Mengatasi There Was A Problem Parsing the Package Saat Install Aplikasi Android

Posted by

Mengatasi There Was A Problem Parsing the Package Saat Install Aplikasi Android - Jujur, sebenarnya tutorial ini adalah tutorial yang cukup singkat, padat, dan jelas, tidak sepanjang seperti judulnya. Tutorial dibawah ini merupakan tips bagi anda yang mengalami kendala pada waktu instalasi aplikasi Android berformat APK.

Bila kita sudah memakai Android sejak lama, kita pasti sudah pernah mengalami kejadian ini meskipun cuma satu kali dimana pada waktu kita akan menginstal sebuah aplikasi Android secara manual melalui installer APK, tiba-tiba muncul pesan "There was a problem parsing the package".

Jangan panik dulu. Bukan system Android anda kok yang bermasalah. Bukan memori anda juga yang sepertinya mengalami low space. Itu mutlak terjadi akibat kerusakan file APK nya.

File installer APK Android strukturnya mirip dengan installer JAR di handphone java. Cara repack nya pun sebetulnya sama. Pertama bikin ZIP dulu bagian-bagian aplikasi yang ingin di pack ulang, setelah jadi ZIP langsung rename ke APK. Maka jadilah installer APK.

Mengatasi There Was A Problem Parsing the Package Saat Install Aplikasi Android

Terkadang kita tidak menyadari apakah file-file APK yang kita punya dalam kondisi yang baik tidak rusak apalagi corrupt. Misal kita men-download aplikasi APK Android dari internet dan pada waktu akan kita instal, muncul error "There was a problem parsing the package". Maka bisa jadi itu file APK nya yang rusak / corrupt. Alasan lain, mungkin APK tersebut tidak cocok dengan versi Android anda.

Umumnya ada dua pokok kemungkinan yang menjadi penyebab "There was a problem parsing the package" pada waktu instalasi APK Android. Pertama karena APK nya corrupt, kedua APK nya tidak sinkron dengan versi Android nya. Untuk yang pertama, file APK bisa saja corrupt akibat pada waktu proses download tidak sampai selesai dan akibatnya file APK nya pun juga tidak penuh. Untuk masalah yang satu ini, coba periksa apakah file nya tidak rusak dengan cara me-rename file APK nya menjadi berformat ZIP. Bisa menggunakan Root Explorer ataupun yang semacamnya. Bila sudah dalam keadaan ZIP dan bisa dibuka dengan lancar (ada beberapa file dengan nama META-INF, assets, res, dan lain sebagainya) maka file APK nya tidak apa-apa. Maka berarti, Android anda lah yang menjadi penyebab. Mungkin APK tersebut merupakan aplikasi yang hanya khusus untuk versi Android tertentu saja misal hanya untuk Gingerbread keatas atau hanya Ice Cream Sandwich keatas. Selain itu tidak bisa. Hal ini bisa dibuktikan dengan menginstal BBM For Android 1.0.0.70 APK Official Version di Android versi Gingerbread. Insya Allah pesan error itu muncul.
Mengatasi There Was A Problem Parsing the Package Saat Install Aplikasi Android

Jadi secara prinsip hanya itu yang melatar belakangi error "There was a problem parsing the package". Suatu saat bila anda mengalami kejadian ini, periksa lah apakah file APK nya tidak apa-apa. Bila corrupt, tidak perlu ambil pusing langsung saja download ulang file nya. Selesai.

Singkat bukan?

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.


Blog, Updated at: 12:13:00 AM

3 komentar:

  1. Mas bro aku ada masalah sama gallery saya..pertamanya sih saya kepengen ngerubah tampilan background gallery saya ..gallery.apk nya udah saya ganti gallery.zip terus saya extract..saya ganti default background nya ..nha pas saya udah ganti backgroundnya ..trus udah di ganti gallery.zip trus saya rename gallery.apk ..nha waktu saya keluar dr root file manager kmudian membuka gallery kok gk bisa ya ? Malah ikon gallery nya hilang di hape saya..tolong bantu bro ..thanks

    ReplyDelete
  2. saya mengalami hal yg sama waktu install bbm2.apk di andro 4.0.4 ics, kemungkinan terbesar adalah apk tersebut tidak support di andro 4.0.4, trims.
    BizriL blog : http://bizril.blogspot.com

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email