Cara Mengkompres RAM Android

Posted by

Cara Mengkompres RAM Android - Tidak jarang kapasitas memori RAM Android yang sangat terbatas jumlahnya habis terkuras tak tersisa sedikit pun. Lantaran banyaknya aplikasi yang terinstal dan juga aplikasi yang berjalan di background yang menyebabkan space RAM penuh.

Mungkin bagi anda yang mempunyai smartphone Android kelas mid-end atau justru high-end sangat jarang sekali menjumpai kejadian seperti ini. Akan lebih sering anda menemukan kondisi low free memory space apabila anda memakai smartphone sejajar dengan Xperia X10 Mini E10i, Xperia X10 Mini PRO U20i, Xperia X8 E15i, Samsung Galaxy Young GT-S5360, Nexcom Apollo, dan lain-lain karena memang beberapa smartphone yang saya sebut tadi tidak memiliki begitu besar kapasitas memori RAM.

Bila suatu ketika space RAM anda sudah memasuki ambang batas, handphone Android anda menjadi lebih lemot dari biasanya bahkan freeze tidak bisa digerakkan, maka cara satu-satunya selain merestart smartphone anda, anda bisa men-terminate aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan guna melegakan RAM Android. Istilah kerennya mengkompres. Bukan mengkompres seperti yang dilakukan oleh ZRam melainkan mengkompres dengan maksud menghapus aplikasi-aplikasi yang tengah berjalan.

Cara Mengkompres RAM Android, ada yang auto ada juga yang dilakukan secara manual. Bila ingin memakai yang auto bisa mencoba Task Killer yang bisa diunduh secara gratis di Google Play. Task Killer itu pun jenisnya tidak hanya satu. Ada banyak yang bisa kita pilih.

Untuk saat ini saya lebih suka memakai XBooster - Free. Selain ringan, memiliki fitur Quick Boost untuk mengkompres RAM Android, XBooster juga memiliki beberapa mode yang akan mengatur management RAM sesuai jenis mode yang dipilih. Misal Gaming Mode untuk bermain game, Multitasking Mode untuk menjalankan aplikasi banyak dalam satu waktu.

Cara Mengkompres RAM Android

Setelah proses compressing selesai maka space RAM Android anda akan naik seketika. Semua aplikasi yang sebelumnya berjalan, setelah dikompres akan melakukan restarting untuk membangun space kembali.

Untuk cara yang manual, bisa langsung masuk ke menu Settings lalu pilih Applications / Apps kemudian cari menu daftar aplikasi yang sedang berjalan, pilih salah satu dan klik Stop.

Sebagai catatan, meskipun anda sudah berhasil mengkompres RAM, bukan berarti nanti space RAM nya akan stabil di angka tertentu seperti terakhir kali anda melihat space RAM anda. Kapasitas RAM akan terus rolling karena dipakai oleh banyak aplikasi. Setiap saat bergantian dan terus seperti itu.

Oleh karena itu alangkah baiknya untuk menghemat RAM Android anda, hapus beberapa aplikasi yang sekiranya kurang penting dan berjalan di background. Hapus beberapa aplikasi yang memiliki fungsi yang sama. Kurangi menginstal aplikasi untuk menghemat baterai Android atau aplikasi untuk meningkatkan performa Android.

Semoga Tutorial Cara Mengkompres RAM Android ini ada gunanya bagi anda semua.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.


Blog, Updated at: 5:54:00 AM

1 komentar:

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email