Penyebab Android Cepat Panas, Boros Baterai dan Cara Menanganinya

Posted by

Penyebab Android Cepat Panas, Boros Baterai dan Cara Menanganinya - Artikel ini merupakan artikel yang sudah cukup usang, namun informasi yang terkandung didalamnya masih dapat berguna bagi Anda. Selamat membaca.

Android merupakan sistem operasi smartphone tercanggih masa kini. Banyak sekali fitur yang dimilikinya dan tidak ada satu pun sistem operasi smartphone lain yang bisa menyamai.

Hal itu tentu berdampak baik bagi user-user nya sehingga tak jarang banyak muncul pro dan kontra oleh sesama user.

Selain Android itu kaya fitur, tentunya Android juga pasti memiliki kelemahan. Salah satunya yaitu Android bisa dibilang masih cukup boros dalam penggunaan daya baterai (kecuali smartphone flagship yang sudah dibekali daya baterai tinggi hingga 4000mAh atau bahkan lebih).

Tidak bisa dipungkiri bila Anda pengguna setia Android pasti Anda mengetahuinya bukan? Betapa borosnya daya yang dipergunakan Android dalam menjalankan sistem dan memproses semua apps yang berjalan.

Secara singkat, berikut ini beberapa alasan mengapa Android lumayan boros baterai :

1. Semakin banyak fitur Android membuat baterai semakin boros

Dengan adanya fitur yang melimpah, Android harus bekerja secara ekstra. Itu lah mengapa Android harus memiliki prosesor yang cukup serta RAM yang memadai guna kestabilan performa.

Semakin tinggi versi Android Anda pasti semakin tinggi pula spesifikasi smartphone Android nya. Tidak ada smartphone yang memiliki prosesor 600MHz serta RAM 200MB menggunakan Official ROM Jelly Bean 4.3 (khusus smartphone jadul keluaran 2011).

Itu juga merupakan alasan mengapa beberapa vendor smartphone Android misal seperti Sony tidak mengeluarkan official firmware update Gingerbread, ICS atau Jelly Bean untuk smartphone 2010 nya seperti Xperia X10 Mini (Pro) dan Xperia X8 karena keterbatasan hardware. Semakin tinggi versi Android itu semakin banyak pula fitur-fitur menarik didalamnya.

Hingga kini beberapa smartphone itu harus terdiam memakai Android sampai versi Eclair. Namun bila Anda ingin beralih ke ICS / Jelly Bean, ada pilihan lain yaitu Custom ROM. Tapi ingat, jangan samakan performa stock ROM dengan custom ROM.

2. Penggunaan internet yang real time dapat membuat Android boros baterai

Mungkin ini juga yang menjadi masalah di OS lain. Atau malah diseluruh sistem operasi?

Dulu pada waktu saya memakai Symbian, ada sebuah omongan yang sering saya dengar yakni kalau internet nya nyala baterai jadi boros, hape yang dipakai untuk bermain game terus menerus juga bisa membuatnya menjadi boros. Itu benar.

Android support multi tasking. Selain itu juga support real-time notification. Artinya kita bisa menerima notifikasi paling update masuk ke smartphone kita setiap saat seperti Facebook, Twitter, WhatsApp, LINE, Kakao, dan lain-lain dengan syarat koneksi internet nya ada.

Sayangnya, dengan internet yang terus menyala itu akan memakan banyak daya baterai Anda. Terlebih jika jaringan 3G / HSDPA yang anda gunakan. Selain boros baterai juga bisa mengakibatkan Android anda cepat panas mesinnya.

3. Bermain game secara intens dapat menghabiskan daya baterai Android dengan cepat

Sudah jelas untuk point yang satu ini?

Android bila dipakai untuk bermain game, prosesornya akan bekerja lebih ekstra dari batas normalnya. Sehingga, dengan speed prosesor yang kencang itu akan memakai daya baterai yang besar pula. Selain itu juga bisa membuat smartphone menjadi cepat panas.

4. Kapasitas baterai yang kecil membuat smartphone Android tidak bisa stand by lama

Umumnya smartphone mempunyai kapasitas baterai paling tinggi sampai dengan 3000an mAh saja. Untuk smartphone keluaran terbaru saat ini ada yang berkisar antara 4000mAh sampai 5000mAh.

Beda lagi dengan Xperia X10 Mini. X10 Mini daya baterainya hanya 950mAh saja. Bisa dibayangkan betapa borosnya smartphone ini bila dipakai untuk keperluan sehai-hari.

Penyebab Android Cepat Panas, Boros Baterai dan Cara Menanganinya

Jadi jelas kapasitas baterai sangat mempengaruhi. Jika Anda ingin mempunyai kapasitas baterai sampai 3000mAh, pakailah baterai Double Power. Tapi perlu dicatat! Di label 3000mAh, aslinya tidak sampai sebanyak itu.

Untuk membuktikannya silahkan cari thread mengenai baterai Double Power di Kaskus.

Ada yang mau menambah?

Mungkin itu Beberapa Penyebab Android Cepat Panas & Boros Baterai. Untuk masalah penanganannya, baca Cara Menghemat Baterai Android Bagi Pecandu Internet dan Tips Cara Menghemat dan Merawat Baterai Android.

Jangan percaya dengan aplikasi penghemat baterai Android karena itu omong kosong. Aplikasi seperti itu hanya untuk mengatur konektifitas saja sedangkan yang akan anda dapat bisa jadi seperti internet yang menyala tidak pada waktu nya, bluetooth yang tidak bisa aktif, GPS yang selalu off, dan lain-lain.

Bila anda tidak cermat dalam melakukan konfigurasi bisa jadi seperti itu.

Aplikasi penghemat baterai juga memakan banyak RAM. Jadi lebih baik tinggalkan aplikasi semacam ini.

Mudah-mudahan bermanfaat untuk anda semuanya.

Baca juga Cara Menambah RAM Android Agar Smartphone Anda Tidak Lag dan Lemot


Blog, Updated at: 10:33:00 PM

Recent Articles

    Follow by Email