng-cover saya dari depan dan belakang yang terus memberi isyarat-isyarat kepada saya. Padahal dibalik keberangkatan itu masih ada tantangan kedua yang harus saya lewati yaitu pulang ke Ponorogo sendirian tanpa tahu jalan pulang. #Nah

Tips Aman Berpergian Jauh Dengan Google Maps Android
Ponorogo - Malang Lewat Jalur Selatan
Bila dihitung-hitung, perjalanan berangkat kami tempuh sekitar 7 jam dari Ponorogo hingga ke Malang. Malam itu saya tidur di kosan milik teman didaerah Malang Town Square sana. Baru keesokan harinya saya kembali ke Ponorogo sendirian tanpa ada sahabat ataupun pemandu yang memberi arahan.

Anehnya, berbeda sekali dengan saat kami berangkat. Diperjalanan pulang rasanya cepat sekali. Motor saya pacu dengan kecepatan sedang antara 80 KM/h sampai 90 KM/h dan tidak terasa Malang - Ponorogo hanya saya tempuh dalam waktu 4 jam saja. Berangkat tepat pukul 12 siang disaat matahari sedang terik-teriknya, istirahat di Tulung Agung sekedar membeli minum pukul setengah tiga dan baru sampai di rumah tepat pukul 4 sore.

Bagi saya itu We O We banget. Rasanya keren. Sempat salah jalan dan keluar dari jalur utama karena sedikit bingung harusnya lewat mana? Tadi malam jalannya yang mana? Beloknya yang kiri apa yang kanan?

Dengan sedikit bingung karena sempat salah jalan, dengan sedikit polos beberapa kali saya harus berhenti dipinggir jalan untuk mengecek via Google Maps apakah jalan saya ini benar atau sudah mlenceng dari jalan pokok. #LOL

Tips Aman Berpergian Jauh Dengan Google Maps Android
Mulai Lapar @SPBU_Blitar
Jadi berkat Google Maps ini saya berhasil pulang, kembali ke Ponorogo dengan selamat dan pastinya lebih cepat dari jam yang ditentukan. Sebelumnya saya sudah berfikir bahwa saya sampai di Ponorogo nanti sekitar pukul 7 ba'da Isya atau bahkan pukul 8. Ternyata oh ternyata..

Kembali lagi ke topik Tips Aman Berpergian Jauh Dengan Google Maps Android, ada beberapa catatan yang bisa anda jadikan referensi bila anda dalam kondisi ingin berpergian jauh tanpa mengetahui jalur mana yang akan anda lewati atau bahkan tanpa pernah anda lewati jalur tersebut sebelumnya dengan bantuan Google Maps.
  1. Sebelum mengawali perjalanan jauh anda, dengan bantuan teman, coba tanyakan terlebih dahulu lewat jalur mana nanti bila anda ingin pergi ke suatu tempat. Misalkan, anda ingin berpergian ke Yogyakarta. Setelah mendapat pengarahan, bisa anda coba lihat di Google Maps untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai jalur perjalanan anda
  2. Jangan sepenuhnya terus memandangi GPS Google Maps anda karena selain untuk menjaga keselamatan, yang pasti sebetulnya di area-area tertentu sudah dipastikan ada rambu-rambu penunjuk jalan yang sudah sangat jelas dan tentunya juga akurat *terkecuali bila anda berpergian dengan seorang pendamping
  3. Jangan memegang handphone sambil memandangi peta Google Maps didalam perjalanan karena sudah jelas itu merupakan hal yang bisa mengancam nyawa anda
  4. Jangan jadikan Google Maps teman perjalanan anda seorang. Jadikan Google Maps sebagai pendamping saja layaknya peta ataupun 'kompas'. Dengan GPS yang merupakan salah satu fitur dari Google Maps, bila anda sedang buntu soal jalur mana yang akan anda lewati nanti, GPS Google Maps akan memberikan titik biru dimana lokasi anda sekarang ini. Berhentilah sejenak untuk memilih jalur yang tepat dan setelah itu lanjutkan perjalanan anda
  5. Tidak sepenuhnya Google Maps itu akurat. Itu semua dipengaruhi oleh jaringan GPS dan juga jaringan Radio Android anda *dan juga jaringan internet. Perhatikan dengan seksama sedang berada didaerah manakah anda sekarang ini? Karena GPS di Google Maps itu juga bisa mengalami buffering maka bersabarlah dulu untuk menunggu apakah arah yang anda lihat itu sama sesuai dengan keadaan di sekitar anda saat itu
5 point diatas merupakan point inti yang wajib anda perhatikan. Pahami wacana diatas dengan bijak, jangan terinspirasi oleh cerita diatas karena sebetulnya ini merupakan perjalanan nekat, yang jelas berhati-hatilah dalam melakukan perjalanan jauh. Sebisa mungkin ajak lah seorang pendamping yang akan menemani perjalan jauh anda, yang bisa anda ajak bicara dalam segala hal dan bisa membuat anda merasa lebih aman bila suatu ketika terjadi apa-apa.

Cukup sekian Tips Aman Berpergian Jauh Dengan Google Maps Android ini.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.


Blog, Updated at: 11:57:00 PM

1 komentar:

  1. coba pakai navitel mas itu akurat banget N ada voicenya
    N itu gps ofline tnpa mmakai jaringan data

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email