Solusi Memperbaiki Aplikasi Android yang Force Close

Posted by

Solusi Memperbaiki Aplikasi Android yang Force Close - Pernahkah anda mengalami suatu kejadian dimana sebuah aplikasi / beberapa aplikasi di smartphone Android anda tiba-tiba meminta ditutup secara paksa atau Force Close?

Bagi anda yang suka ngoprek smartphone Android atau yang suka nyoba-nyoba aplikasi-aplikasi aneh pasti pernah mengalami hal yang satu ini.

Kejadian dimana aplikasi not responding lalu keluar notifikasi Force Close tanpa ada pilihan lain biasanya terjadi karena 'system crash'. Kemungkinan lain karena aplikasi tersebut tidak compatible dengan perangkat Android anda atau bentrok dengan aplikasi anda yang lain.

Selain itu Force Close pada aplikasi bisa saja terjadi akibat konfigurasi yang salah dan menumpuknya file sampah Dalvik Cache alias Temporary File.

Pernah saya mengalami hal yang seperti ini dan yang menjadi korbannya yaitu Google Play Store. Waktu itu saya hendak mencari-cari aplikasi untuk menambah RAM dan mempercepat performa android tapi baru awal dibuka saja sudah langsung muncul sebuah peringatan aplikasi harus berhenti.

Biasanya Solusi Memperbaiki Aplikasi Android yang Force Close yang umum ada tiga. Yaitu Clear Data, Clear Cache dan Re-install aplikasi tersebut. Tapi kembali lagi ke permasalahan apa yang menimbulkan Force Close itu.
  • Force Close karena aplikasi crash atau error, solusinya Clear Data / Re-install
  • Force Close karena aplikasi mengalami salah konfigurasi, solusinya Clear Data / Re-install
  • Force Close karena Temporary File, solusinya Clear Data / Clear Cache / Re-install
  • Force Close karena aplikasi tidak compatible misal SystemUI Xperia Mini ditaruh di Samsung Galaxy Young, solusinya bongkar system Android lalu rubah aplikasi tadi dengan yang semestinya
Cara menghapus data aplikasi mudah saja :) Bagi anda yang belum tahu bagaimana langkah-langkah menghapus data aplikasi Android, ikuti langkah-langkah berikut.

Just For NOOB.

Solusi Memperbaiki Aplikasi Android yang Force Close

Buka aplikasi Settings anda kemudian pilih tab Apps.

Solusi Memperbaiki Aplikasi Android yang Force Close

Pilih aplikasi mana yang mengalami Force Close di smartphone Android anda. Sebagai contoh saya pilih Instagram.

Solusi Memperbaiki Aplikasi Android yang Force Close

Klik Clear data.

Sebelum anda melakukan hal ini perlu anda ketahui bahwa Clear Data itu akan menghapus data-data dari aplikasi tersebut yang artinya setelah Clear Data selesai, maka aplikasi anda tadi kondisinya akan sama persis ketika anda baru pertama kali membukanya.

Katakan saja itu adalah browser seperti Opera Mini. Sebelumnya anda sudah browsing kesana-kemari hingga menyisakan banyak history lalu save page dan juga bookmark macam-macam halaman. Jika anda Clear Data Opera Mini itu, maka semua 'Data' anda tadi akan hilang karna terhapus.

Sikapi bentuk kerusakan seperti ini secara bijak. Jangan bingung apalagi panik sampai anda memvonis harus diflash ulang Android nya hanya gara-gara misal Google Play Store anda Force Close. Padahal hanya Google Play Store nya.

Lihat bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.


Blog, Updated at: 8:06:00 PM

2 komentar:

  1. kalau masih belum bisa sob..
    bgaimana?

    Aplikasi FB punya saya force close terus. sudah saya hapus cache, hapus data, dan re-install tapi belum bisa juga.

    Ini terjadi setelah melakukan pembaruan aplikasi.

    terima kasih.

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email