Tutorial Cara Decompile dan Recompile APK Android

Posted by

Tutorial Cara Decompile dan Recompile APK Android - Banyak sekali yang bisa kita lakukan dengan Android. Tidak hanya sebatas kebutuhan sosial saja keunggulan Android melainkan dengan Android kita juga bisa menuangkan ke-kreatifan kita dalam hal modding. Tentunya semua pasti tahu bahwa mata kuliah Android pun kini sudah menjadi mata kuliah basic di Mobile Platform.

Bicara soal modding, sudah banyak tutorial-tutorial modding Android yang saya share di blog ini. Bukan tutorial yang rumit sih tapi mungkin banyak manfaatnya untuk anda semua.

Rata-rata tutorial soal peningkatan performa Android yang sering saya ulas. Rangkumannya ada di Kumpulan Cara Menambah Performa dan Kinerja Android. Tutorial lain mungkin merupakan tutorial dasar semisal Cara Memindahkan Aplikasi Android ke Memori Eksternal, Cara Mempartisi SD Card Android, dan lain-lain.

Akhir-akhir ini saya sangat suka dengan modding UI. Seperti Menambah Speed Internet di Status Bar Android, Merubah Icon Baterai Android, Mengganti Warna Font Android, alasannya karena di kelas sering kali ada diskusi soal Android bareng teman-teman.

Dalam hal modding UI Android, misalkan SystemUI, pertama kita harus belajar mengenai Compile dan Decompile APK. Ini merupakan kebutuhan pokok dalam modding Android.

Decompile ibarat kita mengekstrak file ZIP ke tempat destinasi kita, bisa dibilang membongkar isinya ZIP untuk dikeluarkan sedangkan Compile gampangannya men-ZIP ulang.

Cara Compile dan Decompile APK Android, mudah saja untuk saat ini :) Saya bilang saat ini karena sekarang sudah banyak tool-tool seperti APKTool yang dapat dipakai untuk bongkar pasang APK secara instant. Untuk cara yang advanced bisa pakai ADB yang baru saja kemarin saya ulas di artikel Cara Install dan Menggunakan ADB - Android Debug Bridge.

Tutorial Cara Decompile dan Recompile APK Android
ADB - Android Debug Bridge

Tutorial Cara Decompile dan Recompile APK Android
APK Manager
Anda pilih yang mana?

Saya pribadi suka pakai APK Manager -- screenshot diatas --. Dengan APK Manager segala kebutuhan baik Compile dan Decompile, bahkan ZIPAlign sampai Sign APK bisa dilakukan dengan sekali klik. Selain itu APK Manager ini juga gratis untuk di download.


Cara Compile dan Decompile APK menggunakan APK Manager,  pertama ekstrak APK Manager nya lalu buka folder place-apk-here-for-modding dan taruh file APK yang akan di edit. Sebagai contoh SystemUI.

Tutorial Cara Decompile dan Recompile APK Android

Lanjut, buka Script.bat diluar folder place-apk-here-for-modding, pastikan Current App nya sekarang sama seperti nama APK yang anda taruh di place-apk-here-for-modding.

Tutorial Cara Decompile dan Recompile APK Android

Sekarang teserah anda mau anda apakan file APK tersebut :) hasil nya bisa dilihat didalam folder Projects.

Tutorial Cara Decompile dan Recompile APK Android

Happy modding.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.


Blog, Updated at: 8:47:00 PM

3 komentar:

  1. Gan koq qak decomple ada tulisan
    An error uccured, pllease check the log

    ReplyDelete
  2. sama :An error uccured, pllease check the log : tutor nya ga lengkap, mending lengkapin dulu baru share..

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email