Cara Root Seluruh Xperia ICS 587 Dengan Mudah

Posted by

Cara Root Seluruh Xperia ICS 587 Dengan Mudah - Secara prinsip, tujuan kita melakukan root pada Android kita yaitu agar system Android nya bisa dirubah hak aksesnya dari yang mulanya Read-Only bisa menjadi Read-Write. Dari hal tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa kita bisa merombak ulang system Android kita asalkan handphone nya sudah dalam kondisi ter-root.

Cara root Android bermacam-macam. Mulai dari cara yang simple seperti flashing SuperUser via CWM Recovery, rooting menggunakan software One Click Root misal UnlockRoot atau SuperOneClick, ada rooting yang memakai aplikasi salah satunya FramaRoot, dan lain-lain. Itu semua tergantung dari handphone nya. Belum tentu misal Samsung Galaxy SIII bisa di root menggunakan FramaRoot, lalu bisa juga di root memakai SuperOneClick, itu belum tentu.

Langkah-langkah rooting Android ada yang simple, ada juga yang rumit. Rumitnya misal seperti harus gonta-ganti kernel lalu downgrade versi Android kemudian instal app ini itu dan masih banyak lagi. Contohnya Xperia Mini.

Sejauh ini Xperia Mini paling mudah di root ketika memakai firmware Gingerbread 4.0.2.A.0.42. Selain itu susah. Apalagi firmware ICS 4.1.B.0.587.

Namun ada sebuah cerita, beberapa hari yang lalu ada seorang client (teman saya sendiri) meminta Xperia Neo V nya di root. Pada waktu itu handphone nya memakai Gingerbread 4.0.2.A.0.69. Lantas saya berpikir ulang karena saya tidak mempunyai firmware Neo V Gingerbread 4.0.2.A.0.42 dan kalau harus download, males. Kalau ICS 4.1.B.0.587 justru malah saya punya.

Kemudian saya sempatkan browsing sekitar 10 menit sambil dia menunggu di ruang tamu dan kebetulan sekali saya dapatkan software One Click Rooting Tool untuk menangani masalah rooting di seluruh jenis smartphone Xperia. Namanya Eroot.

Cara Root Seluruh Xperia ICS 587 Dengan Mudah

Eroot One Click Rooting Tool Portable, dilihat dari bahasanya mungkin buatan china. Ukuran Eroot ini hanya 11MB dan cara pengoperasiannya sangat mudah. Tinggal tancap handphone nya ke komputer dan pastikan driver nya sudah ada, kemudian Eroot akan mendeteksi ponsel tersebut dan klik ROOT. Selesai.

Software ini sudah saya test untuk rooting Xperia Mini ST15i ICS 4.1.B.0.587 dan Xperia Neo V ICS 4.1.B.0.587 juga. Semuanya berhasil tanpa ada halangan / error apapun. Lebih mudah dari cara lama seperti harus gonta-ganti kernel, downgrade OS Android, dan lain sebagainya.

Karena Eroot ini merupakan software portable, jadi anda tidak usah menginstalnya terlebih dahulu sebelum memakainya. Tinggal dibuka dan Eroot siap untuk dioperasikan.

Untuk lebih jelasnya mengenai Eroot, buka sumber asalnya di http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=2220568. Soal link download dan step by step dari awal hingga akhir ada di link tersebut.

Saya sudah berhasil mencobanya di dua smartphone Xperia sekaligus dalam waktu yang hampir bersamaan. Bagaimana dengan anda?

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.


Blog, Updated at: 11:35:00 PM

6 komentar:

  1. kok gk jln d hp xperia neo l gw
    tlt tutorialnya boa

    ReplyDelete
  2. kok gk jln d xperia neo l gw
    tlg tutorialnya boa

    ReplyDelete
  3. gan kalo sony xperia m bisa gak??? soalnya jelly bean

    ReplyDelete
  4. Gan, drivernya xperia miro dapetnya darimana?

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email