Menghilangkan Lag Saat Bermain Game HD Android

Posted by

Menghilangkan Lag Saat Bermain Game HD Android - Android pada dasarnya merupakan system operasi smartphone berbasis linux (Open Source) yang menawarkan beragam aplikasi multimedia tidak hanya utility saja melainkan aplikasi hiburan lain termasuk game.

Kini sistem operasi smartphone & tablet nomor 1 di dunia ini sedang laris manis dipasaran. Berbagai vendor terkenal dan juga vendor lokal berlomba-lomba menawarkan jenis smartphone unggulan terbaru mereka yang dilengkapi dengan spesifikasi yang gahar dan mewah.

Berbicara mengenai game, bagi pecandu game mobile khususnya game Android pasti merasa kesulitan pada waktu bermain game tiba-tiba muncul lag atau bahkan keluar sendiri dari game. Siapa yang mau bermain game Android kalau kejadiannya seperti itu.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi lag pada waktu bermain game di Android. Faktor utama dari hal tersebut yaitu seperti yang saya katakan tadi. Yakni spesifikasi smartphone Android itu sendiri.

Saat ini ada banyak upaya untuk memaksimalkan performa Android salah satunya dengan menginstall beberapa tweaks untuk mempercepat performa Android, menambah RAM Android supaya enteng untuk bermain game, tapi apa mau dikata kalau sebenarnya hal itu justru memaksa smartphone kita untuk bekerja lebih dari yang sewajarnya yang bisa mengakibatkan hal yang tidak diinginkan.

Jadi soal lag tidaknya itu tergantung dari smartphone Android nya karena lag itu sendiri terjadi karena kekuatan processor atau RAM yang kurang memadai.
 
Menghilangkan Lag Saat Bermain Game HD Android

Tapi tenang. Berikut ini ada beberapa Tips Untuk Menghilangkan Lag Saat Bermain Game Android yang mungkin bisa membantu anda dalam menangani lag pada saat bermain game.
Chainfire 3D adalah salah satu game booster yang lumayan terkenal dan banyak di gunakan oleh user Android. Biasanya user Galaxy Young yang paling suka memakai Chainfire 3D.

Fungsi aplikasi ini untuk memaksimalkan kinerja Android pada saat dipakai untuk bermain game dan juga Chainfire 3D ini bisa dipakai untuk merubah OpenGL Android kita. Jadi dengan begitu kinerja Android anda bisa meningkat dan masalah grafisnya bisa lebih bagus lagi ketimbang sebelumnya.

*Chainfire 3D hanya untuk Android versi Gingerbread saja.
Seeder merupakan aplikasi entropy generator untuk mereduksi lag di Android. Secara default entropy Android kita berada dikisaran ratusan saja (bisa 300 bisa 500 bahkan bisa sekitar 100an). Dengan Seeder, entropy kita bisa dinaikkan secara otomatis sampai dengan score 4000.
Sebenarnya ini cukup beresiko bila pengaturannya salah. Bisa merusak processor, bisa membuat processor menjadi lemah, bisa membuat Android mati total, dan lain-lain. Tapi tenang selama ini saya belum pernah mengalaminya :D

Overclock yaitu menaikkan clock processor Android. Misal default clock nya ada di 1000MHz, kita naikkan menjadi 1500GHz. Fungsinya bisa kita logika sendiri. Kalau processor nya gede, otomatis performanya kenceng. Seperti itu.
Swap Memory fungsinya untuk menambah RAM Virtual Android. Bukan untuk menambah kapasitas RAM Internal melainkan RAM Virtual yang hanya dipakai untuk mendongkrak kinerja RAM Internal Android saja. Dengan adanya Virtual Memory, maka Android kita akan bekerja lebih smooth dari yang biasanya.

Sebagai contoh, pada waktu masih memakai Xperia X10 Mini saya pernah mencoba membuktikannya. Pada saat saya tidak memakai Swap, pada waktu kapasitas RAM Internal saya tersisa 0 MB, X10 Mini saya tersebut nge-freeze tidak bisa difungsikan seperti biasa.

Berbeda bila saya memakai Swap. Walau RAM Internal nya tersisa 0 MB masih bisa saya fungsikan seperti biasa. Masih smooth untuk di geser keatas kebawah.
Bisa jadi lag saat bermain game Android muncul karena aplikasi background anda berjalan dan memakai jaringan internet sehingga memungkinkan Android anda menjadi nge-lag.

Bila game yang anda mainkan itu merupakan game biasa (tanpa memakai koneksi internet) alangkah baiknya anda mematikan jaringan anda sebelum memainkannya. Tapi kalau itu game online, untuk mengatasinya bisa anda pakai aplikasi Droidwall untuk membatasi koneksi internet Android.
  • Install XBooster Untuk Mengatur Performa Android
XBooster merupakan salah satu RAM Manager yang akhir-akhir ini saya gunakan. Bedanya dari RAM Manager yang lain, XBooster ukurannya kecil dan aplikasi tersebut sangat cocok bagi penggila game Android karena ada fitur "Gaming Mode" didalamnya.

XBooster bisa di download di Google Play secara gratis dengan pilihan dua macam ada yang free dan ada juga yang premium. untuk yang freemium nya bisa dicari di Google Search :p
Saat ini ada banyak custom ROM yang memberikan banyak fitur instant siap pakai, terutama fitur yang menyangkut performance. Bahkan ada juga custom ROM yang khusus dibuat untuk bermain game. Jadi bila anda berniat untuk Menghilangkan Lag Saat Bermain Game HD Android, tidak ada salahnya anda mencoba memakai custom ROM Android.

Sudah itu tadi beberapa tips yang mungkin bermanfaat untuk anda. Yang terpenting supaya aktifitas bermain game anda lebih lancar adalah dengan memakai XBooster yang sudah saya sebut diatas. Pastikan Android anda sudah diroot :) untuk yang lainnya silahkan anda coba sendiri.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.


Blog, Updated at: 11:37:00 AM

6 komentar:

  1. yang menurut anda paling baik yang mana bos, saya bingung ini

    ReplyDelete
  2. aplikasi yang paling bagus menurut anda yang mana bos,

    ReplyDelete
  3. Thanks Gan Untuk Infonya

    ReplyDelete
  4. udh pake Gltools udh pke Xposeinstaller + greenify, msh kurang smooth, mau jajal yg dia atas tp pake yg mna nih gan??

    ReplyDelete
  5. Waduh itu bnyk bgt sarannya, tpi klo di download semuanya malahan ngelag, jadi sebaiknya yang mana ya dua aja cukup

    ReplyDelete
  6. Gimana ya cara.nya biar ga cepet keluar kalo main game...saya punya game COC tapi hp saya andromaxc2 new ga kuat...cara.nya gimana ya yg akurat...tks

    ReplyDelete

Isi komentar Anda melalui form berikut. Isi komentar yang relevan sesuai dengan postingan, untuk pertanyaan / masukan / kritik bisa melalui halaman Contact

Recent Articles

    Follow by Email