Menambah Kapasitas Internal Android Dengan Amarullz Script AD2SDX

Posted by

Menambah Kapasitas Internal Android Dengan Amarullz Script AD2SDX - Ruang penyimpanan memori internal sudah umum menjadi masalah untuk setiap pengguna Smartphone Android. Semua pengguna Android pasti pernah menghadapi saat-saat ketika anda tidak dapat menginstal aplikasi karena kurangnya kapasitas penyimpanan di memori internal.

Hal itu tentu masih ada optional lain untuk mengakalinya yakni dengan memindahkan aplikasi third party ke SDCard, bisa memakai Link2SD, App2SD, Ungaze, ataupun INT2EXT. Tapi biasanya akan ada beberapa kendala lain yang muncul misal app nya tidak bisa dibuka, widget tidak mau berjalan, dan juga aplikasi yang di move tadi menjadi sedikit lemot / lag.

Ada berbagai macam aplikasi di Google Play yang bisa membantu Anda dalam menambah / memperluas kapasitas memori internal. Saat ini saya memakai Link2SD. Tidak ada kendala sama sekali selama saya menggunakannya sebagai metode memindah aplikasi Android ke SD Card. Soal pemilihan app / tweak mana yang bagus dipakai untuk memindah aplikasi ke SD Card, kembali lagi ke diri masing-masing.

Di tutorial ini, yang akan saya bahas yaitu Menambah Kapasitas Internal Android Dengan Amarullz Script AD2SDX.
Menambah Kapasitas Internal Android Dengan Amarullz Script AD2SDX

Apa itu AD2SDX?

AD2SDX merupakan script semacam A2SD / Data2EXT tapi performanya jauh lebih baik lagi. AD2SDX atau yang dikenal sebagai Amarullz Script menyimpan aplikasi dan data di partisi SD-EXT anda dan mount partisi sebagai /data. Tidak akan anda temui lagi kejadian seperti "running out of space" seperti pada kebanyakan Darktremor Script.

Bagaimana cara menggunakan AD2SDX?

Gampang, cukup flash AD2SDX zip via Recovery. Syaratnya anda harus memiliki sebuah partisi EXT (EXT2, EXT3, ataupun EXT4. Saran saya memakai EXT3) dan yang paling penting SD Card anda harus lah yang berkualitas serta memiliki Class 10. Alasannya karena seluruh data Android anda (data memori internal) akan berpindah ke partisi EXT anda sehingga memori internal benar-benar kosong dan untuk menjalankan itu semua SD Card anda harus memiliki tingkat ketahanan yang kuat karena semua proses system Android anda berada di SD Card anda. Bila anda mengabaikan peringatan ini, siap-siap menunggu SD Card anda mati total. AD2SDX sudah diuji dan work di CM7, MIUI, dan ICS ROM.

Download script AD2SDX nya di link berikut ini : http://forum.xda-developers.com/attachment.php?attachmentid=755233&d=1319096938

Untuk lebih jelasnya apa yang akan dilakukan Amarullz Script pada waktu awal booting,
  • Memindah Internal Memory (/data) ke /sd-ext
  • Membuka partisi SDCard-Ext (mmcblk0p2) ke /data
  • Membuat direktori dalvik-cache di Internal Memory data (/sd-ext), dan men-symlink nya ke mmcblk0p2 (/data)
  • Membuat direktori data di mmcblk0p2 (/data) dan men-symlink nya ke Internal Memory data (/sd-ext)
  • Membuat symlink dari app, app-private, app_s dan lib_s from mmcblk0p2 (/data) ke Internal memory data (/sd-ext)
  • Membuat symlink ke semua non-symllink dari Internal Memory data (/sd-ext) ke mmcblk0p2 (/data)
Selamat mencoba Amarullz Script (AD2SDX). Ingat! Resiko ditanggung oleh anda sendiri! Segala bentuk kerusakan akibat mengikuti tutorial diatas bukan menjadi tanggung jawab penulis!

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.


Blog, Updated at: 11:02:00 PM

6 komentar:

  1. update aborted Gan. btw ane make CUSTOM ROM CM 7.

    ReplyDelete
  2. Banbg ini install lewat cwm ,langsung install ato wipe dalvik cache dulu baru install..???

    ReplyDelete
  3. Malem gan numpang nimba ilmu ni gan....udah ada belom tutorial vold.fstab di tunggu ni gan.....by pembaca setia artikel agan

    ReplyDelete
  4. om cara root android gingerbread gmna, tolong ya ,,,??

    ReplyDelete
  5. cara memakai nya AD2SDX gmana gan .. ??
    cara memakai scripnya gmana gan udah download trus gak tau harus diapai ni secripnya

    ReplyDelete
  6. cara memakai nya AD2SDX gmana gan .. ??
    cara memakai scripnya gmana gan udah download trus gak tau harus diapai ni secripnya

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email