Cara Membuka File Manager Android Saat Bootloop

Posted by

Cara Membuka File Manager Android Saat Bootloop - Sudah menjadi kebutuhan pokok bahwa File Manager itu harus dan wajib ada pada tahap bongkar pasang system Android.

File Manager menjadi sebuah tool yang paling inti karena untuk berbagai keperluan misal untuk PEP (Pull, Edit, Push) file system Android tidak akan bisa tanpa memakai sebuah File Manager. Untuk urusan organisir data pribadi misal music, photo, note, installer, tanpa File Manager pun juga pasti akan kesulitan.

Meskipun sebetulnya bisa juga untuk keperluan itu kita manfaatkan ADB namun biasanya cara yang satu itu hanya akan dipakai disaat kita berada dalam keadaan yang terpepet. Atau kembali lagi ke diri kita masing-masing.

Soal cara instalasi dan cara pemakaian ADB sudah pernah saya bahas di Tutorial Cara Install dan Menggunakan ADB. ADB atau Android Debug Bridge berjalan melalui Command Prompt Windows. Mungkin pengoperasiannya hampir sama juga seperti yang ada di Windows. Di ADB ada command-command seperti adb install, adb uninstall, adb push, adb pull, adb devices, dan lain sebagainya.

Tapi sejujurnya ADB itu ribet bagi yang baru mengenal apa itu kustomisasi Android. ADB paling cocok untuk hal editing saja. ADB difungsikan sebagai File Manager itu merepotkan. Setiap kali mau push ataupun pull harus mengulang command-command yang panjang dan terkadang membingungkan.

Setiap kali Android kita mengalami bootloop, hal yang terlintas di benak kita waktu pertama kali pasti File Manager. Kemudian kita menepis pikiran tersebut karena rasanya tidak mungkin sekali dalam kondisi bootloop kita masuk ke File Manager.

Jalan satu-satunya yang kita pilih yaitu flashing ulang. Tidak mungkin sekali kita melakukan Wipe Data karena bootloop yang terjadi bukan karena kesalahan kofigurasi melainkan crash yang terjadi akibat file didalam system ada yang rusak / error / tidak sinkron.

Sekarang anda tidak perlu lagi bingung karena Tutorial Cara Membuka File Manager Android Saat Bootloop ini akan membantu anda dalam memperbaiki Android anda yang stuck akibat crash di system. Tutorial ini tidak akan menghapus data-data telepon Android anda, tidak akan menghapus aplikasi-aplikasi anda yang terinstal, tidak akan menyebabkan anda kehilangan data-data pribadi anda.

Memperkenalkan,

AROMA Filemanager - The World's First ANDROID Recovery Based Filemanager

Anda pasti sudah akrab dengan hal yang berbau AROMA-AROMA.

Dulu kita mengenal sebuah sebutan misalnya Amarullz Script (AD2SDX). Lanjut lagi, AROMA Installer. Dan sekarang yang paling baru yang merupakan sebuah tool buatan anak negeri Indonesia tercinta ini, AROMA Filemanager, made from Ahmad Amrullah a.k.a Amarullz.

AROMA Filemanager ialah File Manager berbasis Recovery. Hampir mirip dengan CWM Recovery Samsung Galaxy Young. Cara instal nya di flash seperti biasa melalui Recovery dan baru lah konten nya bisa keluar.

Cara Membuka File Manager Android Saat Bootloop

Dengan AROMA Filemanager, anda bisa melakukan editing ulang system Android anda sama seperti File Manager pada umumnya. Anda bisa mencopy, paste, cut, remove, apapun yang anda inginkan.

Selain bisa membuka folder /system/ Android, AROMA Filemanager bisa juga membuka direktori SDCard anda. Lengkap sekali bukan?

Untuk info lebih lanjut (changelog, download, testimonial) soal AROMA Filemanager ini bisa anda lihat di official thread nya @XDADeveloper di http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1646108

Semoga Cara Membuka File Manager Android Saat Bootloop ini bermanfaat untuk anda semuanya.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.


Blog, Updated at: 1:19:00 PM

2 komentar:

  1. stlah sy masuk ke xda .sy bingung milih yg versi brapa tuh om.bnyak banget pilihannya.utk andro jely bean yg mana tuh cocoknya om.

    ReplyDelete
  2. gan saya minta solusinya hp xperia sola saya boot loop saya sudah coba memflasing ulang pakai flastol semua petunjuk sudah saya lakukan tapi hp saya tidak dapat terdeteksi, terimksh atas solusinya

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email