Tips Perpanjang Usia Baterai Android

Android menjadi salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari komunikasi masyarakat dewasa ini. Hampir setiap kalangan menggunakan android sebagai pilihan smartphone favorit mereka.

Meskipun teknologi yang ditawarkan android terbilang canggih, terkadang para pengguna seringkali mengeluhkan permasalahan yang timbul, seperti baterai android yang lemah. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa tips perpanjang usia baterai android yang dapat anda terapkan.

Tentu, tips yang akan kami bahas adalah tips yang sederhana, sehingga anda akan dengan mudah melakukannya.

Mengurangi tingkat kecerahan layar
Salah satu tips perpanjang usia baterai android sederhana yang dapat anda lakukan adalah dengan cara mengurangi tingkat kecerahan layar android anda. Seringkali, kita mengatur layar terlalu cerah dengan alasan agar memudahkan penggunaan.

Akan tetapi, layar yang terlalu cerah dapat menyebabkan baterai android cepat habis. Akan lebih baik jika anda mengeset kecerahan layar pada level minimum. Jika kapasitas baterai anda cukup besar, maka anda dapat mengatur kecerahan secara otomatis.

Menghindari wallpaper live
Seringkali, para pengguna android menggunakan wallpaper live pada bagian home screen mereka untuk mendapatkan tampilan layar yang lebih nyata dan indah. Memang, wallpaper live merupakan salah satu cara yang efektif dan sederhana untuk mendapatkan tampilan layar yang keren serta tidak membosankan.

Akan tetapi, perlu kalian ketahui, wallpaper live membutuhkan daya baterai yang lumayan besar sehingga dapat menyebabkan pemborosan baterai android. Sebagai salah satu tips perpanjang usia baterai android, sebaiknya anda tidak menggunakan wallpaper live pada layar anda dan menggantinya dengan gambar yang biasa saja.

Matikan layanan lokasi
Layanan lokasi merupakan salah satu layanan yang digemari oleh para pengguna android karena mereka akan dengan mudah berbagi lokasi dimana mereka berada kepada teman-teman mereka. Selain itu, layanan lokasi juga memudahkan mereka untuk menemukan tempat ketika menggunakan layanan GPS.

Baca juga:   Cara Merawat Flashdisk Supaya Awet

Akan tetapi, perlu anda ketahui bahwa layanan ini memerlukan daya yang besar. Sebagai salah satu cara untuk memperpanjang usia baterai android, sebaiknya anda mematikan layanan lokasi ini dan menghidupkannya ketika hendak digunakan untuk GPS saja.

Mematikan sinyal Wi-Fi
Hal lain sebagai salah satu tips perpanjang usia baterai android yang sebaiknya anda lakukan adalah mematikan sinyal Wi-Fi. Memang, Wi-Fi memiliki kecepatan akses yang lebih daripada data internet.

Akan tetapi, menghidupkan sinyal Wi-Fi sepanjang hari tentu merupakan salah satu tindakan yang keliru. Hal ini beralasan karena dengan hidupnya sinyal Wi-Fi, maka ponsel android anda akan secara terus menerus mencari keberadaan sinyal Wi-Fi. Sebagai saran, hidupkan saja sinyal Wi-Fi ketika anda benar-benar tahu bahwa di sekitar anda ada sinyal Wi-Fi yang bisa digunakan.