Kumpulan Tweak Untuk Mempercepat Performa Android

Posted by

Kumpulan Tweak Untuk Mempercepat Performa Android - Sebelumnya mengenai Tutorial Mempercepat Performa dan Menstabilkan Kinerja Android sudah pernah saya ulas dengan jelas, mudah dan gamblang. Didalam artikel tersebut akan anda jumpai beragam tutorial menarik seperti Menghilangkan Lag pada Android, Menambah Performa Android dengan init.d, Merubah Grafik Android Menjadi HD, yang mungkin saja anda tertarik untuk mencobanya.

Pada artikel ini, saya hanya akan memberikan Kumpulan Tweak Untuk Mempercepat Performa Android atas permintaan salah seorang pengunjung yang tadi sempat mengirimi saya pesan BBM.

*Ngomong-ngomong sudah lumayan lama saya tidak membahas tutorial semacam ini. Semenjak munculnya isu BBM lintas platform akan hadir, sejak saat itu tutorial flashing / upgrading Android lah yang saya perbanyak. Padahal selain upgrading dan rooting, tutorial tweaking juga dibutuhkan karena tidak sedikit juga yang request namun kurang mendapat tanggapan dari saya. Mohon maaf mengenai hal tersebut.

Proses tweaking pada Android sangat diperlukan guna mengolah ulang performa dan stabilitas. System Android pada dasarnya dibuat biasa-biasa saja, disetting ala kadarnya tanpa ada improvisasi tertentu yang hal itu justru membuat kinerja Android dirasa kurang nyaman dan kurang responsive.

Hal itu tebukti bahwa smartphone Android gahar dengan processor misal Dual-Core ditambah memori RAM 1GB saja terkadang belum bisa menjamin kualitas performa dari smartphone tersebut. Bayangkan salah seorang pengunjung blog ini pernah ada yang menanyakan "Samsung Galaxy S4 saya lemot padahal tidak menginstall begitu banyak aplikasi tambahan".

Dalam menanggapi kasus tersebut, saya hanya tersenyum. Orang-orang bilang kalau Official ROM itu performanya tidak semantap memakai Custom ROM. Karena Official ROM merupakan ROM bawaan pabrik yang dibuat se-standar mungkin dan se-nyaman mungkin se-stabil mungkin. Berbeda dengan Custom ROM yang mana pada Custom ROM sudah banyak dilakukan peningkatan-peningkatan dalam berbagai aspek entah itu UI, app, performance, system, dan lain-lain.

Saya pun sebetulnya setuju dengan hal itu. Karena apa? Pada system default Android tidak ada tweak khusus yang sudah ada sejak Android tersebut diproduksi. Katakan, misal Juwe RAM Script. Smartphone Android mana yang sejak awal rilisnya sudah terkandung Juwe RAM Script didalamnya? Gak ada kan bung? :p Yang saya kurang setuju, yaitu justru dengan pertanyaan tersebut. Emang cara makainya gimana? Bisa-bisanya Galaxy S4 lemot. Itu yang saya kurang terima karena sudah pasti anda semua tahu sendiri bukan seperti apa spec Galaxy S4 itu.

Back to Kumpulan Tweak Untuk Mempercepat Performa Android.

Apapun smartphone Android anda, yang jelas entah itu mau pakai Official ROM ataupun Custom ROM, tweaking itu perlu. Berikut kumpulan beberapa tweak untuk mempercepat performa Android yang bisa anda pelajari lebih lanjut.

Bila anda ingin mengeksplor sendiri, referensinya ada banyak dihalaman berikut ini : http://forum.xda-developers.com/forumdisplay.php?f=565
Ini tweak paling gila dan paling populer seantero jagad Android saat ini. Bayangkan, tweak SuperCharger mampu mengolah performa Android dengan ekstra dan itu menyangkut seluruh aspek Android.

Tweak ini merupakan tweak yang sudah lama ada sejak Maret 2011 dan sudah melalui beragam revisi. Silahkan anda mencoba sensasi memakai tweak SuperCharger ini. Tapi jangan salahkan saya kalau smartphone anda nanti bakalan 'ngamuk' :p
Tweak ini bisa dijadikan alternatif / optional lain bila SuperCharger dirasa terlalu berat untuk anda.

CrossBreeder mampu meningkatkan performa Android dengan mengkombinasikan 5 metode improvisasi yang berbeda. 5 metode itu seperti DNS & Tether boost, modulate entropy level, change kernel parameters, remove /dev/random, satunya lagi Frandom support. Gak paham ya? :p

Selengkapnya mengenai tweak CrossBreeder bisa anda langsung buka di link yang saya cantumkan diatas. Sepertinya pengembang CrossBreeder ini sedang ada masalah yang serius.

Tweak lain :
Semoga artikel singkat diatas bermanfaat bagi anda.

Kumpulan Tweak Untuk Mempercepat Performa Android

Be Smart Person. Jangan mengeluhkan soal tweak diatas bila terjadi hal yang tidak anda inginkan. Selalu lakukan backup sebelum mencoba tweak ini. Semua resiko dalam menggunakan tweak-tweak diatas diluar tanggung jawab saya pribadi. Tweak diatas hanya dikhususkan bagi anda yang sudah advanced dalam hal Android dalam arti anda sudah tahu resiko apa saja yang nantinya bisa terjadi pada handheld anda dan tahu cara penanganannya seperti apa.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.


Blog, Updated at: 10:57:00 PM

7 komentar:

  1. gan mau tanya ,cara uninstall tweak itu gimana ya ?

    ReplyDelete
  2. gan mau tanya , kalo uda install tweak trus mau ganti tweak yg lain gmn ?perlu di uninstall tweak sebelumnya ga?

    ReplyDelete
  3. Hehe, ane masih lang ling lung milihnya, tpi baru aja ane pasang Adrenaline Engine rasanya sudah cukup, tpi kok yg tweak Fly-On Mod gk ada cara uninstallnya?? Terus kalau tweak yg Codename LightBolt yg paling baru yg mana ya???

    ReplyDelete
  4. ada yng bsa jlasin gk tweak itu apa, -_- ?

    ReplyDelete
  5. ada yng bsa ngasih tau gk tweak itu apa, dn ap pngruhnya buat android qta -_- ?

    ReplyDelete
  6. gan, ini kan aku masik baru nih di dunia android yang kayak ginian, terus buat install tweak nya gimana yak?? mohon pencerahan nya. thx

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email