Mengembalikan Aplikasi Bawaan System Android yang Hilang

Posted by

Mengembalikan Aplikasi Bawaan System Android yang Hilang - Update artikel 20 Juni 2014, revisi.

Sering kali ada kendala yang kerap terjadi yang dialami oleh kebanyakan user Android. Diantaranya merupakan hal yang sepele seperti lock pattern yang tidak bisa dibuka padahal gesture nya sudah benar, kondisi baterai yang selalu penuh 100% sepanjang hari, foto-foto di galeri yang tidak nampak padahal folder foto nya ada dan sudah benar, dan lain-lain.

Sebetulnya hal itu wajar-wajar saja terjadi karena pada dasarnya setiap sistem operasi itu memiliki bug apa lagi pada sistem operasi open source. Oleh karena itu dalam jangka waktu tertentu sistem operasi selalu melakukan update untuk memperbaiki error yang masih belum terselesaikan sekaligus biasanya menambah fitur-fitur baru untuk menarik perhatian pengguna.

Selain itu, salah satu error yang juga familiar yang sering kali didapati oleh user Android yakni hilangnya aplikasi bawaan system Android tanpa sebab yang jelas. Kasusnya seperti yang baru saja dialami oleh salah seorang yang mengirimi saya pesan di WhatsApp.

Melalui ulasan dibawah ini akan saya jelaskan sedikit mengenai mengembalikan aplikasi bawaan system Android yang hilang, yang secara keseluruhan saya bagi menjadi tiga point inti.

Ketiga point dibawah ini merupakan hasil dari pengamatan setelah melakukan uji trial and error beberapa saat dan juga dari hasil diskusi dengan beberapa sumber. Silahkan disimak.

1. Aplikasi Android Hilang karena Data / Cache / Dalvik Cache / Temporary File

Pada beberapa kasus, temporary file selain membuat memori Android kita terkuras habis juga bisa menyebabkan aplikasi crash. Yang paling parah yang pernah saya alami, dalvik cache bisa 'menyembunyikan' aplikasi bawaan Android.


Dalvik Cache merupakan temporary file yang akan terus menerus menumpuk di setiap kali kita membuka / menggunakan sebuah aplikasi Android.

Cara mengatasi problem ini (Android v4.0) sangat mudah. Yang harus kita lakukan yaitu menghapus cache tersebut.

Silahkan masuk ke Settings lalu pilih Apps, geser ke ALL dan pilih app mana yang hilang kemudian buka dan pilih Clear Data.

Mengembalikan Aplikasi Bawaan System Android yang Hilang

2. Aplikasi Android Hilang karena Dihapus / Terhapus

Yang ini sudah jelas jika hilangnya bukan karena apa melainkan karena siapa. Jangan sampai anda mengeluh aplikasi bawaan anda hilang entah kemana perginya padahal hilangnya karena sudah dihapus.

Cara mengembalikan aplikasi Android yang dihapus, tinggal di inject lagi app nya ke dalam /system/app/ kemudian jangan lupa untuk merubah permissions nya.

Mengembalikan Aplikasi Bawaan System Android yang Hilang

3. Aplikasi Android Hilang karena Crash dengan Aplikasi Lain

Aplikasi Android bisa hilang karena crash dengan aplikasi-aplikasi lain. Biasanya aplikasi lain tersebut merupakan aplikasi-aplikasi yang serupa tapi tak sama dalam arti fungsinya yang sama. Biasanya lagi, aplikasi-aplikasi ini merupakan aplikasi yang menggunakan akses Superuser.

Solusinya, pertama check dulu apakah crash nya menyebabkan kedua-duanya menjadi hilang atau tidak. Kalau memang iya, hapus salah satu dari kedua app tersebut.

Kedua, check apakah crash nya menyebabkan salah satu APK di system hilang. Kalau iya, maka artinya salah satu app yang hilang itu tertumpuk dengan aplikasi yang sekarang ada.

Bagaimana dengan masalah anda? Apakah tutorial singkat ini sama dengan apa yang anda alami sekarang ini?

Rata-rata dari mereka yang mengalami kasus ini mengarah pada point kedua. Aplikasi system Android jika sudah dihapus tidak bisa di install lagi karena aplikasi system itu bukan lah aplikasi installer. Cara agar aplikasi system bisa terinstall lagi dengan cara meng-inject secara manual kedalam folder /system/app/, dan untuk cara inject nya bisa dengan flashable zip yang anda buat sendiri lalu kemudian di install melalui recovery mode (baca Memperbaiki Android yang Bootloop Karena Kerusakan File System) atau menggunakan bantuan tool seperti Android Commander (baca Cara Mudah Membuka System Android Melalui PC).

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.


Blog, Updated at: 5:06:00 PM

26 komentar:

  1. min, saya kehilangan systemUi.apk. apakah dengan mendownload apk system ui bisa kembali normal,, mohon bantuanya,,

    ReplyDelete
  2. sy kehilangan apk navigasi tolong pencerahan.y gan

    ReplyDelete
  3. sy kehilangan apk navigasi sam local, tolong pencerahan.y gan

    ReplyDelete
  4. Gan sya abs root hp anfroid sya..sya ga sngaja hpus file systemnya alhasil indikator btrai,sinyal ma wallpaper ga bsa nampil di home screen..klw ada tlpon jg ga bsa di angkt..mhon bntuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kasusnya, notifikasi ga keliatan . alhasil kalo ada sms, bbm, dll ga tau. gmn ya cara ngembaliin nya. please reply ^_^

      Delete
    2. sama kasus nya ^_^
      please reply dong ....

      Delete
  5. Knpa hp saya g bisa buat instal apk opera mini. Tp buat download d playstore bisa.tlng pencerahanya.trima kasih

    ReplyDelete
  6. Hanya Opera Mini atau semua APK? Jika hanya Opera Mini, mungkin file APK nya rusak. Coba download ulang. Jika semua APK, coba masuk ke System < Security lalu centang "Unknown Source"

    ReplyDelete
  7. gan. ada yg tau gak cara memperbaiki android 4.4.2 yg system ui yg tidak ada atau sudah kehapus dan akibatnya hpe menjadi tak berfungsi seperti normal
    tampilan semua menu kosong dan ada tulisan touchwiz erorr

    Cara memperbaikinya kyk mana yaa

    ReplyDelete
  8. Gan mau tanya... Sy sudah flash hp android evercoss a7t,,setelah sukses flash akan tetapi begitu di hidupkan HH, HH menjadi Blank garis - garis putih.. Apa yang salah ya gan...

    ReplyDelete
  9. Gan mau tanya nih.. HH evercoss A7T ketika sehabis di flash dan sukses, HH di hidupkan dan tampilan HH menjadi Blank garis - garis Putih... Apa penyebabnya ya Gan ?........

    ReplyDelete
  10. min, yg no.2 diperjelas dong,, soal.y masalah android saya yg itu,,,

    ReplyDelete
  11. @andi yuni asri guntur, dibawah point nomor 3 sudah saya jelaskan. silahkan dipahami

    ReplyDelete
  12. @IN DRI, blank garis-garis putih? sebelum diflash apakah blank garis-garis putih juga? bisa jadi mungkin salah firmware.

    ReplyDelete
  13. kak, jadi kalo aplikasi kayak, sim toolkit, phone, dll, yg bawaan dari pabrik udah ke hapus nggak bsa d balikin lagi yah??

    ReplyDelete
  14. gan knapa ya hp saya skarang klo di pakein cusrom jadi sering restart sendiri.. dlu sih engga.. klo pake stockrom juga ngga

    freq cpu normal 245 - 800
    tiba tiba ram jadi penuh klo pake cusrom tadinya nyisa 150 mb'an

    hp saya galmin 2 GT S6500D

    ReplyDelete
  15. Gan minta pencerahaanya, HP saya lenovo a706, kemarin berhasil saya root pakai framaroot. kemudina saya tertarik memasang Beats_Audio_Installer_root_234, setelah saya instal, nada dering, music, suara pembicaraan by telp (keluar masuk) tidak berfungsi, celakanya saya tidak backup.
    minta tolong agan untuk langkah yang harus saya tempuh agar lenovo a706 saya bisa kembali normal. terimakasih

    ReplyDelete
  16. Kak aplikasi PESAN saya kehapus. Dan udah nyoba nyari system/app itu dimana. Dan saya gak nemuin. Tolong bantuannya segera kak. Makasih.

    ReplyDelete
  17. Gan setting apk saya hilang gmn ngatasin nya ???

    ReplyDelete
  18. kalo cara ngembaliin framework-res.apk yang hilang gimana gan???

    ReplyDelete
  19. Kenapa saya ak bisa download apk mohon banyuannya

    ReplyDelete
  20. gan hp saya abis di root, terus maksud saya,saya mau ganti fonts..tp hp saya blank nih gan...solusinya gimana nih..klo di hidupin cuma hidup sampe keluar logo hp terus blank,saya coba restart manual jg gak bisa gan..solusinya donkk

    ReplyDelete
  21. hp saya oppo find 5 mini kemarin tiba tiba hang tidak nampak tampilan menu,sudah diperbaiki tapi file foto di memori internal hilang semua bagaimana mengembalikannya? tolong bantuannya please..

    ReplyDelete
  22. gan gue khilangan package installer , gwe wipe data guwe setelsh selesai malah root acses hilang , ,,,akibatnya saya gk bsa psang aplikasi ,,,,gmna solusinya ??

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email